Internet

Android 11 Dirilis Google, Hadirkan Banyak Fitur Baru

Google telah menyiapkan sistem operasi terbaru untuk menggantikan Android 10. Perusahaan teknologi pimpinan Sundar Pichai itu, pada 19 Februari kemarin telah resmi merilis Android 11 Developer Preview. Perilisan sendiri sedikit lebih cepat mengingat biasanya Google melakukannya pada bulan Maret.

Android 11 Developer Preview ini tidak dianjurkan diunduh untuk para pengguna harian karena Android 11 Developer Preview lebih ditujukan bagi para pengembang aplikasi guna melakukan peninjauan dan pengujicobaan software di sistem operasi milik Google tersebut.

Versi Final Android 11 Akan Tersedia di Q3 2020

Dari bulan Februari hingga Maret, Android 11 masih dalam tahap developer preview. Sedangkan di bulan April hingga Juni, Android 11 akan mulai masuk ke tahap beta release. Baru di kuartal ketiga atau Juli hingga September, Android 11 akan masuk ke dalam tahap final.

Untuk saat ini, yakni tahapan developer preview, perangkat yang baru bisa menikmatinya hanya seri Pixel saja seperti Pixel 4 / 4XL, Pixel 3a / 3a XL, Pixel 3/3 XL, dan Pixel 2/2 XL. Android 11 sendiri akan menghadirkan beberapa fitur baru, dan berikut ini beberapa fitur yang terdapat di dalamnya seperti yang dilansir dari Gizmochina.

1. Obrolan Gelembung

Android 11 telah menambahkan fungsi gelembung obrolan mengambang. Selama aplikasi menggunakan API baru, itu dapat mengapungkan percakapan yang sedang berlangsung dalam bentuk gelembung di layar.

Selain itu, salin dan tempel juga telah ditingkatkan. Jika aplikasi mendukung copy

dan paste gambar secara langsung, maka Android 11 mendukung menempelkan gambar secara langsung ke dalam balasan aplikasi. Ini akan memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan banyak percakapan.

2. Privasi dan Izin Baru

Android 11 akan menambahkan izin satu kali untuk lokasi, mikrofon, dan kamera. Dengan kata lain, aplikasi yang telah memperoleh izin sekali pakai masih akan meminta pengguna untuk mendapatkan otorisasi saat digunakan di pemakaian berikutnya.

Sistem baru ini juga akan secara otomatis memblokir permintaan izin berulang dari aplikasi. Jika pengguna mengklik dua kali untuk menolak otorisasi, sistem akan secara otomatis berhenti meminta otorisasi. Terkait fitur ini, nantinya para pengguna dapat menyesuaikan secara manual di pengaturan.

3. Tab Percakapan Baru

Sistem operasi terbaru nantinya akan menghadirkan tab percakapan khusus di panel notifikasi yang fungsinya untuk melihat pesan terbaru. Dengan adanya fitur ini, maka para pengguna akan bisa menanggapi pesan dari panel notifikasi.

Bukan hanya menanggapi pesan dari panel notifikasi saja, nantinya para pengguna juga akan bisa mengirim gambar langsung dari notifikasi. Dengan kehadiran tab percakapan baru ini, maka semuanya akan dipermudah.

Fitur Android 11 Lainnya

Berikut ini beberapa fitur lain yang akan disematkan di Android 11:

  • Penjadwalan mode gelap.
  • Mode pesawat tidak akan mempengaruhi bluetooth.
  • Sensitivitas sentuh ditingkatkan.
  • Membisukan notifikasi ketika menggunakan kamera.
  • Mendukung 5G.
  • Menghadirkan rekaman layar.

Baca juga: Android 11 Siap Dirilis Pertengahan 2020, Ini Fitur Andalannya


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close