Internet

Android 11 Siap Dirilis Pertengahan 2020, Ini Fitur Andalannya

Meski saat ini Android masih menjadi sistem operasi paling dominan di jagad smartphone, tetapi Google sebagai induk tampaknya tidak mau berpangku tangan melihat kompetitor lain dengan mempersiapkan Android 11.

Jika Huawei menggunakan OS Harmony dan Facebook yang siap merilis operating system sendiri dengan nama Facebook OS, maka mau tidak mau Google harus terus melakukan update OS nya jika tidak mau tergerus oleh operasi sistem yang lain.

Meski saat ini Android dan iOS dominan, tetapi entah ke depannya nanti. Maka rumor akan adanya update OS terbaru Android layak dinanti.

Tahun 2020 telah tiba, dan para penggemar smartphone Android tentu saja menantikan kedatangan Android 11.

Android yang penamaannya seperti Android 10 alias tidak memakai abjad/alfabet atau jenis nama makanan manis lagi akan menjadi Android versi terkini yang lebih signifikan ketimbang Android sebelumnya.

Sebelum kita mengenal beberapa fitur yang kemungkinan akan disematkan pada Android 11 ini, kita perlu juga mengetahui sejarah perjalanan operating system Android mulai dirilis pertama kali.

Sejarah Perkembangan OS Android

android 11

Android v1.1 Bender (Beta)

Adalah android versi dari lanjutan 1.1 Beta (sebelumnya versi 1.0) yang tidak di perjual belikan secara komersial.

Tetapi dengan versi 1.1 yang rilis pada 2007 november tanggal 5 ini telah mulai di perjual belikan dengan penggunaanya pada smartphone pertama yang memakai android adalah HTC dream.

Versi 1.5 dengan nama android Cupcake

Perkembangan OS ini semakin berlanjut dengan lahirlah versi 1.5 yaitu menjadi versi pertama yang memakai nama makanan dengan nama cup cake.

Versi ini rilis pada tanggal 30 april 2009. Apa anda ingat ponsel android apa yang memakai versi ini?

Hadir sebagai penyempurnaan dari versi sebelumnya, yaitu dengan menyempurnakan BUG serta menambahkan fitur dan mensupport layar yang lebih besar.

Versi v2.0 – 2.1 dengan Nama android Eclair

Tepatnya genap satu tahun dari versi donut 26-10-2009 rilis kembali yang masih berpusat pada cara menutupi BUG/Celah kerentanan dari bermacam-macam kemungkinan

Android Eclair ditambahkan fitur seperti Bluetooth, multitouch, Kamera flash, live walpaper dan sebagainya yang notabene lebih komplit dari pada sebelumnya.

Eclair adalah OS android yang pertama dipakai oleh perangkat merek google yaitu munculnya NEXUS, berikutnya HTC nexus one juga memakai OS eclair.

Versi v2.2 [Froyo] atau Frozen Yoghurt

Lebih dikenal dengan versi Froyo yang di kenalkan pada 20-05-2010 dan ternyata kurang populer kala itu, sebab pada waktu itu lebih familiar dengan balckbarry dan windows phone

Tetapi dengan tawaran open source dan aplikasi yang tersedia free untuk pengguna, hal ini menjadi perhatian khusus pada pengguna ponsel saat itu.

Versi v2.3 [ Android Gingerbread ]

Berbarengan dengan hadirnya Nexus S pada 6 desember 2010 lahir juga android terkini saat itu yaitu dengan nama Gingerbread v2.3 meski ketenarannya masih dibawah Blackberry waktu itu.

Beberapa vendor perangkat seluler mulai serius menggarap seluler dengan OS android yang di awali oleh Samsung dengan seri Samsung galaxy yang memiliki peran cukup besar dalam mempopulerkan android.

Kuatnya OS android merekat kepada samsung kala itu seperti android merupakan milik samsung, opini publik seputar kepemilikan android oleh samsung saat itu tak bisa hindarkan.

Versi v3.0 – 3.2 Android Honeycomb

Bulan mei 2011 melahirkan android pada tanggal 10 dengan versi 3.0-3.2 yang khusus di rancang untuk tablet. Kepopuleran iPad membuat samsung juga memperlihatkan produk yang menjadi primadona kalangan pengusaha kala itu.

Jawaban seputar penerapan teknologi sebagai pendukung usaha dalam mengerjakan semua aktifitas digitalnya mampu di wakilkan memakai samsung Tab dengan Android Honeycomb ini.

Versi v4.0 Ice Cream Sandwich [ICS]

Seperti halnya dengan versi sebelumnya, update android adalah penyempurnaan dari versi yang sebelumnya.

Pada 16-12-2011 Google merilis android dengan versi v4. 0 dengan nama ICS sebagai penyempurnaan dari versi Honeycomb untuk ponsel dan tablet.

Android v4.1 – 4.3 Jelly Bean

Nexus 7 adalah perangkat yang di produksi oleh Asus kemudian dikenalkan oleh google berbarengan dengan OS terbarunya yaitu Jelly Bean. Jelly bean rillis pada tahun 2012 -07-09 .

Nexus 7 adalah perangkat pertama tablet yang memakai android jellybean menjalankan upadate versi 4.1, 4.2,4.3. Pada versi 4.2 berbarengan dengan munculnya nexus 4 yang di produksi oleh LG plus dan Nexus 10 dari samsung.

Versi v4.4 Android Kitkat

Android versi ini masih teringat benar belum lama ini yang ramai di perbincangkan dengan inisial android K. Sebelumnya di duga dengan nama key lime pie yang akhirnya dengan beberapa pertimbangan diputuskan dengan nama Kitkat.

Android kitkat rilis pada tanggal 3 September 2013 dengan perangkat pertama yang memakai kitkat adalah Google nexus 5 pada tanggal 31 okt 2013

Pada versi ini diklaim sebagai versi yang ramah kepada ponsel dengan spesifikasi rendah yang sanggup berjalan lancar meski dengan ram 512.

Versi 9.0 Android Pie

Android Pie rilis pada 6 Agustus 2018 yang dalam masa pengembangan bernama dengan inisial\” P \” yang pertama kali di umumkan oleh Google pada 7 Maret 2018.

Ponsel pertama yang memakai versi ini adalah Google pixel dan telepon Esensial, Sony xperia sebagai perangkat pertama yang memakai pie.

Versi 10, Android 10

Sesudah nama android sebelumnya dengan memakai nama nama makanan sekarang pada versi 10 dengan nama Android 10.

Entah apa selanjutnya, apa pada versi berikuntnya akan menamai memakai angka atau memberikan nama makanan kembali. Jawabannya adalah akan hadirnya Android 11 di pertengahan 2020

Baca juga : Fakta Sebenarnya Mengenai Sejarah Android yang Membuat Smartphone jadi Populer Hingga Saat ini

Rumor Tentang Fitur Andalan Android 11

Rumor mengenai operating system ini sudah bertiup kencang sejak Oktober tahun lalu pada acara Android Dev Summit.

Dikutip dari Tech Radar, Google ternyata telah menyiapkan penerus Android 10 itu lewat salah satu sesi berjudul ‘Preparing for Scoped Storage in Android 11’.

Rumor juga mengatakan bahwa Android versi baru ini akan diperlihatkan ke publik pada pertengahan tahun 2020. Android 11 akan dirilis untuk Google Pixel 5 pada September 2020 dan smartphone Android lain pada akhir 2020 sampai 2021.

Bisa Merekam Video Lebih dari 4 GB

Yang paling ditunggu-tunggu dari rumor datangnya OS smartphone Android ini ialah kemampuan merekam video lebih dari 4 GB.

Sebagai tambahan info bahwa pada kebanyakan ponsel Android untuk merekam video cuma memiliki batas maksimal 4 GB per file.

Hal ini kontras dengan kapasitas penyimpanan internal ponsel yang kini lebih besar sampai 256 GB dengan kinerja lebih kencang.

Pembatasan yang dijalankan semenjak 2014 itu disebabkan belum banyak rekaman 4K, kapasitas smartphone belum besar, dan kartu SD juga belum mempunyai kapasitas yang besar.

Akhirnya, untuk menyiasati hal hal yang demikian, file-file mesti dipecah menjadi beberapa video, dan menjadi hal yang menyebalkan tentunya.

Dikutip dari XDA Developers, para pengembang sudah menemukan sebuah solusi untuk agar tidak ada pembatasan perekaman video lebih dari 4 GB berkat sebuah entri baru di AOSP Gerrit.

Hal ini tentu akan memudahkan para kreator konten untuk dapat mengedit video dari ponsel mereka sendiri.

Scoped Storage untuk Memaksimalkan Memori dan Privasi

Disamping sanggup merekam video lebih dari 4 GB, Android 11 juga akan dibekali dengan Scoped Storage. Yakni fitur untuk memaksimalkan kemampuan membaca memori dan mengimprovisasi privasi.

Fitur ini sebetulnya akan dihadirkan pada Android 10, tetapi Google menundanya dengan alasan kesiapan.

Bluetooth tetap Aktif Ketika Menyalakan Airplane Mode

Ada kemungkinan Android 11 akan tetap mengizinkan Bluetooth aktif walaupun Airplane Mode diaktifkan.

Hal ini untuk mencegah suara yang putus-putus ketika memperdengarkan musik, Dengan begitu akan meminimalisir gangguan ketika menikmati musik atau film.

Hadirnya Bubble Serupa Notifikasi Facebook

Sebetulnya fitur telah ada pada Android 10 tetapi dalam versi beta. Fitur serupa notifikasi Facebook ini memungkinkan pengguna dapat memperhatikan seluruh percakapan pada seluruh aplikasi perpesanan dalam satu yang gampang diakses.

Versi Beta Akan Diluncurkan Pada Maret 2020

Versi beta Android 11 akan diluncurkan pada Maret 2020. Peluncuran versi beta akan menjadi semacam pendahuluan untuk Android versi baru ini. Tapi karena masih versi beta kemungkinan tidak seluruh fitur akan dihadirkan secara lengkap.

Demikian beberapa rumor tentang Android 11 beserta beberapa kemungkinan hadirnya fitur-fitur andalan. Semoga bisa menjadi referensi dan memperluas khazanah dunia teknologi anda. terima kasih


Loading...

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close