Internet

Android dan iOS Terlalu Dominan, Windows Phone Disuntik Mati

Sistem operasi Mobile Windows pada perangkat smartphone sangat kurang diminati oleh pasaran. Adapun perihal sebabnya bermacam-macam, salah satunya adalah para developer aplikasi yang enggan untuk mengembangkan aplikasinya di sistem operasi milik Microsoft tersebut.

Alasan utama mengapa para developer aplikasi enggan untuk mengembangkan aplikasinya di sistem operasi milik Microsoft tersebut dikarenakan proses dari pengembangan di Mobile Windows sangat sukar daripada Android dan juga iOS.

Bahkan developer Facebook pun sangat minim untuk mengembangkan aplikasinya di sistem operasi milik Microsoft itu sehingga ponsel yang menggunakan sistem operasi Windows pun kurang diminati oleh konsumen.

Selain itu, tampilan dari sistem operasi Windows Phone tidak dapat diubah oleh penggunanya dengan sesuka hati. Tidak seperti Android yang memiliki kelebihan tersebut. Kekurangan-kekurangan tersebut, pada akhirnya membuat para konsumen enggan untuk menggunakan sistem operasi Windows pada smartphone mereka.

Karena para konsumen enggan untuk menggunakan sistem operasi Windows pada smartphone mereka, hal yang demikian itu akhirnya berdampak pada pemberhentian layanan sistem operasi Windows 10 yang baru-baru ini telah disuntik mati oleh Microsoft.

Microsoft Pilih Suntik Mati Windows Phone

Dilansir dari laman resmi Microsoft, perusahaan telah mengakhiri dukungan sistem operasi Windows 10 Mobile. Perusahaan yang didirikan Bill Gates itu resmi menghentikan seluruh pembaruan layanan sistem operasi di Windows 10 Mobile pada Kamis (11/12/19).

Pemberhentian pembaruan terhadap sistem operasi Windows 10 Mobile ini pun mengikuti jejak pendahulunya, yaitu sistem operasi Windows 8.1. Setahun yang lalu, sistem operasi Windows 8.1 Mobile juga dihentikan dukungannya oleh Microsoft.

Kemudian, Microsoft secara resmi lebih menyarankan para pengguna sistem operasi mobile-nya untuk beralih menggunakan Android maupun iOS. Alasannya adalah karena mereka tidak akan mendukung layanan sistem operasi Windows 10 Mobile lagi untuk tahun-tahun mendatang.

Perusahaan Microsoft berdasarkan penuturannya akan lebih memfokuskan diri untuk mengembangkan produk mereka di segmen lain. Contohnya, mereka sudah merilis smartphone Android terbaru dengan nama Surface Duo. Surface Duo ini memiliki perbedaan dengan smartphone lain karena memiliki dua layar layaknya ponsel layar lipat Samsung Galaxy Fold.

Baca juga: Surface Duo, Smartphone Android Dua Layar dari Microsoft

Bagi anda yang saat ini masih setia menggunakan Windows 10 Mobile, maka segeralah beralih ke sistem operasi lain sebagaimana yang dituturkan oleh pihak Microsoft. Melalui penuturan Microsoft tersebut, mereka pun telah mengakui kekalahan dalam persaingan bisnis di industri digital mobile, terutama dalam persaingan pada sistem operasi mobile.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close