android lebih baik dibanding iPhone

8 Alasan Mengapa Smartphone Android Lebih Baik Dibanding iPhone

Apakah Smartphone Android Lebih Baik Dibanding iPhone? – Setelah membuat artikel mengenai alasan mengapa iPhone lebih baik dibanding smartphone Android kemarin, nggak adil dong rasanya jika hanya membahas pada satu sudut pandang saja. Nah, kali ini saya ingin mengulas pada sudut pandang lainnya.

Inilah alasan mengapa smartphone Android lebih baik dibanding iPhone:

Berbagi File yang Gampang

android lebih baik dibanding iPhone

Alasan pertama mengapa smartphone Android unggul dibanding iPhone adalah karena sharing file nya yang sangat mudah. Untuk mengirim data antar smartphone bisa langsung menggunakan bluetooth dan berbagi data dengan PC bisa menggunakan kabel USB.

Di iPhone menjadi sedikit ribet, karena bluetooth fungsinya bukan sebagai sarana untuk mengirim data melainkan untuk melakukan pairing dengan perangkat tertentu, smartwatch misalnya. Jika ingin berbagi data dengan PC pun harus menggunakan iTunes terlebih dahulu. Untuk berbagi data ke smartphone lain, kamu bisa memanfaatkan aplikasi sosial media.

Intinya, berbagi data di Android bisa dalam keadaan offline (tanpa jaringan), sedangkan jika ingin berbagi data di iPhone membutuhkan jaringan internet.

Open Source

android lebih baik dibanding iPhone

Bagi kamu yang hobi ngoprek atau memodifikasi smartphone, maka smartphone dengan OS Android sangat tepat buat kamu. Mau dioprek sampe bisa bikin kamu berubah jadi Power Rangers it’s up to you. Dari segi modifikasi smartphone ini, android lebih baik dibanding iPhone.

Loading...

Selain itu, untuk membuat sebuah aplikasi atau game Android tidaklah memerlukan persyaratan yang sulit, hanya modal laptop/PC berbasis Windows saja sudah cukup. Berbeda jika kita ingin membuat aplikasi iOS, harus punya perangkat berbasis MacOS, MacBook misalnya.

Punya File Manager

android lebih baik dibanding iPhone

Yup.. Android punya File Manager yang tidak akan kita temui di iPhone.

Dengan adanya File Manager tersebut kita bisa menyimpan, menghapus, dan mengakses data-data yang ada di dalamnya menjadi lebih mudah. Apalagi jika kamu menyusunnya dengan rapi, jika sewaktu-waktu membutuhkan data tersebut maka kamu tinggal mengambilnya saja.

Di iPhone, penyimpanan data sifatnya tidak terpusat. Misalnya, file musik yang kamu punya tersimpan pada aplikasi musik, file foto/vide tersimpan pada aplikasi Photos, dan sebagainya.

Permasalahannya, jika ingin menyimpan file dalam bentuk berkas seperti Ms. Word atau Ms. Excel, kita akan kebingungan untuk menyimpannya dimana. Biasanya saya menggunakan layanan penyimpanan cloud untuk mengakalinya. Dari kemudahan penggunaan file manager dapat disimpulkan bahwa android lebih baik dibanding iPhone.

Toko Aplikasi yang Lebih “Rame”

android lebih baik dibanding iPhone

Toko aplikasi resmi Android, yakni Google Play Store memiliki jumlah aplikasi yang lebih banyak jika dibandingkan dengan App Store, toko aplikasi resmi milik Apple. Ada yang jualan tahu bulat segala lagi.. 😀

Selain itu, Google Play Store memiliki ulasan yang lebih banyak pada setiap aplikasinya. Sehingga kita dapat mengetahui kelebihan atau kekurangan dari setiap aplikasi. Dengan kemudahan untuk mendapatkan aplikasi maka android lebih baik dibanding iPhone.

Kustomisasi Lebih Leluasa

android lebih baik

Jika kamu bosan dengan tampilan iPhone yang itu-itu saja, maka kamu bisa beralih ke smartphone Android yang memiliki akses untuk mengustomisasi tampilan dari smartphone kamu. Tersedia beragam launcher gratis di Google Play Store yang bisa kamu coba.

Untuk mempercantik tampilan home screen, kamu juga bisa menambahkan widget berupa jam, cuaca, pencarian Google, Google Now, maupun widget dari setiap aplikasi yang ada.

Hadirnya Fitur-Fitur Baru

android lebih baik

Fitur-fitur baru pada smartphone umumnya hadir lebih dulu pada Android, sedangkan Apple terkesan lambat dalam berinovasi.  Misalnya, fitur anti air, fitur remote control, fitur fast charging, dan lain sebagainya. Ini membuktikan bahwa fitur baru android lebih baik dibanding iPhone.

Apple saja baru menerapkan fitur anti air tersebut pada iPhone generasi terbarunya, yaitu iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, dan itu hanya bersifat Water Resistant saja bukan Water Proof.

Bisa Pake Charger Teman

Enaknya, ketika kita sedang bepergian dan lupa nggak bawa charge, kemudian smartphone kita mati, kita masih bisa membangkitkannya dengan Edo Tensei milik Kabuto (Halaaah.. Korban Naruto). Maksudnya bisa menghidupkannya lagi dengan meminjam charger milik teman.

Sedangkan, jika kita perangkat iOS kita mati dan lupa bawa charger.. Alamat sudah. Mau pinjem charger teman pun harus liat-liat dulu apa smartphone mereka karena pengguna iOS di sekitar kita masih sedikit.

Harga yang Terjangkau

Nah, ini nih alasan yang paling pamungkas banget.. Hehehe

Harganya yang terjangkau bahkan setara dengan harga kacang goreng (ahaha.. Lebay), menjadikan smartphone Android banyak dibeli oleh konsumen.

Saya ngerasain sendiri gimana perjuangan buat beli iPhone guys, untuk beli baru saja belum mampu (curhat), secara harga barunya saja bisa nyaingin harga sepeda motor. Sekarang sih hanya bisa memakai yang second saja dan itupun sudah tergolong produk lawasnya Apple.. Nggak up to date dong.. hiks

Nah, itu dia 8 alasan mengapa smartphone Android lebih baik daripada iPhone. Karena memang ada dasarnya setiap smartphone memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadikanlah kelebihan dan kekurangan itu untuk saling melengkapi satu sama lain. Semoga bermanfaat.


Loading...

Bagikan

Penulis

zakiyfauzi
zakiyfauzi
Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.

Kunjungi: Channel Youtube Saya
zakiyfauzi

Penulis

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.Kunjungi: Channel Youtube Saya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *