Lupa Pola Kunci

Mengatasi Android Lupa Pola Kunci atau Lupa Sandi

Sahabat Klik Mania, khusunya bagi kamu pengguna smartphone Android. Kalian pastinya sudah tidak asing lagi dengan fitur keamanan seperti pola kunci, password, maupun face lock yang tersedia di semua platform Android. Namun bagaimana jika tidak ingat password atau lupa pola kunci?

Sebelum itu akan sedikit saya bahas

Dengan mengaktifkan fitur security ini, semua pemilik ponsel pintar bersistim android dapat membatasi pengguna lain agar tidak bisa menggunakan handphone miliknya dengan sembarangan.

Beberapa fitur keamanan tersebut bisa diaktifkan dengan menggunakan password, pola kunci atau face lock. Namun bisa berakibat buruk bagi sang pemilik apabila Ia lupa password atau lupa pola kunci yang diaktifkan.

Sebab agar HP Android miliknya dapat digunakan kembali, tidak ada cara lain kecuali HP harus di riset ulang ke pengaturan pabrik, atau dengan cara di flash. Tentunya dengan begitu semua data dan aplikasi yang sudah di install harus direlakan hilang.

Nah, bagi kamu yang kebetulan belum tau bagaimana cara mengatasi Android lupa pola kunci atau lupa password? Cari tau triknya yang akan saya bagikan buat semua para pembaca setia Klik Mania dan baca baik-baik penjelasan berikut, karena cara ini dapat digunakan hampir disemua HP Android.

Smartphone Android hanya bisa di riset ke pengaturan pabrik apabila pengguna masih bisa membuka menu setting dalam kondisi ponsel hidup normal. Sedangkan jika HP Android kamu dalam kondisi terkunci, pastinya tidak banyak yang bisa kamu lakukan.

Kecuali kamu tau trik khusus untuk meriset Android dengan menggunakan beberapa fungsi tombol berikut.

Loading...

Cara reset android lupa pola kunci atau password

  • Matikan Android yang terkunci pola atau password.
  • Secara bersamaan tekan Tombol Volume (-) dengan Tombol Power.
  • Tunggu hingga masuk ke Mode Recovery.
  • Jika dengan menggunakan Tombol Volume (-) tidak bisa, ganti dengan menekan Tombol Vol (+) bersamaan dengan menekan Tombol Power.
  • Tunggu hingga masuk ke Mode Recovery.

Lupa Pola Kunci

  • Jika hanya muncul gambar Androidnya saja, tekan tombol power beberapa kali.
  • Pada menu Recovery Pilih “Wife data/ factory reset”, dan tunggu hingga selesai.
  • Lanjutkan dengan memilih “Wife cache partition
  • Setelah itu pilih menu “Reboot system now
  • Secara otomatis HP Android melakukan Restart.

Dengan cara tersebut saat HP Android kamu hidup lagi, maka semua pengaturan ponsel dan aplikasi akan dikembalikan ke settingan awal. Itu artinya aplikasi yang ada hanya yang bawaan pabrik saja. Sementara semua aplikasi yang pernah kamu download dan diinstal sendiri akan hilang.

Termasuk  semua data seperti kontak, sms, email, dan data aplikasi juga akan ikut hilang. Maka dari itu sebaiknya kamu harus selalu membiasakan diri untuk mencatat semua data penting seperti email dan passwordnya setiap kali membuat sebuah akun baru.

Sebab nanti catatan tersebut akan sangat berguna dan menolong. Apabila sewaktu-waktu HP Android kesayangan kamu terkunci karena lupa password atau lupa pola kunci.

Meski semua data yang ada di memori handphone secara otomatis akan hilang karena terhapus, namun semua data yang ada di memori eksternal termasuk photo, video, dan lagu tetap aman.

Referensi lain : Trik Menggunakan Android Menjadi Modem Agar Bisa Internetan di Komputer

Tetapi walaupun begitu, supaya lebih aman lagi, sebelum melakukan factory reset melalui mode recovery ini, sebaiknya SDCard atau memori eksternal HP di keluarkan dulu dan disimpan ditempat aman.

Nanti jika sudah selesai melakukan riset, dan HP Android kamu sudah bisa hidup normal lagi, baru memori eksternalnya dimasukkan ke slot SDCard.


Loading...

Bagikan

Penulis

Avatar
apiffuloh
Kreator konten di Klikmania, My Blogspot. Desain Logo dan Video Editing Part Time. Motto: "Kebenaran bukan milik semua orang, tapi hanya milik orang-orang yang mencarinya".
Avatar

Penulis

Kreator konten di Klikmania, My Blogspot. Desain Logo dan Video Editing Part Time. Motto: "Kebenaran bukan milik semua orang, tapi hanya milik orang-orang yang mencarinya".

Komentar

    Avatar

    Rival

    ( - 13:34)

    Kalau belum Android gmna Gan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *