InternetTekno

Android Kamu Terasa Ngelag? Mungkin ini Penyebabnya!!!

Lagi asyik-asyik main game atau buka aplikasi tiba-tiba android terasa lemot? Sering ngadat tiba-tiba dan terasa tidak lancar? Itu adalah beberapa gejala lag di smartphone. Dalam beberapa keadaan, lag bisa menjadi suatu hal yang sangat menjengkelkan. Terutama saat kita sedang menghadapi situasi yang sangat penting dan darurat.

Ada beberapa penyebab terjadinya lag di smartphone yang bisa kita minimalisir. Apa sajakah itu? Check it Out!

RAM (Random Access Memory)

Random Access Memory atau yang biasa disebut RAM sering dijadikan tersangka atas terjadinya lag pada smartphone.

Karena memang kodratnya begitu gan.. hehe

RAM lah yang paling bertanggungjawab atas seluruh kegiatan multi-tasking di smartphone. Semakin besar kapasitas RAM yang disematkan pada sebuah smartphone, semakin lancar dan mulus pula kinerjanya. Begitupun sebaliknya.
android ram

Mungkin agan-agan bertanya mengapa ketika kita membeli smartphone dengan RAM 1 GB kita hanya mendapatkan kapasitas sebesar 800 MB saja? Lalu yang 200 MB lagi kemana ya kan? Apakah para vendor smartphone menipu kita?

Itu sebenarnya bukan penipuan, melainkan telah terpakai untuk kebutuhan sistem.  Sehingga kita kebagian yang free nya sekitar 800-an MB.

Beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang umumnya banyak mengonsumsi RAM. Seperti Wallpaper Live, Widget, Social Media, dan lain sebagainya. Belum lagi jika agan sering memainkan game-game dengan kualitas HD (High Definition).

Loading...

Jadi wajar jika agan merasakan lag pada smartphone agan ketika beberapa komponen tersebut berjalan secara bersamaan, dan kapasitas RAM di smartphone agan tidak mencukupi.

Solusinya: Jika tidak ingin mengalami lag di smartphone agan, saya sarankan belilah smartphone dengan kapasitas RAM minimal 2 GB. Karena, pengalaman pribadi saya memakai RAM yang 1 GB pun bukan lagi sesuatu yang bisa diharapkan lagi sekarang. Saya memiliki smartphone (curhat dikit) dengan RAM 1 GB dan memori internal 4 GB, itu saja sudah terasa ngelag. Padahal saya tidak banyak menginstall aplikasi (hanya BBM, Instagram, WhatsApp, UC Browser, dan Quranesia), serta game yang saya mainkan hanya Clash of Clans (main ini saja sudah ngelag minta ampun).

Bisa sih diakalin dengan diroot dan install aplikasi Seeder untuk mengatasi lag nya, tapi di sebagian smartphone bahkan tidak ada pengaruhnya sama sekali, malah nambah ngelag. Karena, memang pada dasarnya smartphone tersebut memiliki kemampuan yang minim. Jadi, saran saya mending kita nambah sedikit untuk membeli smartphone yang memiliki spesifikasi yang baik agar tidak kecewa di kemudian hari.

Memori Internal

android memori penuh

Sebenarnya memori internal kurang berpengaruh terhadap terjadinya lag di smartphone. Hanya saja ketika sedang penuh, ia akan membutuhkan waktu yang sedikit lama ketika mencari atau membuka file-file yang kita simpan di perangkat kita. Ini biasanya terjadi pada smartphone dengan kapasitas memori internal yang kecil.

Solusinya: Belilah smartphone dengan kapasitas memori internal yang cukup besar, apalagi rata-rata smartphone sekarang sudah dibekali kapasitas memori internal yang besar. Kalaupun agan memiliki smartphone dengan memori internal yang kecil, agan bisa mengakalinya dengan menambahkan memori eksternal dengan ukuran yang lebih besar. Lalu pindahkan seluruh data ke memori eksternal tersebut, seperti foto, musik, video, file/dokumen, dan lain sebagainya.

Bug di OS Androidbug

Apa itu bug? Secara bahasa bug berarti kutu. Namun, dalam istilah Android, bug sering dikaitkan dengan masalah-masalah yang timbul akibat sistem operasi yang belum stabil. Misalnya, ketika rilis update OS terbaru namun masih dalam versi beta, biasanya akan diselingi dengan bug-bug tertentu. Hal ini wajar, karena versi beta adalah versi yang masih dalam tahap percobaan (belum stabil).

Solusinya: Selalu update OS smartphone agan untuk mendapatkan versi yang lebih stabil sehingga akan terhindar dari bug-bug yang ada.

Cache Android

Cache sebenarnya memiliki fungsi yang baik, yakni untuk mempercepat proses menjalankan aplikasi yang pernah dibuka sebelumnya. Namun, efek buruknya adalah cache semakin lama akan semakin menumpuk pada memori internal. Hal inilah yang menyebabkan smartphone akan mulai terasa ngelag.

Solusinya: Rajin-rajinlah membersihkan cache yang terdapat pada smartphone kita minimal sebulan sekali agar performa smartphone kita menjadi optimal kembali.

Caranya sangat mudah, kita hanya perlu masuk ke Recovery Mode:

wipe cache

  1. Nonaktifkan smartphone terlebih dahulu.
  2. Tekan tombol power+volume down secara bersamaan untuk masuk ke Recovery Mode.
  3. Kemudian pilih bahasa (gunakan tombol power untuk memilih dan volume up/volume down sebagai navigasi).
  4. Pilih opsi Wipe & Reset
  5. Terakhir pilih Wipe Cache dan tunggu prosesnya hingga selesai.
  6. Reboot.

Akhir Kata

Smartphone itu bukanlah sebuah perangkat pintar yang sempurna. Bagaimanapun juga ia tetap memiliki kelebihan dan kekurangan. Bijaklah dalam memilih dan percayalah setiap masalah pasti memiliki solusi.

Jangan lupa komen di bawah untuk berbagi ilmu, dan.. Semoga bermanfaat.



Loading...

Baca selengkapnya

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.Kunjungi: Channel Youtube Saya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button