Tekno

Inilah 5 Fitur Android O Yang Bikin Gregetan

Baru Рbaru ini Google melalui Android developer meluncurkan preview mengenai fitur resmi dari Android O. Di pengumuman terbaru versi developernya, Google juga mengumumkan bahwa sistem operasi ini masih dalam tahap pengujian. Nah, pada artikel ini kita akan membahas 5 fitur dari sistem operasi baru Google, Android O.

5 Fitur Android O versi Developer

Setelah meluncurkan versi beta kedua Android versi 7.1.2 Nougat untuk seri Google pixel dan Nexus. Google baru-baru ini meluncurkan gambar preview terkait fitur dari Android O Developer. Namun belum diketahui dengan jelas mengenai kepanjangan dari “O” ini.

Sistem operasi ini memang belum akan diluncurkan dalam waktu dekat dan masih dalam tahap pengujian. Namun, bagi yang penasaran dengan Android O pihak Google telah mengumumkan gambar pratinjau mengenai fitur unggulan yang akan melengkapi android generasi baru ini. Penasaran? Mari kita cek satu persatu.

android o
Image from Developer android

Membatasi Aplikasi Latar Belakang Secara Otomatis

Memang dalam versi android sebelumnya sudah ada, namun kita harus menyetelnya secara manual di menu degeloper mode.

Namun, di sistem operasi terbaru Google ini kamu gak perlu repot-repot menyetel jumlah aplikasi yang boleh berjalan di latar karena Android O akan membatasi secara otomatis sesuai kemampuan spesifikasi smartphone.

Fitur ini digadang akan secara signifikan meningkatkan daya tahan baterai perangkat dan mengoptimalkan kinerja smartphone kamu.

Picture-in-Picture Mode

Picture-in-Picture Mode atau PiP mode dapat memungkinkan pengguna menonton video sambil beralih menggunakan aplikasi yang berbeda. Fitur ini agak mirip dengan fitur Youtube ketika kamu menekan tombol back namun video tetap berjalan dalam skala ukuran lebih kecil. Selain itu fitur ini juga mendukung  pengaturan rasio sesuai keinginan penggunanya.

Fitur Notifikasi Lebih User-Friendly dan Mudah Dikustomasi

Pernah merasa geram saat melihat notifikasi yang terlalu banyak di status bar, bahkan saking banyaknya kita menghapus notifikasi tanpa mengeceknya terlebih dahulu. Hal ini bisa saja menyebabkan kita ketinggalan notif penting karena tidak sengaka tethapus.

Nah, dalam versi Android O terbaru ini fitur notifikasi akan dikelompokkan berdasarkan keinginan penggunanya. Fitur ini memungkinkan pengguna menentukan notifikasi berdasarkan kelompoknya sesuai saluran yang kita buat sendiri.

Nelpon dan Berbagi File Mudah Dengan Jaringan Wifi tanpa Paket Data

Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan perangkat lain di dekatnya melalui koneksi wifi, kita dapat saling berbagi file tanpa takut kuota terpotong. Selain itu kita juga dapat saling menghubungi sesama perangkat layaknya melakukan panggilan tanpa kuota internet.

Fitur Autofill Yang Ditingkatkan

Fitur ini mungkin lebih cocok bagi mereka yang senang berbelanja online. Pengguna dapat menghemat banyak waktu dengan mengisi formulir online secara otomatis termasuk nama, alamat dan nomor telpon. Sistem operasi Android O ini akan membuatnya lebih mudah hanya dengan sekali klik maka formulir online sudah terisi sepenuhnya.

Itulah 5 fitur utama yang diperkenalkan oleh Google dalam sistem operasi terbaru Android O. Belum diketahui pasti tanggal rilis dari android generasi terbaru ini. Namun melihat fitur yang ditawarkan, sistem operasi ini sangat layak ditunggu.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close