Tekno

Android Q Resmi Diperkenalkan, Berikut 7 Fakta Menarik Tentangnya

Setelah versi terakhir Android Pie yang diluncurkan pada bulan Agustus tahun 2018 lalu, kali ini Google secara resmi memperkenalkan versi sistem operasi terbaru mereka, yakni Android Q.

Saat ini, Android Q masih dalam versi Beta, dan versi final rencananya akan dirilis pada kuartal ketiga tahun 2019 ini. Android Q ini juga akan mendukung beberapa fitur baru yang menarik bagi pecinta smartphone Android.

Baca juga : 7 Masalah Smartphone Android yang Umum Terjadi dan Cara Mengatasinya

7 Fakta Menarik Tentang Android Q

Lalu, apa saja sih kelebihan sistem operasi terbaru ini dibanding versi sebelumnya? Setelah Android Q Resmi Diperkenalkan beberapa waktu lalu, berikut ini 7 fakta menarik tentang Android Q yang harus kamu ketahui.

1. Kemudahan pengaturan privasi ponsel

Android Q Resmi Diperkenalkan

Pada versi Android terbaru ini, Google menambahkan fitur keamanan terbaru untuk semakin memudahkan pengguna untuk mengamankan data pribadi mereka.

Dengan menu Privacy Setting terbaru, memungkinkan pengguna untuk membatasi dan mengontrol berbagai aplikasi yang banyak menyedot data.

Misal saja pada pop-up pertanyaan lokasi terkini, akan ada tiga pilihan, selalu membolehkannya, hanya mengaktifkan ketika aplikasi dijalankan, atau tidak mengizinkan sama sekali.

Loading...

2. Terdapat fitur dark mode

Dark theme atau tampilan gelap merupakan salah satu fitur yang paling dinanti kehadirannya oleh para pengguna smartphone Android.

Pada versi Android terbaru ini, nantinya pengguna bisa mengaktifkan tema gelap dengan meng-klik ikon penghemat baterai.

Fitur dark theme ini diklaim akan lebih irit baterai. Selain itu, mata pengguna juga diklaim tidak akan sakit meski menggunakan smartphone dalam waktu yang lama, tidak seperti tema biasanya.

3. Mendukung ponsel lipat

Ponsel lipat atau foldable phone memang dipercaya alan mulai populer pada tahun 2019. Berbagai brand seperti Samsung dan Huawei bahkan sudah memulai meluncurkan ponsel lipat pertama mereka di pasaran.

Dengan adanya tren tersebut, Google pun menyesuaikan dengan versi Android terbaru ini yang diklaim memiliki support yang optimal terhadap foldable phone.

Sebab smartphone tipe ini memang agak berbeda, jadi sistem operasinya pun harus bisa menyesuaikan.

4. Terdapat fitur Focus Mode untuk mencegah pengguna membuka aplikasi yang mengganggu

Dengan fitur ini, memungkinkan pengguna untuk memblokir aplikasi tertentu yang notifikasi dapat mengganggu konsentrasi. Misal saja aplikasi media sosial, e-mail, hingga pesan instan.

Dengan adanya fitur ini, diharapkan penggu bisa fokus mengerjakan berbagai aktivitas di smartphone mereka, seperti bermain game atau menonton film, tanpa gangguan notifikasi dari aplikasi lain.

Untuk menggunakan focus mode ini, pengguna bisa terlebih dahulu memilih dafta aplikasi yang sekiranya dapat mengalihkan fokus atau perhatian.

Lalu setelah mengaktifkan Mode Fokus, pengguna tidak akan bisa membuka aplikasi tersebut kecuali dengan mematikan fitur itu.

5. Adanya fitur Smart Reply untuk semua aplikasi perpesanan

Android Q Resmi Diperkenalkan

Fitur Smart Reply ini tentu akan semakin memudahkan pengguna untuk membalas pesan dengan menawarkan saran atau prediksi mengenai apa yang diinginkan pengguna.

Saat ini, fitur ini memang masih hanya tersedia untuk aplikasi Gmail, namun ke depannya, berbagai aplikasi perpesanan pihak ketiga seperti Whatsapp, Facebook Messenger, Line, dll juga akan tersedia fitur ini.

6. Built-in Screen Recorder

Kamu sering memakai aplikasi Android screen recorder? Dengan Android Q, kamu tidak perlu lagi meng-install aplikasi tersebut dari Play Store, karena sudah terdapat built-in screen recording di dalam sistem operasi ini.

Adanya built-in screen recording juga akan semakin memudahkan pengguna untuk merekam berbagai aktivitas di dalam layar gadget mereka dalam bentuk video untuk berbagai keperluan.

7. Lantas, kapan Android Q resmi diluncurkan?

Android Q Resmi Diperkenalkan

Dimulai dengan versi Beta 1 pada bulan Maret, saat ini sudah sampai versi Beta 3 yang dirilis pada tanggal 7 Mei lalu. Pada bulan Juni, rencananya akan ada Beta 4, Sementara itu, untuk versi final rencananya akan diluncurkan pada kuartal ketiga tahun 2019.

Meski belum ada tanggal resmi dari Google, menarik menantikan seperti apa versi Android ini nantinya.



Loading...

Baca selengkapnya

Heru NC

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button