Blogging

Apa enaknya Menjadi Guest Writer?

Guest Writer merupakan orang yang memposting suatu artikel kedalam blog atau website milik orang lain. Biasanya menjadi guest writer akan dituntut untuk menulis sesuai aturan website yang dituju seperti banyaknya kata, ukuran atau jenis font, menyisipkan gambar dan masih banyak lagi.

Di tahun ini sudah menjamur Guest Writer dari berbagai kalangan. Bahkan beberapa situs juga menunjukan aktivitas anak-anak  dibawah 13 tahun menjadi seorang guest writer. Sebagian besar para Guest Writer merupakan seorang Blogger, Youtuber, dan hanya sedikit yang berasal dari orang yang aktif didunia offline menjadi guest writer.

Keuntungan menjadi guest writer

Menjalani sebuah kerja sampingan seperti menjadi guest writer sering dipandang sebelah mata. Kadang seorang guest writer rela menulis pada blog atau website yang tidak menjanjikan sebuah bayaran.

Namun dibalik itu, tetap saja Guest Writer mendapatkan sebuah manfaat yang patut diterima. Ingat, tidak ada usaha yang sia-sia! Dibawah ini merupakan keuntungan menjadi guest Writer :

Menjadi orang yang berpengaruh di Blog milik orang lain

Menjadi Guest Writer

Seorang Guest Writer juga harus pandai agar artikel miliknya lolos. Dengan lolosnya artikel yang ditulis artinya banyak pembaca yang akan melihat postingan seorang guest writer.  Agar memiliki pengaruh di blog yang memiliki fasilitas Guest Write, usahakan publish  artikel yang berkualitas.

Para pembaca setia blog yang memiliki fasilitas guest write akan menanti postingan guest writer yang berkualitas. Ciri-ciri artikel berkualitas diantaranya :

  • Tidak bertele-tele atau membingungkan
  • Tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek
  • Artikel memiliki manfaat bagi orang lain
  • Lolos uji SEO tools (bila ada)
  • Bukan plagiarism dari blog lain
  • Tidak membuat mata pengunjung atau pembaca lelah

Referensi lain : Cara Menulis Artikel di Klik Mania

Loading...

Menjalin silaturahmi dengan pembaca atau pengunjung artikel yang berhasil di publish

Seorang guest writer bisa mendapat teman baru dari hasil guest write-nya. Meskipun hanya sekedar komentar antar sesama guest writer ataupun pengunjung, tetap saja bisa menambah referensi teman asalkan mau berkomunikasi.

Mendapat Backlink gratis berkualitas (bagi yang mempunyai blog)

Backlink gratis memang bisa didapatkan dengan cara membeli jasa penyedia backlink. Namun bisa saja backlink tersebut adalah backlink jahat. Ternyata dengan menjadi seorang guest writer bisa mendapat backlink berkualitas dari blog yang menyediakan fitur guest write.

Mendapat uang tambahan

Beberapa blog penyedia fitur guest write memberikan upah terhadap artikel yang berhasil lolos. Namun untuk lolos terhadap syarat yang berlaku tidaklah mudah. Kalau mudah mungkin banyak yang copy paste dari blog lain.

Mendapatkan penggemar setia

Bila seorang guest writer berhasil memberikan kesan terhadap sipembaca. Maka kehadiran seorang guest writer yang memberikan kesan itu akan sangat dinanti-nanti. Bahkan beberapa pembaca langsung memuji di kolom komentar dan meminta untuk sebuah artikel lagi.  Itu artinya seorang guest writer sukses mendapatkan penggemar setia.

Diatas merupakan lima dari banyaknya manfaat menjadi seorang Guest Writer, akan tetapi menjadi seorang guest Writer juga memiliki kendala.

Kendala seorang Guest Writter

Menjadi Guest Writer

Membagi waktu

Menjadi guest writer juga harus pandai membagi waktu untuk menulis di blog yang dituju. Apalagi Guest Writer tersebut memiliki blog sendiri, jadi harus mengatur waktu untuk membuat artikel untuk blog sendiri dan blog yang memiliki guest write (di tuju).

Baca : Tips Gokil Cara Mengatasi Malas Menulis

Membuat dan mengembangkan ide

Mencari Ide dalam membuat postingan artikel bukanlah hal yang mudah, menjadi guest writer juga harus pandai bagaimana menemukan dan mengembangkan sebuah ide atau gagasan. Apalagi ide / niche tersebut sudah di tentukan.

Baca : Cara Mendapatkan Ide Menulis dengan Mudah dan Cepat

Harus pandai memilih dan mengedit gambar

Gambar yang akan diposting bersama artikel juga harus reuse. Itu artinya bila searching suatu gambar dan tidak ada yang reuse (boleh digunakan) maka harus pandai juga editing .

Selain memiliki kendala, menjadi guest writer juga harus membekali dirinya dengan berlatih menulis.

Berikut ini hal yang harus menjadi basic skill seorang Guest Writer

Menjadi Guest Writer

Pandai Menulis

Seorang guest writer tanpa dasar dunia tulis menulis dan merangkai kata maka akan susah untuk lolos di blog gust write. Maka dari itu basic utama seorang Guest Write adalah menulis.

SEO

SEO bukanlah hal yang utama, namun harus dikenal para Guest Writer. Karena dalam menulis artikelpun uji lolos SEO juga diperlukan.

Bersabar

Menjadi Guest Writer juga harus memiliki rasa sabar dan mental yang kuat. Kadang kesalahan seorang guest writer juga bisa membuat artikelnya tidak lolos publish. Padahal sudah panjang dan berfikir lama untuk sebuah artikel yang berkualitas.

Mengabdi menjadi guest Writer bukanlah hal yang mudah. Harus sabar dan jeli ketika menulis. Bila ada keinginan menjadi guest writer tidak ada salahnya. Meski tidak dibayar ataupun dibayar, suatu usaha yang positif pasti memberikan sebuah manfaat.



Loading...

Baca selengkapnya

Seorang pelaja yang suka ngeblog

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button