Dunia InternetInternet

Ketahui Apa Itu Startup dan Perkembangannya di Indonesia

Apa itu Startup – Sebelumnya pasti anda telah melihat berbagai toko online, situs informasi, maupun berbagai situs boking hotel yang ada di Indonesia dengan berbagai layanan terbaik yang memanjakan para konsumennya. Nah tanpa anda sadari anda telah melihat contoh nyata dari sebuah startup.

Lalu apa itu startup ? Startup sendiri berasal dari kata serapan dalam bahasa Inggris yang berarti memulai sebuah organisasi atau usaha baru. Sedangkan Wikipedia menyatakan bahwa Startup adalah perusahaan yang baru beroperasi yang masih berada dalam tahap perkembangan dan penelitian agar dapat menemukan pasar yang tepat untuk produk yang mereka hasilkan.

Istilah startup sangat sering dikaitkan dengan hal – hal yang berbau teknologi dan dunia digital. Itu semua terjadi karena kemunculannya startup yang bersamaan dengan ramainya berbagai perusahaan membuat web pribadi dan pada era ini dinamakan era buble dot-com.  Apabila dilihat dari realita yang ada memang startup identik dengan hal yang berbau teknologi terutama internet.

Dan pada era itu adalah era dimana internet mulai dikenal oleh khalayak luas sehingga mereka melihat internet sebagai sebuah wadah dan ladang baru yang berpotensi memberikan keuntungan pada mereka. Saat mereka melihat peluang itu mereka berlomba – lomba dalam membuat startup.

apa itu startup
Startup via https://pixabay.com

Kehadiran startup sendiri bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dengan jalan memberi kemudahan, layanan yang memanjakan hingga terobosan baru yang tidak pernah ditemui oleh konsumen dalam bisnis offline atau bisnis yang barang/jasanya langsung tampak di depan mata.

Perbedaan startup dengan web atau blog biasa 

Banyak orang yang masih bingung dalam membedakan apa itu startup dengan blog biasa, terutama orang yang masih terbilang awam, Nah agar anda dapat melihat dan membedakan startup dengan web atau blog biasa, berikut pemaparan singkatnya :

  1. Produk yang dihasilkan startup biasanya berupa aplikasi, web ataupun produk digital lain yang tak memiliki wujud lainnya.
  2. Startup beroperasi lewat website
  3. Masih ada dalam tahap berkembang
  4. Karena masih dalam tahap berkembang jadi yang berkategori startup adalah perusahaan yang penghasilannya kurang dari $100.000 per tahun.

Perkembangan startup di Indonesia

apa itu startup
Arena Winner via https://id.techinasia.com

Jika kita lihat startup di Indonesia berkembang sangat cepat dari hari ke hari yang disebabkan oleh mudahnya masyarakat memanfaatkan koneksi internet dan hal itu membuat semakin bertambahnya pengguna internet aktif di Indonesia.

Banyaknya pengguna internet menjadi peluang bagi para founder startup untuk mengembangkan bisnis dan terutama untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Loading...

Para founder startup berusaha untuk memberikan layanan dan kemudahan untuk para pengguna internet. Mulai dari pelayanan yang bersifat jasa seperti jasa pembuatan web sampai pelayanan yang menjual produk jadi yang membuat para konsumennya dapat berbelanja ataupun hanya untuk sekedar melihat barang – barang baru. Dan itu semua dapat mereka lakukan dirumah dengan PC mereka.

Ditambah lagi dengan adanya android, yang membuat para penggunanya bisa terus menggunakan internet tanpa harus duduk di rumah. Dan ini semakin membuat para founder startup tergiur terhadap peluang besar yang mereka lihat, sehingga mereka berlomba – lomba membuat startup dengan pelayanan terbaik .

Semakin baik pelayanan yang mereka berikan maka konsumen akan terus datang dan tentunya akan memberi keuntungan yang besar pula pada mereka.

Beberapa jenis startup yang berkembang pesat di Indonesia 

Diantara startup yang beroperasi di Indonesia ada berbagai jenis startup yang perkembangannya sangat cepat karena besarnya peluang pasar, yaitu :

1. Startup pencipta game

Ini menjadi startup yang sangat pesat perkembangannya di Indonesia yang dikarenakan peluang pasar dan peminat game yang besar. Peminat game sendiri tidak mengenal yang namanya masa ekonomi sulit dan itu membuat peminat game itu selalu ada.

2. Startup edukasi

Apa itu Startup eduksi? Bagaimana peninatnya?

Karena pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang tak bisa tergantikan jadi startup edukasi termasuk startup yang pesat perkembangannya. Peminat startup jenis ini berasal dari berbagai kalangan sehingga pasar bisnisnya sangat besar.

Salah satunya yaitu Klikmania.net yang merupakan sebuah startup edukasi dan informasi. Klikmania.net sendiri menyediakan berbagai informasi mulai dari tutorial blogging, internet  dan berbagai kisah inspiratif yang memberi manfaat serta motivasi bagi para pembacanya.

Tidak hanya itu Klikmania.net juga memberikan edukasi yang berguna bagi para blogger pemula yang membutuhkan informasi dan arahan untuk mengembangkan blognya. Edukasi ini terdiri dari cara membuat sebuah blog baru, cara menemukan inspirasi dalam membuat artikel sampai dengan cara yang efektif agar artikel cepat terindeks oleh google.

3. Startup perdagangan

Pengguna internet aktif yang banyak membuat peluang bisnis ini juga besar, dengan adanya startup jenis ini pengguna internet tidak perlu lagi keluar rumah untuk membeli barang – barang kebutuhannya dan bisa dengan leluasa melihat jenis serta harga barang walaupun belum tentu jadi membeli tanpa harus membuat pedagang marah.

Para pekerja yang sibuk juga sangat terbantu dengan adanya startup ini. Dengan adanya startup perdagangan mereka bisa berbelanja secara online tanpa harus repot pergi ke pusat perbelanjaan.

Ketiga jenis startup diatas memiliki peluang pasar yang sangat potensial di Indonesia, namun startup perdagangan sedikit terkendala perkembangannya. Itu disebabkan banyaknya masyarakat Indonesia yang suka berbelanja langsung ke toko dan bertemu untuk bernegoisasi harga dengan penjualnya.

Masyarakat Indonesia juga masih suka berbelanja dengan uang tunai dan rasa tidak percaya masyarakat apakah barang yang mereka pesan akan sampai ke tangan mereka juga menjadi faktor penghambat berkembangnya startup ini.

Baca : 6 Startup Lokal Ini Diboyong Google Ke Silicon Valley

Sedangkan startup pencipta game dan edukasi perkembangannya menjadi kian pesat karena hausnya masyarakat akan hiburan, pendidikan , dan informasi baru .

Faktor pendukung berkembangnya sebuah startup

apa itu startup
Startup peserta iaa via http://www.beritasatu.com

Selain karena kebutuhan ada beberapa faktor lain yang mendukung perkembangan startup di Indonesia, berikut faktornya :

  1. Masyarakat Indonesia yang selalu terbuka dengan teknologi baru. Jika kita lihat saat ini ada banyak sekali pengguna internet aktif di Indonesia maka akan berdampak pada peluang bisnis yang juga semakin besar.
  2. Jumlah penduduk Indonesia yang banyak. Banyaknya penduduk maka kebutuhannya juga banyak dan tentunya juga akan menjadi peluang bisnis yang besar.
  3. Pelayanan startup yang baik. Semakin baik dan bagus pelayanan sebuah startup maka konsumennya juga semakin banyak.
  4. Modal dari investor dan dukungan pemerintah. Tanpa modal sebuah usaha, apapun jenisnya tak kan bisa berkembang. Dukungan dari pemerintah pun menjadi penentu berkembangnya sebuah startup, jika pemerintah tidak mendukung maka startup sangat sulit untuk berkembang.

Perkembangan startup juga ditentukan dari pelayanannya, jika pelayanannya bagus maka perkembangannya juga cepat. Setelah membaca uraian di atas tentunya anda sudah tahu apa itu startup dan perkembangannya di Indonesia.

Dengan banyaknya startup yang beroperasi di Indonesia maka peluang kerja juga semakin terbuka dan itu akan berdampak pada meningkatnya pendapatan.

Baca juga : Ayo Dukung dan Ikuti Gerakan 1000 Startup Digital Indonesia

Jika pendapatan masyarakat Indonesia meningkat, tentunya kualitas hidup mereka juga akan meningkat. Jadi dukunglah perkembangan startup lokal Indonesia yang secara tidak langsung akan memberi dampak positif pada rakyat Indonesia.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

NaufalAbdi

Saya mahasiswa di sebuah Sekolah Tinggi Swasta di Kota Padang, Sumatera Barat

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *