Internet

Apa Jadinya Jika Video YouTube Diunggah 1.000 Kali?

Sudah Tahu Jawabannya?

Ketika kita mengunggah video ke YouTube, maka sistem perusahaan yang berada di bawah naungan Google itu akan melakukan kompresi terhadap video yang diunggah sehingga dapat diputar dengan lancar.

Ketika kompresi dilakukan, maka kualitas video yang diunggah pun juga akan mengalami penurunan. Meski secara penurunan kualitas video tidak bisa dilihat secara kasatmata, yang namanya penurunan kualitas memang benar-benar terjadi.

Namun, pernahkah terbesit di pikiran Anda seperti apakah kualitas video yang akan ditampilkan oleh pihak YouTube jika video itu sudah diunggah puluhan kali, ratusan, atau mungkin ribuan kali? Jawabnya, kualitas video pasti sudah sangat menurun, dan perbedaannya mungkin sudah tidak kasatmata lagi melainkan sudah bisa dilihat secara kasatmata.

Tampilan Video YouTube yang Diunggah Ribuan Kali

Jika Anda penasaran dengan tampilan video YouTube yang sudah diunggah berkali-kali, maka Anda bisa melihatnya dengan sangat mudah tanpa harus melakukan eksperimen sendiri. Ya, Anda tidak perlu melakukan eksperimen karena Marques Brownlee sudah melakukannya.

Jika Anda pecinta teknologi atau yang lebih tepatnya menyukai saluran YouTube yang membahas tentang teknologi, pasti Anda tidak akan asing dengan nama yang satu ini. Marques Brownlee adalah seorang YouTuber teknologi.

Pria asal New York, Amerika Serikat tersebut itu baru-baru ini telah mengunggah video eksperimen bagaimana tampilan sebuah video YouTube yang sudah diunggah sebanyak 1.000 kali. Hasilnya seperti yang sudah disampaikan, proses kompresi yang dilakukan pihak YouTube membuat kualitas video menurun, bahkan membuat video tidak layak untuk ditonton.

Marques Brownlee menunjukkan progres bagaimana proses penurunan kualitas pada video terjadi. Progres yang diberikan pun berjumlah 10, yaitu video ke-1, 2, 5, 10, 20, 50, 100, 200, 500, dan 1.000. Di progres ke-50 lah, proses penurunan video benar-benar mulai terlihat dengan jelas. Selain itu, audio yang dihasilkan pun mengalami delay yang cukup panjang.

Baca juga: Terungkap, Inilah Jenis Video yang Paling Banyak Ditonton di YouTube

Sampai saat ini, video Marques Brownlee yang berjudul “This Is What Happens When You Re-Upload a YouTube Video 1000 Times!” itu sudah ditonton lebih dari 2 juta penonton. Apa yang disampaikan Marques Brownlee ini amat sangat berguna, karena ini adalah pengetahuan, sekaligus fakta yang benar-benar membuat wawasan kita bertambah.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close