apa itu jailbreak

Apa itu Jailbreak, Manfaat, dan Resikonya

Apa itu Jailbreak, Manfaat, dan Resikonya – Bagi teman-teman yang menggunakan iOS, pasti pernah mendengar kata “jailbreak”. Apa sih sebenarnya jailbreak itu? Banyak yang bilang jika perangkat iOS kita dijailbreak maka akan semakin bagus. Benarkah demikian?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang jailbreak, sebenarnya Apple juga telah menciptakan perangkat iOS yang dilengkapi beberapa fitur keren. Jadi, tidak hanya untuk sekedar SMS-an, telponan, dengerin musik, nonton film, ataupun chatting.

Namun, jika teman-teman termasuk orang yang mempunyai jiwa kreatif dan ingin membuat perangkat iOSnya semakin keren lagi, maka nggak salahnya melakukan jailbreak. Tapi, sebelum melakukan jailbreak, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu jailbreak, manfaat, dan resikonya.

Pengen tahu? Check it Out!!!

Apa itu Jailbreak?

jailbreak
Image by Google Image.

Jailbreak adalah metode yang digunakan untuk mengustomisasi penuh tampilan perangkat iOS. Tidak hanya dari segi tampilan saja, kita juga bisa mendapatkan full akses terhadap sistem iOS.

Tanda bahwa kita telah berhasil men-jailbreak perangkat kita adalah dengan munculnya aplikasi Cydia di Home Screen. Melalui aplikasi Cydia inilah, kita bisa menginstall tweak, themes, atau aplikasi lainnya yang memiliki fitur-fitur keren yang tidak kita dapatkan di iOS bawaan.

Manfaat Jailbreak

Jailbreak tentu sangat berguna bagi kamu yang suka mengutak-atik perangkat iOS. Atau kamu yang suka bosenan dengan tampilan standar iOS dan ingin mengustomisasi penuh tampilan iOS di perangkat kamu.

Jailbreak dapat menambahkan fitur/fungsi baru pada iOS yang tidak didapatkan sebelumnya. Misalnya dengan menggunakan tweak Zephyr, tweak tersebut sangat membantu untuk mengatasi masalah tombol home yang bermasalah dan dapat mengurangi intensitas dalam menggunakan tombol home.

Loading...

Resiko Jailbreak

Jailbreak bisa dibilang jarang menimbulkan kerusakan dari segi hardware, melainkan dari segi software sering kali menimbulkan masalah. Penyebabnya adalah para pengembang tidak mengikuti standar yang diterapkan oleh Apple dalam hal penggunaan memori dan CPU.

Permasalahan yang timbul biasanya berupa performa yang menjadi lambat, baterai lebih boros, reboot tanpa sebab, atau hanya mentok di logo Apple ketika dihidupkan.

Selain itu, melakukan jailbreak berarti membuka celah keamanan dan lebih rentan terhadap peretasan. Oleh karena itu, kamu perlu memikirkan terlebih dahulu matang-matang sebelum melakukan jailbreak.

Pengembang Jailbreak

jailbreak
Image by Google Image.

Saat ini, tim pengembang jailbreak versi publik yang terkenal adalah tim Pangu dan tim TaiG. Untuk mengunduh tools jailbreak yang dibuat oleh tim Pangu, kamu bisa mengunjungi website resminya di en.pangu.io. Sedangkan untuk tim TaiG kamu bisa mengunjungi website resminya di www.taig.com.

Selain dari mereka, ada juga salah satu pengembang yang menjadi sorotan waktu itu adalah Luca Tedesco, karena telah berhasil men-jailbreak iOS 10 di perangkatnya yang disinyalir iPhone 7. Namun, ia tidak membagikan tools jailbreak tersebut secara publik.

Baca juga:

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Powerbank Berkualitas

Akhir Kata

Jadi, perlukah untuk melakukan jailbreak di perangkat kita? It’s up to you guys. Silakan pahami manfaat dan resikonya sebelum melakukan jailbreak. Satu lagi saya lupa menyampaikan bahwa jailbreak juga bisa menghilangkan garansi.

Masih tertarik untuk melakukan jailbreak?

Semoga bermanfaat.



Loading...

Bagikan

Penulis

zakiyfauzi
zakiyfauzi
Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.

Kunjungi: Channel Youtube Saya
zakiyfauzi

Penulis

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.Kunjungi: Channel Youtube Saya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *