Tekno

Apakah Benar Belum Ada Startup Hectocorn di Dunia Ini?

Harusnya Ada!

Ketika acara serah terima jabatan Menteri Kominfo di kantor Kemenkominfo, Jakarta, Rabu (23/10/19). Johnny Plate selaku Menkominfo baru mengatakan bahwasanya Indonesia harus memiliki lebih banyak unicorn dan decacorn. Bahkan, Johnny Plate juga mengharapkan Indonesia bisa memiliki hectocorn.

“Indonesia harus mampu menghasilkan lebih banyak unicorndecacorn. Kalau bisa kita punya startup yang punya skala 100 miliar dolar AS (hectocorn),” ucap Johnny Plate seperti yang dikutip dari CNBC Indonesia.

Baca juga: Menkominfo Baru Ingin RI Punya Hectocorn, Emang Bisa Pak?

Pada pembahasan sebelumnya juga sudah diulas tentang peluang Indonesia untuk memiliki hectocorn. Dan Gojek adalah startup dari tanah air yang paling memungkinkan untuk menyandang status tersebut mengingat posisi Gojek saat ini berada satu tingkat di bawah hectocorn, yaitu decacorn.

Benarkah Belum Ada Startup Hectocorn Saat Ini?

Menurut laporan CB Insight, saat ini hanya ada tiga startup decacorn yang mendekati hectocorn, yaitu Toutiao dari China dengan valuasi sebesar 75 miliar dolar AS, kemudian diikuti Didi Chuxing dari China dengan valuasi sebesar 56 miliar dolar AS, dan JUUL Labs dari Amerika Serikat dengan valuasi sebesar 50 miliar dolar AS.

Lima besar decacorn yang berpeluang menyandang status hectocorn versi CB Insights:

Perusahaan Valuasi
Toutiao (ByteDance) 75 miliar dolar AS
Didi Chuxing 56 miliar dolar AS
JUUL Labs 50 miliar dolar AS
Stripe 35 miliar dolar AS
Airbnb 35 miliar dolar AS

Namun, hasil riset yang sudah dibuat CB Insights ini sedikit berbeda dengan Hurun Report. Menurut Hurun Report, saat ini sudah ada startup yang berhasil mencapai level hectocorn. Adalah Ant Financial yang berhasil mencapai level tersebut di mana Hurun Report mengatakan jika valuasi perusahaan asal China tersebut sudah mencapai 150 miliar dolar AS.

Data Hurun Report:

Perusahaan Valuasi
Ant Financial 150 miliar dolar AS
ByteDance 75 miliar dolar AS
Didi Chuxing 55 miliar dolar AS
Infor 50 miliar dolar AS
JUUL Labs 48 miliar dolar AS

Baca juga: Ini Negara dengan Jumlah Startup Terbanyak di Tahun 2019

Berdasarkan data yang dimiliki Hurun Report, maka dunia saat ini sudah memiliki satu startup hectocorn, yaitu Ant Financial. Ant Financial sendiri adalah perusahaan yang berbasis di Hangzhou, China. Ant Financial didirikan pada tahun 2014. Data yang dibuat Hurun Report adalah data yang lebih sesuai, karena Ant Financial sudah bervaluasi 150 miliar dolar AS sejak tahun 2018.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close