Optimasi BlogTutorial Blog

Apakah Perlu Kita Mengganti Template Blog?Ini Penjelasanya

Apakah beresiko jika kita mengganti template blog? Sebelum menjawab pertanyaan ini, saya sendiri awalnya ragu untuk mengganti template blog saya. Karena kebanyakan asumsi bahwa mengganti template blog itu sangat beresiko, kebanyakan berpendapat bahwa sangat berpengaruh terhadap visitor (pengunjung).

Ada pula yang mengatakan akan berdampak pada membengkaknya alexa rank, lebih lucu lagi ada yang bilang akan membingungkan mesin pencari, dan lain sebagainya.

Kembali ke pertanyaan semula,

Apakah dampak buruk jika kita mengganti template blog? Saya belum jawab, kita lanjutkan ke asumsi tadi.

Sebenarnya kan hanya asumsi atau memang ada yang pernah mengalami? Sehingga ada juga seorang blogger bersikukuh tidak akan mengganti template blognya, walaupun dalam hati sebenarnya sangat “ngiler” melihat tampilan template yang lebih bagus.

Baiklah, saya coba mengurai sebuah pertanyaan yang banyak dilontarkan bagi para blogger, beberapa alasan untuk tidak mengganti template blog, mungkin karena sebagian blogger sudah manteb dengan pilihannya.

Ada sebagian yang mengganggap bahwa sudah sehati dengan template blog yang sekarang dipakai, atau tidak mau direpotkan dengan urusan pembenahan ini itu pada template baru. Atau memang takut dengan resiko mengganti template seperti yang saya sebutkan diatas.

Ini sebenarnya yang harus dirubah, dari hanya sekedar asumsi atau “kata orang orang sih“. Mengganti template blog menjadi hal yang sangat menakutkan, bahkan bisa di bilang “tabu“, sampai-sampai rela mempertahankan template lamanya.

Loading...

Sekarang yang menjadi pertanyaan lagi Apa sebenarnya alasan utama untuk memutuskan megganti template blog? (apakah karena mengganti template blogspot itu mudah)

Ya benar, apa dulu alasanya mengganti template blog? Apakah “ngiler” dengan tampilan template keluaran terbaru? Karena template bloggspot sekarang rata-rata banyak yang bagus, keren dan gratis (tentunya sudah responsive).

Ataukah memang ada alasan tertentu? Jika sudah mantab di hati tidak ada  alasan lain, yaitu tetap mempertahankan template yang sekarang. Ini masalah prinsip.

Alasan dan sebab mengganti template blog

Karena bosan dengan tampilan template yang lama, yang dipandang hanya itu itu saja, ingin sesuatu yang baru agar terlihat fresh.

Ini biasanya banyak dilakukan oleh blogger baru, ingin mencoba-coba hal yang baru. Selain itu ingin menemukan “style” yang tepat untuk blognya.

Tergiur dengan template keluaran terbaru, dengan tampilan yang bagus.

Biasanya alasan ini dilontarkan bagi blogger yang kurang puas dengan tampilan template yang lama, kurang mantab dengan tampilan template blog yang sekarang. Atau pengen terlihat keren seperti tampilan blog lainnya.

Karena struktur data dalam template blog yang lama rusak

Di sadari atau tidak, sewaktu menggunkan template yang lama, sebagian blogger jarang melakukan tes terhadap template yang ingin di pakai atau hasil download. Bisa jadi struktur data template itu rusak dari awalnya, atau bisa pula rusak karena kesalahan edit html template sewaktu di otak atik. Karena template bukan buatan sendiri.

Loading blog lambat

Template adalah akar dari cepat atau lambatnya suatu blog, penyebab lambatnya sutu blog bisa dikarenakan struktur kode html seperti javascript atau css yang berlebihan pada template tersebut.

Sebenarnya hal ini bisa dilakukan dengan mengedit template, atau mengurangi penggunaan javascript. Karena keterbatasan kemampuan dalam mengedit template, maka mengganti template blog menjadi salah satu pilihan.

Perubahan algoritma google

Ini yang sekarang mejadi alasan mengapa banyak sekali para blogger mengganti template blognya, alasannya cukup jelas karena tuntutan dari pihak google sendiri,bahwa algoritma google terbaru “mobilegeddon” mengharuskan kepada para  blogger untuk menggunakan template yang ramah kepada pengguna ponsel.

Mau tidak mau para blogger harus menggunakan template blog yang responsive, atau akan kehilangan sebagian besar pengunjung yang sebagian berasal dari pengguna ponsel. Maka dari itu banyak para blogger beramai-ramai mengganti template blognya.Cek juga template anda apakah sudah mobile friendly.

Pastikan anda benar-benar tahu cara memilih template blog, sebab template merupakan pondasi yang paling penting untuk masa depan blog anda sendiri. Pernah ada webmaster yang mengatakan, bahwa template blog  yang menentukan apakah blog anda bakalan populer atau tidak di mesin pencari (google).

selain artikel artikel anda yang tentunya memenuhi standar artikel yang berkualitas. Template yang bagus belum tentu baik dan benar.

“Saya sarankan ada baiknya anda membaca artikel ini terlebih dahulu ”
 Cara memilih template blog yang baik dan benar.

Cara aman mengganti template blog

  1. Backup template anda terlebih dahulu, ini penting untuk berjaga-jaga semisal terjadi hal yang tidak di inginkan, anda bisa mengembalikan template ke posisi semula.
  2. Salin semua kode penting di template blog anda yang lama, seperti metatag, kode verifikasi (google, bing, yahoo, yandex, alexa, norton dan lainnya)
  3. Salin juga kode id google plus, id facebook (funpage), twiter, pinterest
  4. Simpan kode html widget yang di anggap penting,seperti widget histats, alexa atau widget lain yang sekiranya vital bagi blog anda, setelah mengganti template baru ,anda tidak perlu lagi membuat kode wigdget tersebut.
  5. Setelah di simpan,hapus semua widget template blog yang ada, baik yang di sidebar ataupun bagian bawah (footer)

Setelah langkah di atas selesai semua, baru anda upload template blog yang baru. Jangan lupa gunakan preview untuk melihat hasilnya terlebih dahulu. Anda bisa menempatkan semua kode yang telah anda copy dan simpan dalam template yang baru.

Menjawab pertanyaan di atas tadi, jawabannya adalah tidak menjadi masalah jika mengganti template dilakukan secara baik dan benar, setelah semuanya selesai.

Jangan lupa untuk submit ulang (Resubmit) blog di google webmaster tools. Tujuannya adalah memberikan peta situs baru untuk template baru blog anda, agar robot google dengan segera bisa membaca (crawl) template anda tersebut.

Pengalaman saya sendiri, setelah mengganti template blog baru dengan struktur html yang benar dan bagus, justru lebih bertambah /meningkat trafik pengunjungnya. Jadi buang jauh asumsi jika mengganti template blog, maka trafik pengunjung akan menurun drastis.



Loading...

Baca selengkapnya

ganisebastian

Menulis dari berbagai pengalaman pribadi dan bisa dipertanggung jawabkan, jika bermanfaat bagi Anda silahkan share.

Artikel terkait

12 Comments

  1. Template gratis yg bnyk tersebar di google(bkn tmplate gratis bawaan blogspot) itu bagus gak ya mas?
    Trimakasih

  2. mas mau tanya jika blog kita sudah keterima adsense apkah harus di copy lagi kode yang di bawah head nya ? atau harus mengajukan ulang adsense nya ?

  3. Jujur saya juga berasumsi bahwa mengganti template blog berdampak buruk bagi pengunjung blog, itu yang menjadi alasan saya hingga mampir web ini, tapi membaca artikel diatas, pikiran saya baru terbuka, dan niat saya untuk update template baru jadi lebih mantap. Terima kasih pak Bastian atas informasinya. semoga blog ini semakin ramai.

  4. Mas Gani, saya mau mengganti template responsif saya, karena yg lama rusak (saya utak – atik edit HTML) shg ada kode yg terhapus. Template lama sudah saya atur webmaster toolsnya ( target country, sitemaps, fetch as Google, dll)… juga tag tittle, meta description dan alt tittle…apakah setelah template baru terpasang saya harus mengatur lagi webmaster toolnya? Saya sangat membutuhkan pencerahannya, Mas! Terima kasih sebelumnya…

    1. Ya, mas Agus..kode verifikasi google webmaster dipasang lagi untuk template baru, termasuk tag tittle, meta description.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *