31 Aplikasi Android Boros Baterai, Kuota Internet dan Memori serta Cara Mengetahuinya

Aplikasi Android Boros Baterai, Kuota internet dan Memori ~Ponsel sudah menjadi barang yang dimiliki oleh hampir semua orang. Ponsel yang awalnya sebagai media komunikasi jarak jauh, sekarang berkembang dengan berbagai fungsi untuk keperluan manusia. Mulai dari komunikasi, media sosial, hiburan, informasi dan manajer kegiatan.

Platform Android sebagai platform sistem operasi (OS) terbesar di dunia menjadi platform favorit yang digunakan oleh banyak vendor smartphone. Untuk mendukung fungsinya, smartphone memerlukan aplikasi-aplikasi tambahan. Aplikasi bisa didownload di google play store baik secara gratis maupun berbayar.

Aplikasi-aplikasi yang bisa di pasang di smartphone android tentu saja memiliki spesifikasi sendiri-sendiri. Namun dari sekian banyak aplikasi yang mungkin kita butuhkan ternyata ada aplikasi android boros baterai, kuota internet dan memori smartphone.

Aplikasi android boros baterai ini bisa membuat baterai cepat drop dan tidak bisa bertahan lama lagi. Aplikasi android boros kuota bisa diakali dengan penggunaan wifi, karena beberapa aplikasi menuntut penggunaan kuota internet yang sangat besar.

Sedangkan aplikasi android boros memori adalah yan menggunakan memori RAM maupun memori hardisk yang membuat smartphone berjalan lebih lambat.

Aplikasi Android Boros Baterai, Kuota dan Memori Kategori Media Sosial

  1. Aplikasi Youtube

Aplikasi Youtube merupakan aplikasi buatan Google.inc yang memudahkan pengguna smartphone untuk menonton video-video di Youtube. Dengan menggunakan aplikasi youtube, maka kita dapat menyimpan video untuk ditonton lagi bahkan ketika dalam kondisi offline.

Aplikasi youtube memang tidak berukuran besar. Namun Youtube adalah aplikasi yang sangat boros kuota yaitu 64,64% dibanding aplikasi lain. Disamping itu, streaming di youtube akan membuat layar terus menyala dan menguras baterai smartphone.

Salah satu cara mengakali agar tetap bisa menonton video youtube adalah dengan menggunakan fitur tonton nanti saat mendapatkan koneksi wifi.

  1. Aplikasi Instagram

Instagram terus mengembangkan fitur yang ada pada aplikasinya. Dari yang hanya sebatas berbagi gambar, hingga akhirnya bisa untuk berbagi video bahkan live streaming. Dengan bertambahnya kemampuan aplikasi instagram ini, tidak dapat dipungkiri ukurannya semakin menguras memori.

Selain itu, aplikasi ini adalah tempat untuk berbagi foto dan video, sehingga membutuhkan kuota yang banyak untuk bisa melihat setiap postingan di instagram. Oleh karena itulah aplikasi instagram masuk dalam daftar aplikasi android boros kuota internet.

  1. Aplikasi Facebook

Facebook merupakan media sosial dengan pengguna terbanyak. Pengguna facebook dari umur remaja hingga orang tua, dari golongan rendah hingga golongan atas. Facebook menjadi media sosial yang bisa digunakan untuk berbagi curahan hati, berkenalan dengan teman baru maupun untuk urusan bisnis.

Aplikasi facebook menjadi salah satu aplikasi boros baterai, kuota dan memori. Bagaimana tidak, ukuran download aplikasi ini saja hingga 67MB, belum termasuk data aplikasi yang cukup besar. Dari segi kuota, aplikasi yang sudah di download lebih dari satu miliar kali ini sering mengirimkan notifikasi sehingga akan cukup menguras kuota internet.

  1. Facebook Messenger

Facebook messenger adalah aplikasi yang juga dimiliki oleh perusahaan facebook. Facebook messenger merupakan aplikasi chating yang terintegrasi dengan akun facebook. Bahkan pada beberapa kasus aplikasi facebook tidak dapat digunakan untuk chat apabila tidak memiliki aplikasi facebook messenger.

Aplikasi facebook messenger memang tidak terlalu boros baterai, kuota maupun memori. Namun apabila sering digunakan untuk melakukan panggilan video tentu akan dengan cepat menyedot kuota internet.

  1. Twitter

Twitter pernah menjadi media sosial yang sangat populer dan bersaing dengan Facebook. Namun pesonanya menjadi cukup redup semenjak instagram diambil alih facebook dan sangat melejit. Meskipun begitu, twitter masih banyak digunakan oleh para pejabat tinggi negara untuk menyampaikan uneg unegnya.

  1. Path

Aplikasi Path adalah aplikasi untuk membagikan moment yang sedang terjadi. Aplikasi ini bahkan bisa membagikan momen secara otomatis ketika kita bangun tidur, pergi pada jarak yang cukup jauh dan momen momen lain. Kita juga bisa membagikan sekedar quote, lokasi bahkan untuk berbagi foto momen yang sedang terjadi.

Aplikasi path selalu online dan menggunakan kuota meskipun tidak dalam kondisi digunakan. Hal ini membuat path menjadi aplikasi boros baterai dan juga kuota internet.

  1. Snapchat

Aplikasi berbagi video yang pernah populer adalah snapchat. Dimana kita bisa mengikuti kegiatan orang orang yang kita follow melalui video video yang dibagikannya. Namun kepopuleran snapchat seakan tersaingi oleh aplikasi instagram yang mengadopsi gaya snapchat tetapi instagram memiliki paket yang lebih lengkap.

Karena di aplikasi snapchat ini kita harus menonton video, maka aplikasi ini sangat menguras baterai, baik untuk mendownload maupun mengupload video.

  1. Blackberry Messenger

Blackberry messenger atau BBM adalah media komunikasi yang mulai diterbitkan bersamaan dengan diluncurkannya ponsel blackberry. Ponsel ini memiliki media komunikasi yang sangat khas dan hanya yang memiliki pin BBM yang bisa saling berkomunikasi.

Pada perkembangannya BBM dirilis untuk smartphone secara umum. Namun fitur-fitur yang ditawarkannya membuat aplikasi ini berukuran cukup besar dan menguras memori.

  1. Line

Aplikasi line sebenarnya adalah aplikasi untuk chating atau mengirimkan pesan teks dan juga berbagi cerita singkat. Namun seiring dengan perkebangannya, line juga bisa digunakan untuk video call atau panggilan dengan video yang kualitasnya cukup bagus. Tentu saja membuat aplikasi line menjadi aplikasi android boros baterai.

Bahkan sekarang aplikasi line juga berkembang menjadi aplikasi berita. Dimana line memiliki akun resmi bernama Line Today yang berisi judul judul berita yang diupdate setiap hari. Berita yang disajikan cukup menarik sehingga cukup bermanfaat untuk pengguna line.

  1. Bigo

Aplikasi bigo masuk pula dalam media sosial yang boros baterai dan kuota. Bagaimana tidak, di aplikasi bigo kita bisa live streaming kegiatan yang sedang kita lakukan. Hal ini membuat kuota internet yang kita miliki akan segera tersedot dan baterai akan segera habis. Borosnya kuota internet bisa diakali dengan menggunakan wifi, tetapi tentu saja untuk baterai akan tetap boros.

Aplikasi Android Kategori Game

aplikasi android boros baterai

  1. Pokemon Go

Pokemon Go sempat menjadi trending game pada tahun 2016. Game yang melahirkan kembali film kartun pada masa lampau itu mendadak menjadi permainan yang booming. Walupun akhir-akhir ini popularitas Pokemon Go meredup dan mulai ditinggalkan penggunanya.

Pokemon Go adalah permainan berbasis lokasi sehingga terhubung dengan Map ditambah dengan koneksi kamera. Dengan kedua koneksinya ini membuat game Pokemon Go adalah aplikasi android yang sangat boros baterai maupun kuota.

  1. Solitaire

Game solitaire sebenarnya adalah game bawaan pada perangkat komputer dengan OS windows. Namun game solitaire juga tersedia di perangkat android. Game ini dipercaya memiliki tingkat keborosan data yang sangat tinggi.

  1. Plant vs zombie

Plant vs zombie adalah game yang sudah ada sejak lama. Game ini terus berkembang dengan berbagai macam tampilan game. Meskipun begitu, cara memainkan game ini masih sama sejak dulu. Hanya saja ada perbedaan tingkat kesulitan dalam memainkan setiap levelnya. Pada berbagai forum android, Plant vs Zombie dianggap sebagai aplikasi android boros baterai, kuota dan memori.

  1. Clashroyale

Clash royale merupakan game berperang satu lawan satu. Permainan dari game ini sangat simple dan setiap sesi peperangan berlangsung sangat cepat. Permainan ini membutuhkan koneksi internet karena bersifat real time. Game clash royale sangat sulit dimainkan apabila dalam kondisi sinyal internet lemah.

Clashroyale masuk dalam kategori aplikasi android boros baterai meskipun tidak terlalu boros kuota internet. Selain itu ukuran game ini cukup besar dan menguras memori serta RAM.

  1. Clash Of Clans (COC)

Clash of clans merupakan game dari publisher yang sama dengan clash royale. Bahkan kedua game ini sama sama berperang satu lawan satu. Perbedaannya adalah clash of clans menyerang pemain lain yang justru sedang offline dan mengambil harta yang tersimpan.

Namun update terbaru clash of clans, permainan bisa melawan desa yang offline maupun online. Hal ini semakin membuat ukuran aplikasi COC lebih besar dibanding sebelumnya.

  1. Hay Day

Hayday merupakan game bertani dan beternak bersifat real time dan memerlukan koneksi internet. Uang atau poin didapatkan dari menjual hasil panen. Bagi yang terlanjur kecanduan game ini akan menyebabkan boros baterai dan boros waktu tentu saja . Karena game ini berbasis internet sehingga membuhkan baterai yang cukup banyak.

  1. Angry Birds

Game angry birds pernah menjadi game yang populer baik daikalangan anak anak maupun orang dewasa. Namun sekarang game ini sudah mulai ditinggalkan. Game angry bird memiliki banyak tingkatan dan setiap kali update selalu bertambah tingkatan sehingga ukuran aplikasi ini menjadi semakin besar dan memakan porsi memori yang cukup banyak..

  1. Candy Crush Saga

Candy crush saga adalah permainan yang sangat simple untuk dimainkan. Namun game ini memiliki tantangan tersendiri dalam menyelesaikan setiap stepnya. Game ini juga memiliki tingkatan tingkatan yang mana level tinggi hanya bisa dibuka apabila level sebelumnya sudah terselesaikan. Game ini juga terkoneksi dengan media sosial facebook yang memperlihatkan peringkat kita dibanding teman facebook kita.

  1. Candy Crush Soda Saga

Aplikasi ini mirip dengan candy crush saga, hanya saja memiliki tampilan yang berbeda. Candy crush soda saga ini memiliki ukuran yang cukup besar dan menguras RAM ketika dijalankan. Selain itu permainan ini juga cukup menguras baterai.

  1. Subway Suffer

Game ini adalah game petualangan untuk mengumpulkan point yang ada disepanjang lintasan yang dilalui. Game subway suffer memiliki tampilan yang sangat bagus dan berwarna cerah. Game ini memiliki penggunaan kuotainternet yang cukup boros.

Aplikasi Android Boros Baterai, Kuota dan Memori yang Banyak Digunakan

aplikasi android boros baterai

  1. Spotify

Spotify adalah layanan streaming musik digital yang memberi akses ke jutaan lagu, podcast dan video dari artis di seluruh dunia. Untuk dapat menggunakan spotify cukup dengan mendaftar menggunakan email.

Spotify tersedia juga paket premium dimana pengguna mendapat akses yang lebih luas lagi. Basis dari penggunaan aplikasi ini adalah jaringan internet. Sehingga sebaiknya memiliki akses internet yang lumayan banyak, karena aplikasi ini boros kuota internet.

  1. Netflix

Netflix adalah aplikasi yang memberikan layanan untuk bisa menonton tayangan kesukaan dimanapun, kapanpun dan menggunakan media apa saja. Media yang digunakan bisa ponsel, smart tv, tablet, komputer dan laptop. Untuk bisa menggunakan netflix harus melakukan pembayaran.

Selain itu untuk menonton harus menggunakan jaringan internet, sehingga sebaiknya memiliki akses internet tak terbatas. Karena aplikasi ini seperti youtube berbayar.

Baca :Bagaimana Cara Daftar Netflix Dan Berlangganan?

  1. Google Photos

Meskipun google photos sebenarnya berguna untuk mengelola galery foto di ponsel, tetapi google photos dapat dimasukkan dalam kategori aplikasi android boros kuota. Bagaimana tidak, secara berkala google photos akan melakukan back up gambar ke google drive.

Untuk mengunggah haleri foto ke google drive tentu saja akan membutuhkan waktu lama dan kuota unternet yang sangat banyak, terutama pada saat pertama kali.

  1. Google Play Store

Google play store merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk mencari aplikasi aplikasi lain.  Ponsel andoid secara defaukt sudah akan terinstal aplikasi google play store. Nah untuk bisa mendapatkan aplikasi aplikasi baru maka harus mendownload dari google play store.

Boros atu tidaknya kuota internet yang digunakan tergantu  dari ukuran aplikasi yang kita download. Selain itu, secara berkala akan terdapat update dari aplikasi yang sudah terpasang. Hal ini semakin menambah tingkat keborosan kuota dan memori dari aplikasi google play store.

  1. Google Map

Google map sangat membantu dalam mencari lokasi suatu tempat. Hal ini didukung oleh database google map yang sudah memetakan hampir seluruh jalan di dunia. Bukan hanya jalan besar, tetapi termasuk jalan-jalan kecil desa pun sudah masuk dalam akses google map. Termasuk nama-nama tempat di sepanjang jalan hampir semuanya sudah bisa di akses.

Google map memberikan layanan untuk menjadi pemandu jalan dari lokasi awal hingga ke tujuan. Namun layanan ini berbasis internet dan GPS, sehingga akan sangat boros baterai apabila wilayah yang diakses memiliki sinyal internet yang tidak terlalu bagus.

  1. Widget Cuaca

Banyak yang mempertanyakan di forus forum android apakah widget bisa menyebabkan boros baterai android. Sebenarnya widget tidak terlalu boros baterai. Namun update dan notifikasi yang terlalu sering pada beberapa widget menyebabkan baterai juga digunakan cukup banyak oleh widget.

  1. 9 GAG

Aplikasi 9 GAG adalah aplikasi yang sangat boros baterai dan kuota. Apabila ingin baterai, kuota bahkan memori anda ingin irit, jangan gunakan aplikasi 9 GAG. Aplikasi yang menyuguhkan lelucon lelucon ini bisa membuat anda ketagihan dan selalu ingin membukanya.

Jadi, sebenarnya aplikasi ini tidak terlalu boros. Hanya saja kalau terllau sering dibuka, akan menjadi penghabis baterai dan kuota internet. Silahkan dicoba saja kalau tidak percaya .

  1. iFunny

Hampir sama dengan 9 GAG, aplikasi iFunny juga merupakan aplikasi android boros baterai dan kuota internet. Bukan karena aplikasi ini membutuhkan daya yang besar serta internet yang sangat deras. Namun faktor menariknya aplikasi ini menjadi penyebab utama para penggunanya untuk sering membuka dan mecari hiburan di aplikasi iFunny.

  1. Google Chrome

Google chrome adalah aplikasi browser yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone. Kecepatannya yang cukup tinggi dengan dua tampilan yaitu mobile dan desktop sangat memudahkan pengguna. Namun google chrome ini menjadi salah satu aplikasi yang cukup boros kuota internet.

Baca : 2 Cara Jitu Menghemat Kuota Internet di Android

  1. DU Battery Saver

Nama aplikasinya adalah penghemat baterai, tetapi sayangnya aplikasi ini justru menjadi aplikasi android boros baterai. Bagaimana tidak, sejak smartphone dihidupkan saja, aplikasi ini sudah langsung aktif dan akan aktif sepanjang smartphone dalam kondisi hidup.

Baca : Cara Menghemat Baterai Smartphone dan Mengatasi Masalah Penyebab Kerusakan Baterai

  1. Superbright LED

LED atau flash ini adalah aplikasi yang berfungsi untuk menghidupkan flash kamera. Fungsi dari aplikasi ini adalah sebagai pencahayaan darurat ketika tidak ada sumber penerang lain misalnya senter. Karena aplikasi ini untuk menghidupkan LED maka akan terjadi pemborosan baterai yang sangat tinggi.

Cara mengetahui aplikasi android boros baterai, kuota dan memori

aplikasi android boros baterai

Cara mengetahui apakah aplikasi android boros baterai, kuota internet dan memori atau tidak sebenarnya sangatlah mudah. Untuk mengetahuinya bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan melihat pada website dan melihat penggunaan realnya pada smartphone.

Website yang menyediakan layanan untuk memeriksa penggunaan baterai, kuota internet dan memori smartphone adalah  appquest.ioDi website ini bisa dilihat seberapa besar penggunaan baterai, kuota dan memori setiap hari bahkan dibandingkan dengan yang lain.

Sedangkan untuk mengetahui melalui smartphone bisa dengan langkah-langkah berikut.

  1. Mengetahui aplikasi android boros baterai

Masuk ke pengaturan kemudian ke bagian opsi baterai. Disini bisa dilihat presentasi penggunaan baterai untuk apa saja.

  1. Mengetahui aplikasi android boros kuota

Masuk ke pengaturan kemudian ke bagian opsi penggunaan data. Disini bisa dilihat berapa banyak kuota yang dihabiskan oleh masing masing aplikasi. Termasuk penggunaan data latar dean maupun latar belakang.

  1. Mengetahui aplikasi android boros memori

Memori yang digunakan oleh aplikasi dibagi menjadi dua, yaitu memori hardisk untuk penyimpanan dan memori RAM untuk proses yang sedang dijalankan.

Untuk mengetahui ukuran memori, masuk ke pengaturan kemudian ke bagian opsi ‘apl’. Disini akan ditampilkan ukuran dari masing-masing aplikasi yang terpasang. Untuk mengetahui jumlah RAM yang digunakan oleh aplikasi cukup geser ke kanan dari daftar aplikasi tadi. Cek pada bagian ‘Menjalankan’ maka bisa dilihat jumlah RAM yang digunakan oleb aplikasi.

Itulah daftar 31 Aplikasi Android boros baterai, kuota dan memori serta cara mengetahuinya. Agar smartphone android hemat baterai, kuota internet dan memori, maka sebaiknya memasang aplikasi yang sering digunakan saja serta menggunakannya dengan bijak.

Related Posts

About The Author

Add Comment