Tekno

Aplikasi Android Floor Plan Creator Untuk Belajar Desain Rumah Sendiri

Aplikasi android Floor Plan Creator- Memiliki rumah merupakan idaman bagi semua orang. Termasuk Anda yang sudah ataupun baru mulai berumah tangga. Tak heran, jika banyak pengembang beramai-ramai menawarkan produk rumah hunian yang menarik. Mulai dari harga hingga fitur internal maupun eksternal rumah yang menggoda.

Lantas, rumah idaman seperti apa yang membuat Anda tertarik? Desain rumah yang bagaimana yang Anda inginkan?. Tak ada salahnya jika Anda untuk membuat sendiri desain rumah Anda dan inilah cara, yaitu dengan belajar desain rumah sendiri dengan aplikasi Android. Nama aplikasinya Floor Plan Creator, Anda bisa mengunduhnya di Google Play.

Aplikasi Android Floor Plan Creator Desain Rumah Jadi Mudah Tanpa Arsitek

Aplikasi android floor plan creator

User Interface

Tak banyak yang bisa dikulik dari user interfacenya. Hanya saja ada hal yang menarik disini, suguhan demo plan sudah langsung tersedia begitu Anda memasuki halaman home aplikasi ini. Kemudian disisi pojok kanan atas, Anda bisa temukan tanda (+) dan juga tanda kaca pembesar.

Tanda “+” atau plus bisa Anda gunakan untuk membuat projek baru, sedang tanda kaca pembesar, bisa Anda gunakan untuk mencari projek lama yang sudah pernah Anda buat. Tanda kaca pembesar ini hanya bisa digunakan jika anda sudah membuat projek sebelumnya, Berbeda dengan search engine yang ada pada beberapa aplikasi yang terhubung dengan internet untuk mencari berbagai jenis file.

Di sisi pojok kiri atas Aplikasi android floor plan creator, terdapat tiga tanda bai dalamnya berisi menuĀ  yang mewakili menu bar. Di dalamnya berisi menu sederhana yang meliputi fitur searching, settings, kemudian export background, Use Coupon, help, dan juga about. Selebihnya tak ada lagi yang istimewa.

Merujuk ke tampilan projek ketika Anda menekan tanda +, Anda akan dengan cepat dibawa ke lembar kerja dari aplikasi ini. Di dalamnya terdapat satu buah layer kerja, berikut dengandengan berbagai macam fitur pengolah gambar serta plug in penunjang arsitektur yang Anda inginkan. Setelah masuk ke lembar kerja, interface yang disuguhkan cukup unik dan menarik. Sepintas mirip dengan apa yang dimiliki dengan software AutoCAD, namun ini lebih ke versi mobile. Jadi lebih banyak yang diminimalisir tampilan dan fiturnya.

Kinerja

Aplikasi ini hanya memerlukan ruang penyimpanan 14 MB, ketika Anda mendownload pertama kali, penggunaanya cukup ringan. Hal ini dipengaruhi dengan kesederhanaan user interface yang dimiliki. Penggunaan tools cukup mudah, tinggal drag and drop, serta sedikit pengaturan rotasi juga skala.

Aplikasi ini membantu Anda untuk lebih mudah dalam mendesainrumah sekaligus ruang kamar idaman yang Anda inginkan. Proses saat melakukan pekerjaan pun tidak terlalu berat seperti Anda menggunakan aplikasi editing foto yang terkadang terdapat lag. Bahkan dalam desain membuat ruang, tak banyak data penyimpanan yang termakan oleh pengolahan aplikasi ini. Masih berada dikisaran 400 KB hingga 1 MB, dan ini termasuk ringan.

Fitur Aplikasi Android Floor Plan Creator

Berbicara tentang fitur, sedikit kaget mungkin Anda akan rasakan ketika mencoba untuk melakukan screen shot tapi tidak bisa. Di dalamnya terdapat kotak peringatan yang menandakan tidak bisa melakukan screen shoot. Meski demikian, fitur yang disuguhkan aplikasi ini cukup beragam. Sayangnya, sebagian besar fitur ini bisa digunakan hanya dalam versinya yang berbayar.

Tapi tenang saja, meskipun demikian, hasil kerja yang Anda buat masih bisa tersimpan secara otomatis di halaman beranda aplikasi ini tepat di atas demo plan. Dalam versi berbayar Anda bisa memanfaatkan fitur penyimpanan cloud yang aplikasi sediakan.

Mengangkat sebuah software yang cukup berat ke dalam aplikasi ke dalam aplikasi yang ringanĀ  merupakan inovasi aplikasi ini. Apalagi aplikasi ini berbasis desain arsitek. Pengembang cukup berhasil diluar banyaknya fitur yang baru aktif jika melakukan pembayaran. Selain itu, aplikasi ini mengusung desain 2D yang menarik, meskipun biasanya model software desain sudah menerapkan sistem 3D di dalam pengolahannya.

Pengembangan yang terus berlanjut, juga menjadikan aplikasi ini terus mengalami kemajuan dalam segi plug in. Namun, pembatasan-pembatasan fiturnya yang diterapkan oleh aplikasi ini dalam versi gratisnya, rasanya sangat tidak wajar dan cukup mengganggu pengguna.

Daya saing aplikasi ini dengan aplikasi lain yang serupa bahwa floor plan creator memiliki kinerja yang sangat ramah, selain itu penggunaannya yang simpel dan mudah juga membuatnya sedikit berbeda dengan aplikasi yang lainnya.

Meskipun begitu, untuk para pemula, aplikasi ini sangat membantu mereka dalam belajar dan menciptakan kreasi untuk desain rumah masa depan mereka. Untuk urusan versi, Aplikasi milik Marcin Lewandowski ini cukup intens melakukan update, terlihat versi terbaru mereka hadir pada awal november dalam versi 2.8.3.

Cara Membuat Desain Rumah Dengan Aplikasi android floor plan creator

Ada beberapa tahap untuk mendesain rumah idaman Anda, yaitu:

  • Buka aplikasi Aplikasi floor plan creator.
  • Di beranda utama Anda akan melihat demo plan, abaikan dengan klik tanda + di pojok kanan atas.
  • Setelah masuk halaman kerja, pilih mode plug ini yang Anda inginkan, sebagai saran lebih banyak menggunakan model square untuk desain dasar.
  • Jika Anda pengguna versi baru, Anda bisa menggunakan tanda tiga bar di atas plug in model. Disana Anda akan menemukan plug in lain seperti model kamar, dapur ataupun kamar mandi. Jika Anda pengguna versi lawas, Anda bisa menggunakan fitur Add di pojok kanan bawah.
  • Susun masing-masing plug ini sesuai dengan keinginan Anda, lakukan kreatifitas.
  • Penentuan tinggi ruangan cukup penting, Anda juga bisa mengaturnya jika Anda menginginkan model rumah bertingkat.
  • Perhatikan luas bangunan.
  • lakukan untuk model yang lain hingga tercipta rumah idaman Anda, perhatikan penataannya.

Fakta aplikasi ini, yaitu bahwa aplikasi ini hanya ada di platform Android, dan fitur-fitur pentingnya dengan versi berbayar. Anda ingin membuat rumah dengan kreasi desain rumah sendiri, aplikasi android floor plan creator bisa Anda coba.


Loading...
Baca selengkapnya

Bercita-cita menjadi penyebar warta dan penebar informasi bermanfaat bagi sesama, asal dari batang, jateng. Menjadi penulis adalah impian sekaligus sebagai hobi, salam kenal

Artikel terkait

One Comment

  1. Tulisannya mindahin dari tabloid sinyal ya? kok gak dicantumin sumbernya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close