menyetel gitar

Aplikasi Android untuk Menyetel Gitar dengan Mudah

Halo sobat klik mania. Kalian suka main gitar tapi nggak bisa menyetel gitar? Tenang saja. karena postingan kali ini akan memberikan kalian bantuan dalam mengatur gitar kalian. Caranya sangat mudah.

Saya jamin setelah membaca ini kalian pasti bisa lah. Nggak perlu sampai berguru ke gunung fuji. Cukup dengan duduk manis di rumah sambil mantengin klik mania. Oke langsung saja kita cus ke TKP.

Gitar itu apa?

Jelas kalian sudah tahu apa itu gitar – Bahkan bocah kelas 1 SD bahkan TK (taman kanak kanak) juga tahu apa itu gitar. Gitar itu alat musik. Kalo yang penyanyi itu gitar gutawa. Eh Gita Gutawa maksudnya.

Sebelum masuk kedalam gitarnya kita akan membahas sejarahnya dulu nih. Kenapa harus membahas sejarahnya? Karena sejarah itu penting. Kecuali mantan. Itu juga penting sih. Karena mantan adalah orang yang dulu berjasa. Sebelas duabelas sama pahlawan.

Ini bedanya klik mania dengan web lain. Disini kita membahas dengan sejarah jadi kalian harus tahu asal mulanya dulu.

Karena jika kalian ditanya mengenai gitar. Pasti saya yakin kalian semua pada tahu lah apa itu gitar. Pasti pada jawab alat musik yang dipetik, yang tengahnya bolong dan bersenar. Ya kali.

Kalo sundel bolong saya pasangin senar juga nanti dikatain gitar. Cuma yang beda hanya suaranya dan kuncinya. Ya kali sundel bolong di petik. Yang ada malah kabur duluan sebelum dimainin.

Loading...

Jenis gitar

Sebelum menyetel gitar, Kita akan membahas sejarah gitar dengan sangat ringan, lebih ringan dari bulu, lah udah langsung saja. seperti yang saya ketahui gitar itu ada dua jenis. Simplenya dua jenis ada gitar akustik ada gitar listrik (electric)

Dimana gitar akustik ini adalah gitar yang dipakai buat akustik. Ya kali buat mancing mas. Jadi gitar ini biasa disebut dengan gitar bolong. Untuk senarnya biasa ada yang pakai senar model besi ada juga yang model classic atau nylon.

Dimana nylon itu lebih lembut men. Tanpa pelembut. Jadi saya sarankan jika kalian baru belajar gitar. Belinya gitar yang senarnya nylon ya. Karena jika kalian pakai senar besi kasihan. Sakit coy. Namun keuntungannya kulit keras yang ada di jari kalian akan semangkin cepat tumbuh.

Kulit keras ini berguna untuk kalian memetik. Sehingga tangan kalian tidak terlalu sakit. Ya maksud saya jari kalian. Karena jika tidak ada kulit keras mungkin jari kalian sakit banget. Tapi dalam proses tumbuhnya biasanya kalian akan mengalami sedikit keanehan dalam jari kalian.

Sejarah gitar

Menyetel Gitar

Jadi nama gitar ini tidak sembarangan jatuh dari langit sob. Ya jadi nama ini adalah gitar atau bahasa bule atau baratnya adalah guitar. Sering kan kalian main di PS 2 namanya guitar hero? Atau di internet ada yang namanya guitar flash. Nah seru tuh. Lanjut.

Jadi nama gitar ini diambil dari 1500 SM (sebelum masehi) wah lama banget kan? Ada yang sudah lahir pada waktu itu? Jika ada kalian keren. Namun hati hati jika keluar rumah. Bisa bisa kalian ditangkap dan di bawa kedalam museum untuk di pajang. Kan gak asik.

Nama ini dari bahasa persia. Wah jauh ya. Jadi nama gitar itu awalnya adalah citar atau shetar. Seperti kata Shyarini Citar membahana… ya cetar! Jadi kata kata itu berevolusi seiring perkembangan gitar.

Ada juga gitar yang sering di sebut tanbur. Jadi sebenarnya perjalanan karir sang gitar ini panjang sekali teman teman sekalian. Sebelum namanya gitar dia juga sempat berubah nama menjadi guitarra morisca itu waktu bangsa romawi membawa gitar ke spanyol.

Namun ternyata bangsa spanyol ini adalah bangsa yang kreatif dan keren. Setelah kedatangan gitar ini mereka malah membuat alat musik mereka sendiri. Ya konsepnya sih tidak terlalu berbeda dengan gitar.

Namanya  diubah menjadi berbeda. Namanya menjadi vhiuela. Ya itu bahasa spanyol sepertinya. Yang jelas bukan bahasa Thailand. Dari vhiuela ini berkembang terus hingga muncullah model model gitar seperti sekarang ini.

Mengenal aksesoris gitar

Aksesoris gitar ada beberapa jenis. Ada yang putih dan ada yang merah. Setiap hari kusiram semua, lah kok jadi nyanyi. Oke langsung kita bahas. Yang pertama ada.

Strap gitar

Apa itu strap gitar. Strap gitar adalah tali penyangga. Dimana jika kalian memakai strap ini akan mempermudah kalian jika bermain gitar secara berdiri. Jadi strap gitar ini mempunyai nama panggilan tali gitar.

Ini sangat dibutuhkan bagi musisi. Anak band sering menggunakan strap gitar ini. Bahkan abang-abang pengamen yang suka ngamen di penyetan di dekat kampus saya juga memakai strap ini. Bisa dibilang strap ini suka merakyat mungkin dikarnakan harganya yang tidak terlalu mahal.

Kalian juga bisa membuat strap sendiri. Caranya tergantung ke kreatifitas kalian. Jadi strap ini bisa kalian gantung ke gitar kalian. Karena pada umumnya setiap gitar mempunyai skrup dibagian belakang dan depan.

Skrup ini berfungsi untuk mengaitkan strap ini sehingga dapat memudahkan kalian dalam menggantungkan gitar kalian. Bukan menggantungkan gebetan atau pacar kalian. Karena itu sakit. Lah malah baper. Lanjut.

Tapi jangan sedih. Jika gitar kalian tidak mempunyai sekrup buat strap. Kalian tidak perlu membeli paku beton buat membuat skrup secara hand made. Tidak! Karena sekarang sudah ada strap yang dirancang khusus untuk gitar yang tidak ada skrupnya.

Jadi kalian tidak perlu capek cepek ketoko bangunan dan meminta skrup buat dipasang di gitar kalian.

Plektrum

Bahasanya ketinggian yak. Ya ini namanya bahasa musik sob. Memang ribet. Plektrum ini adalah pick. Itu loh yang buat ngejrengg gitar. Jadi pick ini berfungsi biar jari kalian tidak sakit ketika kalian memetik gitar.

Pick ini juga dapat membantu para gitaris ketika melakukan solo atau biasa disebut dengan melod gitar. Sehingga jari atau kuku mereka tidak rusak. Kan sayang udah capek capek perawatan disalon ehh malah rusak pas konser.

Pick ini harganya beragam ada yang mahal. Tapi saya tidak pernah lihat pick yang mahal sih. Biasanya saya beli yang murah murah saya. Yang harganya 5 ribuan atau 2 ribuan. Kadang malah gratis.

Tinggal embat aja di toko gitarnya. Hanya bermodal kejelian dan timing yang pas. Tapi jangan ditiru ya. Karena memang saya tidak pernah begitu.

Pick juga ada beberapa jenis maksud dari jenis ini adalah tekstur. Ada pick yang elastis alias tidak kaku. Saya merupakan pencinta pick elastis karena enak pas ngejrangnya. Pick kaku seringkali merusak senar. Itu sih menurut saya. Tapi semua kembali kepada kenyamanan masing masing pengguna.

Ada juga pick murah. Dimana kalian bisa membuat pick sendiri dengan menggunakan bekas kartu perdana yang digunting dengan pola pick yang kalian suka. Nah itu hemat banget tuh. Kalian juga bisa memakai uang receh biar seperti abang abang pengamen dipenyetan dekat kampus saya.

Capo

Menyetel Gitar

Nada kalian terlalu rendah. Tenang saja. capo solusinya. Dimana capo ini adalah alat buat naikin nada kalian. Harga dari capo ini beragam. Harga kisaran capo sekitar 50 ribuan. Ya memang sedikit mahal sih.

Bayangin 50 ribu jika kalian kepasar terus dijajanin kangkung? Wah pasti dapat banyak kan? Tapi tidak semua lagu membutuhkan capo karena capo tugasnya hanya membantu dalam penaikan nada atau overtune.

Bisa juga sebenarnya memakai cara manual palingan tangan sobat yang cidera karena kunci gantung semua. Jadi beli lah capo untuk membantu kalian dalam menaikkan nada.

Lanjut!

Cara menyetel gitar

Bagaimana cara mengatur gitar? Ini pertanyaan yang sering dilakukan para pemula termasuk saya. Karena saya bukan Sungha Jung yang jago main gitar. Tidak saya masih pemula dalam bermain gitar.

Mungkin sebagian dari kalian belajar otodidak dengan cara listening atau belajar mendengarkan nada. Itu bagus namun rumit. Kalian pasti menghabiskan banyak waktu dalam mempelajarinya.

Jadi cara menyetel gitar yang sangat mudah bagi kalian adalah dengan cara mendownload aplikasi. Yang jelas kalian harus ada hp android. Jaman sekarang saya yakin lah android user sudah menjamur dimana mana.

Kalian tidak perlu hp android dengan spek dewa dengan ram 4 gb tidak! Karena aplikasi ini adalah aplikasi yang sangat ringan. Bahkan saya mendownload aplikasi yang ukurannya tidak sampai 10 MB. Kecil banget kan?

Walaupun kecil aplikasi ini sangat akurat dalam megatur nada. Terbukti nada yang fals jadi rapi dan jernih pastinya.

Jadi kalian tinggak download di playstore nama aplikasi nya dalah g string. “Tuner – gStrings” logonya adalah tuner gitar.

Jadi aplikasi ini akan membantu anda dalam menyetel gitar anda. Karena tidak semua gitar dilengkapi dengan tuner. Ada yang di lengkapi tapi harganya pasti mahal sob. Dan itu pasti menghabiskan uang.

Cara menggunakan aplikasi Tuner – gStrings

Aplikasi Android untuk Menyetel Gitar

Jadi cara menggunakannya gampang sekali sob. Kalian cukup dijilat diputer di celupin. Tidak! Jadi kalian harus punya gitar terlebih dahulu. Jika kalian sudah punya gitar. Kalian harus punya hp android. Terserah mau merk cina atau barat yang penting android.

Sudah? Download aplikasinya di playstore. Saya tidak tahu apakah aplikasi menyetel gitar ini sudah ada di app world atau apple store. Iya kan apple store? Ya pokoknya playstorenya i phone deh. Apapun sebutannya saya yakin kalian paham apa yang dimaksudkan saya.

Jika sudah kalian bisa cek dulu di aplikasi nya. Coba aja ngomong dekat mic di hp kalian. Jika kalian lihat jarum tunernya bergerak berarti kalian sudah masuk dalam mode auto. Ya saya sarankan memakai mode auto.

Karena untuk mode yang satunya lagi saya kurang paham jadi mending jangan di coba tar malah ribet jadinya. Oke! Setelah itu kalian harus pahami susunan tangga nada yang ada di gitar kalian.

Jadi tangga nadanya adalah E, B, G, D, A, E . ini susunan dihitung dari bawah alias senar pertama. Yang bentuknya paling slim. Ya itu E. Nah disini kalian coba bunyikan senar E yang pertama sampai jarum tuner menunjuk ke huruf E.

Jika belum puter terus senarnya sampai benar benar masuk ke huruf E dan jarumnya menunjuk ke garis paling tengah. Karena kalian harus menempatkan jarum pada posisi yang sama agar suaranya jadi harmonis.

Udah mirip sama rumah tangga saja ya pakai harmonis segala. Oh iya satu saran saya kepada kalian jika ingin menggunakan aplikasi ini. Kuncinya adalah keheningan karena akurasi aplikasi ini tergantung pada suara sekitar.

Jika untuk menyetel gitar, disekitar kalian banyak noise jelas kalian tidak akan maksimal dalam mengoperasikan apliaksi yang satu ini. Jadi kuncinya adalah diam dan hening.

Jika sudah kalian dapat melakukan ke tahap selanjutnya. Yaitu ke kunci selanjutnya. Jika sudah semua selamat sekarang kalian sudah bisa menyetel gitar dengan mudah.

Referensi lain: Aplikasi Edit Video untuk Youtubers Pemula

Klik mania will inspire you

Terimakasih sudah membaca semoga postingan ini membantu kalian semua. Sampai jumpa di postingan lain sobat Klik Mania. (R.Jeff)


Loading...

Bagikan

Penulis

Richard Goodboy
Richard Goodboy
Mahasiswa yang hobi menulis 🙂

Find me:
Instagram : Chardsonz

Support saya berkarya di dunia youtube dengan subscribe ke channel saya 🙂
Youtube : Youtube.com/chardsonz
Richard Goodboy

Penulis

Mahasiswa yang hobi menulis :)Find me: Instagram : ChardsonzSupport saya berkarya di dunia youtube dengan subscribe ke channel saya :) Youtube : Youtube.com/chardsonz

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *