Internet

Aplikasi Buatan Pemerintah Khusus Bagi Warga Untuk Lapor dan Bantuan

Tindak kriminal adalah segala sesuatu yang melanggar hukum. Biasanya orang yang dianggap kriminal adalah seorang pencuri, perampok, pembunuh atau teroris. Untuk itu saya akan bahas mengenai aplikasi buatan pemerintah yang dibuat khusus untuk membantu warganya. berikut daftarnya.

Qlue (Jakarta)

aplikasi buatan pemerintah

Qlue merupakan sebuah aplikasi buatan pemerintah yang dibuat khusus untuk warga jakarta guna melaporkan suatu peristiwa yang sedang atau akan terjadi di Jakarta, misalnya seperti banjir, kebakaran, tindak kriminal dan lain-lain.

Lewat Qlue ini, laporan dan keluhan warga akan lebih cepat direspon oleh pemerintah daerah agar ditindak lanjuti. Qlue adalah bagian dari sebuah program Jakarta Smart City yang diresmikan oleh Gubernur Basuki Tjahaja Purnama 15 Desember 2015 lalu.

Selain itu, Qlue ini juga sudah meraih beberapa penghargaan, diantaranya :

  1. 2015 Google Playstore dengan tema “Karya Anak Bangsa” kategori : 4 Applikasi Terbaik di Indonesia
  2. 2015 Google Playstore kategori : Dinominasi sebagai Applikasi Lokal Terbaik
  3. 2015 Free Magazine #2 : Aplikasi Lokal Terbaik
  4. 2016 Top 3 Over The Top (OTT) Nasional ATSI dan Kemenkominfo, dan lainnya.

GAMPIL (Bandung)

aplikasi buatan pemerintah

GAMPIL merupakan singkatan dari Application Gadget Mobile Aplication for License, yaitu aplikasi buatan pemerintah yang disiapkan untuk mempermudah proses perizinan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Dengan Gampil ini, warga Kota Bandung dapat dengan mudah membuka usahanya yang berizin sendiri.

Ridwan Kamil selaku Wali Kota Bandung menuturkan, dengan kehadiran aplikasi GAMPIL ini diharapkan dapat merangsang warganya untuk menumbuhkan bisnis UMKM di Kota Bandung.

Loading...

Pendaftaran aplikasi GAMPIL bisa dilakukan secara online setelah anda mengunduhnya di Google Playstore pada perangkat Android masing-masing.

X-Igent Panic Button

aplikasi-x-igent

Jika kamu amati berita kriminalitas di berbagai media, banyak berita kejahatan bisa terjadi kepada siapa saja dan dimana saja tanpa terduga. Lalu, apa tindakan pertama yang akan anda lakukan jika anda terancam?

Jawabannya ada di X-Igent. X-Igent Panic Button adalah sebuah startup dimana aplikasi ini diminta untuk mencari pertolongan saat seseorang berada dalam bahaya. X-Igent merupakan satu-satunya aplikasi Indigo Incubator 2014 yang sedang dalam proses pengembangan hardware berupa gelang silikon untuk melengkapi aplikasi tersebut.

Cara Kerja

aplikasi-X-gent-2

Berdiri sejak April 2014, X-Igent adalah startup yang membuat aplikasi dengan sebutan “panic button” sehingga anda dapat meminta pertolongan pertama saat berada dalam kondisi berbahaya.

Hanya dengan menekan satu tombol Lingkaran besar seperti yang tertera pada gambar diatas, maka anda dapat secara langsung mengirim pesan darurat keadaan bahaya kepada daftar kontak yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Aplikasi X-Igent ini juga sudah terkoneksi dengan Google Map dan GPS untuk memberitahu dimana letak posisi Anda. Target dari X-Igent adalah kaum wanita untuk menjadi pengguna mobile ini.



Loading...

Tags
Baca selengkapnya

Jika kita bermewah-mewah di dunia akan kurang ganjarannya di akhirat #umar bin khattab

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button