Internet

Aplikasi CamScanner Mengandung Malware, Tapi Kok Ada di Play Store?

Sudah Dihapus, Tapi Muncul Lagi

Bulan Agustus 2019 kemarin, Kaspersky menemukan malware di aplikasi yang bernama CamScanner. Usut punya usut, ternyata aplikasi CamScanner sudah diunduh ratusan juta oleh para pengguna di Google Play Store.

Ketika mendapatkan laporan CamScanner mengandung malware, pihak Google pun langsung menendang aplikasi tersebut. Namun, ternyata aplikasi tersebut sudah kembali lagi di Play Store. Kok bisa sih?

Mengenal Aplikasi CamScanner

CamScanner adalah scanner dan penyimpanan file portable.CamScanner memungkinkan para pengguna mengubah ponsel menjadi scanner portable, mesin faks, konverter PDF, dan platform berbagi dokumen.

Aplikasi yang dikatakan MakeUseOf sebagai aplikasi scan terbaik ini diketahui mengandung malware tepat pada bulan Agustus kemarin. Dalam laporannya, Kaspersky menemukan modul jahat sebagai Trojan-Dropper.AndroidOS.Necro.n.

Dropper Trojan sendiri adalah modul mengekstrak dan menjalankan modul jahat lainnya dari file terenkripsi yang disertakan dalam sumber daya aplikasi. Modul berbahaya ini dapat menampilkan iklan yang mengganggu dan mendaftarkan pengguna ke layanan eksternal yang berbayar.

Kok CamScanner Bisa Kembali?

Ketika aplikasinya ditendang oleh Google, pihak INTSIG selaku pengembang CamScanner mengatakan akan merilis versi aplikasi terbaru yang bebas dari virus. Dilansir dari BBC, para pengguna yang terlanjur memasang aplikasi bisa mematikan pembaruan terlebih dahulu.

Namun, apabila para pengguna khawatir akan penyebaran virus, maka mereka disarankan untuk menghapus aplikasi yang terpasang di perangkat terlebih dahulu. Setelah aplikasi terhapus, para pengguna bisa menginstal aplikasi versi terbaru.

Kaspersky di laman resminya mengatakan, ketika aplikasi mendapatkan ulasan positif yang begitu banyak dari para pengguna, maka itu bukanlah sebuah jaminan. Kaspersky menambahkan, setiap aplikasi yang mengalami pembaruan, maka aplikasi tersebut selalu berpotensi membawa malware.

Baca juga: 7 Online Virus Scanner Gratis: Pemindaian Virus dan Malware Berbasis Online

Jika sebelumnya Anda sudah memasang CamScanner di ponsel, maka silakan hapus aplikasi tersebut terlebih dahulu. Setelah itu, silakan melakukan pengunduhan dan pemasangan ulang karena versi terbarunya sudah tersedia di Play Store.

CamScanner sendiri saat ini terbagi dua, yaitu CamScanner versi gratis dan juga versi berbayar. Versi berbayar dari aplikasi tersebut hanya Rp27 ribu saja. Jadi, silakan Anda pilih mau menggunakan versi yang berbayar atau yang gratis.


Loading...
Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close