Tekno

10 Aplikasi Foto Editor Gratis Terbaik untuk Gadget Android dan iOS

Dari ratusan bahkan mungkin ribuan aplikasi foto editor yang tersedia di App Store dan Play Store, hanya sebagian kecil aplikasi foto editor yang layak pakai.

Sebagian aplikasi bisa membantu anda mengedit foto dengan mudah, sebagian aplikasi yang lain bisa membuat anda stress karena hasilnya mengecewakan atau karena banyaknya iklan yang muncul dalam aplikasi.

Untuk membantu anda memilih aplikasi foto editor yang bagus, dibawah ini saya rangkum 10 aplikasi foto editor gratis terbaik yang bisa digunakan pada gadget android dan iOS.

Daftar 10 Aplikasi Foto Editor Gratis untuk Android dan iOS

  1. PicsArt Photo Studio

aplikasi foto editor
PicsArt Photo Studio

PicsArt bisa diaplikasikan dalam smartphone dan tablet berbasis iOS dan Android.

PicsArt dianggap sebagai foto editor dengan fitur lengkap, serbaguna untuk berbagai kebutuhan foto editing, dan mudah digunakan.

Aplikasi PicsArt memiliki fitur Remix, fitur magic effects dengan kontrol kreatif, serta fitur photo sharing yang kolaboratif. Fitur kolase dari PicsArt juga lebih fleksibel dan serbaguna.

Semua fitur foto editor ini dikemas dalam interface yang kreatif dan menyenangkan. Karena itulah aplikasi PicsArt dianggap sebagai aplikasi foto editor gratis terbaik.

  1. Snapseed

aplikasi foto editor
Snapseed Photo Editor

Snapseed bisa diaplikasikan dalam smartphone dan tablet berbasis iOS dan Android versi 4.4 atau lebih tinggi.

Loading...

Snapseed adalah aplikasi foto editor yang awalnya diciptakan oleh Nik Software. Tapi sejak diakuisisi oleh Google, aplikasi Snapseed semakin terkenal sebagai aplikasi foto editor andalan yang bisa didownload gratis.

Aplikasi Snapseed bisa digunakan untuk mengambil foto, mengedit foto, dan sharing foto ke sosial media. Karena itulah, aplikasi Snapseed sering dianggap sebagai pesaing Instagram.

Aplikasi Snapseed juga dilengkapi dengan fitur creative photo frames, textures, High Dynamic Range filters, lighting effects, dan grunge. Sehingga Snapseed juga dianggap mampu menyaingi Photoshop.

Aplikasi Snapseed memiliki fitur foto editor lengkap dan cocok untuk pengguna profesional atau yang serius di bidang fotografi. Tapi tidak cocok untuk pengguna amatir yang menginginkan hasil cepat.

Produk Google memang tidak pernah main-main.

  1. Photo Editor by Aviary

Photo Editor by Aviary
Photo Editor by Aviary

Photo Editor by Aviary bisa diaplikasikan dalam smartphone dan tablet berbasis Android versi 4.1 atau lebih tinggi.

Aplikasi Photo Editor by Aviary memiliki banyak fitur, mulai dari photo effects, filters, frames, stickers yang menarik, temperatur warna, focus (Tilt Shift), penambah teks pada foto, fitur pembuat memes, hingga cosmetic tools yang bisa membuat wajah tampak mulus dan gigi tampak lebih putih.

Anda memang perlu membeli tambahan in-app kalau ingin dapat fitur lengkap, tapi menurut saya fitur dari aplikasi versi gratis pun sudah cukup untuk pengguna non-profesional. Sekadar edit foto untuk di-share ke sosial media atau blog cukup pakai versi gratis.

  1. Facetune 2

Facetune 2
Facetune 2

Facetune 2 hanya bisa diaplikasikan dalam smartphone dan tablet berbasis iOS versi 9.0 atau lebih tinggi.

Facetune 2 merupakan aplikasi yang fokus pada edit foto wajah. Walaupun bisa juga digunakan untuk edit foto lain.

Aplikasi Facetune 2 memiliki fitur bagus untuk edit foto wajah. Memiliki presisi editing yang bagus, membuat kulit wajah tampak mulus, serta filters dan camera preview yang layak diandalkan untuk menghasilkan foto wajah idaman.

Sayangnya sampai sekarang aplikasi ini belum tersedia untuk sistem operasi Android.

  1. A Color Story
A Color Story Photo Editor
A Color Story Photo Editor

A Color Story bisa diaplikasikan dalam smartphone dan tablet berbasis Android versi 5.0 atau lebih tinggi, dan iOS versi 8.0 atau lebih tinggi.

Aplikasi A Color Story merupakan aplikasi foto editor sederhana yang dibuat oleh tim pengelola A Beautiful Mess.

A Beautiful Mess sebenarnya adalah blog tentang info dan tips seputar rumah. Awalnya, tim pengelola blog A Beautiful Mess sengaja membuat aplikasi foto editor untuk kebutuhan blog mereka.

Aplikasi ini dinamai A Color Story karena fungsi utamanya adalah untuk mengedit warna. Hingga warna foto yang diedit bisa terlihat lebih segar.

Aplikasi A Color Story dilengkapi dengan 20+ tools, 40+ effects, dan 100+ filters, sehingga mampu membuat warna putih semakin cerah dan membuat warna lain semakin mencolok.

Setelah mendapat banyak tanggapan positif untuk aplikasi A Color Story yang mereka buat, aplikasi ini terus dikembangkan. Hingga kemudian, aplikasi A Color Story dipajang di Google PlayStore dan bisa didownload gratis.

Aplikasi A Color Story memiliki interface yang menarik dan fitur-fitur yang mudah digunakan. Anda tidak perlu mengikuti tutorial dahulu untuk mengggunakan aplikasi ini.

Aplikasi A Color Story dengan cepat menjadi aplikasi favorit dikalangan para blogger. Mereka yang menggunakan aplikasi A Color Story mengaku puas menggunakan aplikasi ini, karena bisa memposting foto yang tampak seperti foto profesional di blog mereka.

Untuk anda para blogger yang ingin mengedit foto dengan cepat, maka aplikasi A Color Story perlu jadi pilihan anda.

  1. VSCO Cam

VSCO Photo Editor
VSCO Photo Editor

VSCO Cam bisa diaplikasikan dalam smartphone dan tablet berbasis Android versi 4.1 atau lebih tinggi.

VSCO Cam adalah aplikasi kamera all-in-one karena dilengkapi dengan photo editing dan photo sharing. Aplikasi VSCO Cam memiliki tampilan interface minimalis yang mudah digunakan, serta cepat dalam mengatur exposure, focus, shutter speed, white balance, dan ISO.

VSCO Cam dapat mengambil gambar dengan cepat, juga dapat mengatur kontrol seperti pada kamera manual. Dilengkapi pula dengan fitur exposure, color, dan focus sehingga bisa dijadikan pengganti bagi aplikasi kamera bawaan smartphone.

Karena semua fitur itulah, VSCO Cam bisa digunakan oleh fotografer pemula maupun oleh fotografer profesional.

VSCO menyediakan fitur tambahan yang bisa dibeli, serta aplikasi VSCO X yang merupakan versi berbayar dari VSCO Cam. Tapi lebih baik tetap menggunakan VSCO Cam versi gratis, karena fitur berbayar dan VSCO X tidak jauh lebih baik dari versi gratis.

  1. Afterlight

Afterlight Photo Editor
Afterlight Photo Editor

Afterlight bisa diaplikasikan dalam smartphone dan tablet berbasis Android versi 4.0.3 atau lebih tinggi, dan iOS versi 8.0 atau lebih tinggi.

Aplikasi dari Afterlight Collective, Inc ini memiliki desain sederhana, kontrol cepat tanpa basa-basi untuk edit foto dan jenis gambar lain.

Aplikasi Afterlight memiliki 15 adjustment tools yang mudah digunakan, 27 filters, 66 textures untuk menciptakan gambar tampak realistik, 77 frames yang mudah disesuaikan, serta cropping tools dengan 15 jenis preset.

Anda bisa membeli fitur tambahan yang ditawarkan dalam aplikasi kalau menginginkan fitur lengkap dari Afterlight.

  1. Pixlr

Pixlr - Free Photo Editor
Pixlr – Free Photo Editor

Pixlr bisa diaplikasikan dalam smartphone dan tablet berbasis Android versi 4.0.3 atau lebih tinggi.

Pixlr yang awalnya bernama Pixlr Express merupakan aplikasi foto editor produksi 123RF. Aplikasi ini memiliki fitur foto kolase yang bagus. Pixlr juga memiliki banyak fitur efek, overlays, dan filter.

Foto yang sudah diedit menggunakan aplikasi Pixlr bisa langsung di-share ke Instagram, Facebook, atau sosial media yang lain.

Edit foto, tambahkan teks, lalu share ke sosmed. Semuanya bisa dengan menggunakan Pixlr. Sayangnya, aplikasi Pixlr mengandung iklan, sehingga mengganggu proses editing foto.

  1. Prisma

Prisma Photo Editor
Prisma Photo Editor

Prisma bisa diaplikasikan dalam smartphone dan tablet berbasis Android versi 4.1 atau lebih tinggi. Juga bisa digunakan pada iOS.

Prisma merupakan aplikasi foto editor untuk menciptakan seni pada foto, dilengkapi dengan ornamen dan pola seni yang terkenal. Prisma juga memiliki fitur foto efek yang bagus, modern art filters, serta bisa digunakan untuk berbagi foto dengan cepat.

Sayangnya, pengguna aplikasi Prisma mengeluhkan banyaknya iklan yang muncul saat menggunakan aplikasi. Satu-satunya cara untuk menyingkirkan iklan yang muncul adalah dengan membeli aplikasi versi berbayar.

  1. Google Photos

Google Photos
Google Photos

Google Photos memang bukan aplikasi foto editor, tapi setelah semua foto yang anda ambil dan edit, anda tentu memerlukan ruang untuk menyimpan semua foto milik anda.

Google Photos merupakan aplikasi backup photo terbaik yang bisa digunakan pada semua gadget berbasis Windows, Android, dan iOS.

Dengan Google Photos, anda bisa backup semua foto dan video milik anda, serta mengaturnya agar rapi dan mudah diakses melalui semua gadget milik anda. Baik itu melalui smartphone, komputer, ataupun cloud.

Aplikasi Google Photos biasanya sudah tersedia dalam smartphone Android sebagai aplikasi bawaan. Tapi kalau tidak ada, maka anda bisa mendownloadnya dari Google PlayStore gratis.

Kesimpulan:

Ada banyak aplikasi foto editor yang dipajang di Play Store dan App Store. Sebagian berkualitas bagus, sebagian lagi mungkin bisa membuat anda stress. Karena itu, telitilah sebelum download dan pilihlah yang paling cocok untuk anda.



Loading...

Baca selengkapnya

Reha Wijaya

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *