Ulasan Bisnis

Aplikasi Investasi Reksadana Online Terbaik Untuk Pemula

Aplikasi Investasi Reksadana – Di zaman modern investasi merupakan sebuah perencanaan finansial yang perlu dipertimbangkan . Nilai tabungan yang terus tergerus inflasi adalah penyebabnya. Kecuali berkembangnya financial technology juga menjadi pertimbangan lain.

Di zaman yang serba online seperti sekarang, semua kebutuhan transaksi dapat dilakukan secara online hanya melalui smartphone. Tidak terkecuali reksadana. Reksadana online kini banyak tersedia guna mempermudah masyarakat berinvestasi tanpa perlu keluar rumah.

Pasalnya, banyak orang yang menunda-nunda investasi dengan alasan ribet dan mahal. Namun sekarang semuanya serba mudah dan dapat dijalankan secara online. Jadi tidak ada alasan untuk kita menunda investasi.

Daftar Aplikasi Investasi Reksadana Terbaik

Sekarang ini bermunculan beragam aplikasi online untuk investasi yang kredibel dan diawasi OJK. Investasi menjadi semakin mudah layaknya membeli barang online.

Berikut 6 aplikasi untuk investasi reksadana secara online terbaik yang saya rekomendasikan :

1. Bareksa

Bareksa

Bareksa adalah salah satu perusahaan untuk membeli reksadana online yang sudah terpercaya.

Bareksa yang didirikan pada permulaan tahun 2013 ini merupakan salah satu pelopor yang sukses mendapat lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memasarkan reksadana via internet.

Bareksa juga berkembang dengan cukup cepat, telah mempunyai banyak nasabah dan menaungi bermacam-macam perusahaan manajer investasi di Indonesia.

Bareksa memasarkan reksadana konvensional hingga reksadana syariah. Adapun untuk jenis produk reksadananya, ada reksadana pasar uang, reksadana saham, reksadana pendapatan tetap, campuran, dan reksadana indeks.

Untuk pembelian reksadananya terbilang lumayan gampang. Anda cuma perlu mengisi profil risiko investasi dan biodata diri.

Sesudah semua data komplit, tinggal menunggu persetujuan untuk melakukan transaksi. Umumnya memakan waktu 1×24 jam untuk approval.

Yang menarik, kita dapat menggunakan aplikasi Investasi Reksadana Bareksa ini dengan nominal yang relatif terjangkau, mulai dari Rp 100 ribu.

Bareksa mengusung konsep marketplace reksadana. Di webnya bareksa menyediakan beragam fitur reksadana, analisa ekonomi, kalkulator investasi juga tabungan umroh.

Untuk aplikasi di android sendiri sayang fiturmya masih kurang komplit. Cuma menyediakan fitur jual beli reksadana serta analisa ekonomi.

2. Bibit

Aplikasi reksadana bibit

Bibit merupakan aplikasi yang berfokus pada investasi reksadana. Untuk registrasi pada aplikasi ini kita dapat melakukan semuanya secara online. Jadi tidak memerlukan dokumen yang dikirimkan lewat pos.

Registrasinya hanya memerlukan beberapa menit untuk selesai. Bibit juga menyediakan customer service untuk live chat kepada investor apabila mengalami masalah.

Salah satu kelebihan aplikasi Investasi Reksadana ini adalah memberikan rekomendasi jenis reksadana apa yang sesuai dengan profil calon investor.

3. IpotGo

Aplikasi reksadana ipotGo

IpotGo adalah aplikasi Investasi Reksadana buatan PT Indo Premier Securities yang diluncurkan pada tahun 2014 dan diklaim sebagai supermarket reksadana online pertama di Indonesia.

Di samping itu, Ipotfund juga terbilang sebagai platform untuk membeli reksadana online terlengkap di Indonesia. Sampai sekarang Ipotfund telah menggandeng 80 manajer investasi dengan jumlah dana pengelolaan hingga ratusan miliar rupiah.

Di sini tersedia empat jenis reksadana, yakni reksadana saham, reksadana campuran, reksadana pendapatan tetap, dan reksadana pasar uang.

Selain itu, di IpotGo pendaftarannya juga terbilang tidak sulit, Anda dapat membuka website Indo Premier lalu mengisi formulir registrasi.

Sesudah semua terisi, formulir dapat di-print dan ditandatangani (dengan materai) untuk berikutnya dikirim ke Indo Premier dengan menyertakan KTP, NPWP, dan fotokopi buku tabungan halaman depan. Dokumen dapat dititipkan ke cabang Indo Premier terdekat.

Untuk mendapat persetujuan biasanya cuma memerlukan waktu 3-5 hari kerja semenjak dokumen diterima. Setelahnya, Anda akan menerima user id, kata sandi, dan PIN transaksi.

Sama halnya dengan Bareksa, Anda dapat berinvestasi mulai dengan uang yang kecil, yakni cukup Rp 100 ribu.

Nah, salah satu keunggulan IpotGo yaitu tidak dikenakan biaya administrasi bulanan maupun biaya transaksi.

4. TanamDuit

Aplikasi reksadana tanam duit

Tanamduit merupakan platform jual beli reksadana yang terbilang baru sehingga mereka lebih menyasar para calon investor baru. Karena itu mereka merancang tampilan aplikasi yang user friendly.

Tanamduit juga cuma menyediakan sedikit jenis reksadana untuk mempermudah penggunanya supaya tidak bingung. Tanamduit menyediakan fitur login dengan sidik jari untuk keamanan dan kepraktisan.

5. Buka Reksa (Bukalapak)

Bukareksa merupakan salah satu platform untuk membeli reksadana online melalui e-marketplace.

BukaReksa adalah bentuk kerjasama antara Bukalapak dan Bareksa yang berdiri semenjak tahun 2017 lalu dengan mengutamakan user experience yang sama seperti saat sedang belanja online.

Yang menjadi keunggulan dari BukaReksa yaitu dapat mulai investasi dengan dana yang sangat murah sekali hanya Rp 10 ribu.

Nominal yang sangat kecil ini sangat jarang ditemui di platform lain yang biasanya mematok harga minimal sebesar Rp 100 ribu.

BukaReksa juga terbilang berkembang dengan cepat. Indikasinya, sekarang telah tersedia 10 manajer investasi dari awal peluncuran yang cuma tersedia satu, yakni CIMB-Principal BukaReksa Pasar Uang.

Untuk registrasinya, cukup menuju ke situs Bukalapak kemudian cari menu BukaReksa dan ikuti petunjuk yang ada.

6. Tokopedia Reksadana

Tidak mau ketinggalan dengan Bukalapak, Tokopedia juga meluncurkan fitur investasi reksadana online, yakni Tokopedia ReksaDana yang diluncurkan sekitar bulan Februari 2018.

Anda tidak perlu kuatir, meski terbilang baru, Tokopedia ReksaDana telah mempunyai lisensi legalitas dari OJK.

Karena masih terbilang baru, produk reksadana yang ditawarkan baru satu yakni, Syailendra Dana Kas, yang merupakan reksadana pasar uang keluaran Syailendra Capital.

Sama halnya dengan BukaReksa untuk mulai investasi di sini, cuma perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 10 ribu.

Kecuali itu, Tokopedia ReksaDana juga mempunyai layanan dompet elektronik TokoCash. Sehingga, Anda dapat berinvestasi reksadana dengan gampang, dan dana reksadana dapat dicairkan sewaktu-waktu ketika Anda ingin menggunakan dananya.

Ini tentunya mempermudah investor yang mau jual unit reksadana yang dimilikinya tanpa mesti menunggu waktu satu hari.

Kalau tertarik, Anda dapat langsung menuju ke situs Tokopedia dan mendaftar di Tokopedia ReksaDana.

7. Ajaib

ajaib apk

Ajaib merupakan platform jual beli reksadana yang menyasar pemodal baru. Ketika pertama kali membuka aplikasi, Anda akan diberi sejumlah kuisioner.

Kuisioner ini dipakai untuk mengenal profil Anda sebagai calon investor. Sesudah itu akan ditawarkan jenis reksadana yang cocok dengan profil hasil dari kuisioner tersebut.

Itulah beberapa daftar aplikasi investasi reksadana berbasis online yang bisa Anda pertimbangkan untuk mulai berinvestasi.


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close