InternetTekno

8 Aplikasi Kaca Pembesar Terbaik untuk Android dan iPhone

Aplikasi yang Mengubah Smartphone Anda Jadi Kaca Pembesar Cerdas

Banyak orang tidak tahu bahwa ada aplikasi kaca pembesar terbaik untuk mengubah smartphone Android dan iPhone untuk membantu membaca tulisan yang dicetak kecil jadi terlihat lebih besar dan jelas.

Aplikasi kaca pembesar terbaik ini menggunakan kamera internal pada perangkat untuk memindai dokumen dan memperbesar teks di layar. Cara menggunakannya mirip dengan kaca pembesar. Kalau perlu, gunakan fitur dari aplikasi untuk melakukan penyesuaian keterbacaan.

Selain itu, beberapa aplikasi pembesar berisi fitur-fitur tambahan seperti filter warna dan lampu baca. Terbukti bahwa aplikasi ini sangat berharga bagi orang dewasa dan lansia yang penglihatannya mulai rabun tapi masih suka membaca koran, majalah, dan buku cetak.

8 Aplikasi Kaca Pembesar Terbaik untuk Perangkat Android dan iOS

1. Magnifying Glass

Magnifying Glass

Aplikasi kaca pembesar terbaik secara keseluruhan untuk Android: Magnifying Glass adalah aplikasi Android gratis yang menampilkan semua fungsi yang diinginkan dari aplikasi kaca pembesar.

Anda bisa menggunakan Magnifying Glass untuk memperbesar teks yang dicetak dengan pembesaran hingga 10 kali, membaca lebih mudah, dan mengaktifkan tablet Android atau lampu ponsel saat membaca dalam cahaya redup atau dalam gelap.

Kontrol aplikasi berada di sisi kecil, jadi bisa membuat frustasi orang yang berjari besar apalagi yang menggunakan layar kecil. Tapi Magnifying Glass tetap relatif lebih mudah digunakan, dan tidak terlalu membingungkan dibandingkan dengan aplikasi kaca pembesar lainnya.

Kelebihan:
– Tersedia fitur zoom, pencahayaan, dan fungsionalitas filter.
– Tersedia kontrol pinch dan slider untuk memperbesar.

Kekurangan:
– Tombol aplikasi terdapat di sisi kecil, jadi agak sulit dijangkau.
– Iklan dalam aplikasi sangat mengganggu.

2. NowYouSee Helping Color Blind

. NowYouSee Helping Color Blind

Aplikasi kaca pembesar terbaik untuk penderita buta warna: NowYouSee adalah aplikasi pembesar gratis untuk iOS dan Android yang menampilkan fungsi kaca pembesar, juga menawarkan berbagai alat untuk membantu mereka yang menderita buta warna.

Fitur zoom bisa digunakan dengan cara mencubit layar dengan dua jari. Berbagai filter warna bisa digilir dengan cara menggesek ke kiri dan ke kanan untuk membuatnya lebih mudah bagi yang mengalami kesulitan melihat atau membedakan antara warna-warna tertentu.

Tersedia pula fitur tes buta warna untuk pengguna yang mungkin ingin tahu tentang penglihatan mereka sendiri, serta alat pendeteksi warna bawaan yang bisa memberi tahu pengguna nama warna yang mereka tuju.

Kelebihan:
– Banyak pilihan untuk berbagai pengalaman buta warna.
– Kemampuan untuk memuat foto dari perangkat selain menggunakan kamera.

Kekurangan:
– Tes buta warna memuat halaman web dan tidak dilakukan dalam aplikasi.
– Alat pendeteksi warna sangat sulit untuk di-cancel.

3. BigMagnify Free

Aplikasi Kaca Pembesar

Aplikasi kaca pembesar gratis yang memiliki banyak fitur untuk iPhone: BigMagnify Free adalah aplikasi yang menggunakan kamera untuk memperbesar teks, dan cahaya untuk membuatnya lebih mudah dilihat dalam situasi gelap.

Faktor yang paling membedakan aplikasi ini dengan yang lain adalah filter bawaannya yang berhasil meningkatkan keterbacaan teks dengan cara membuat huruf lebih menonjol saat dicetak pada halaman berwarna atau bermotif.

Tersedia sharpen filter yang bisa diakses dengan mengetuk ikon filter di bagian atas layar, fungsinya untuk membuat teks lebih tebal, dan menambahkan garis putih di sekitar huruf untuk membuatnya sejelas mungkin.

Kelebihan:
– Mendukung iOS 7, jadi bisa digunakan pada perangkat Apple yang lebih tua.
– Filter internal (built-in filters) sangat luar biasa untuk meningkatkan keterbacaan pada kertas berwarna.

Kekurangan:
– UI agak membingungkan pada awalnya dan sulit dikendalikan.
– Ikon sangat kecil dan agak transparan, jadi agak sulit dilihat.

4. Magnifying Glass + Flashlight

Magnifying Glass + Flashlight

Aplikasi kaca pembesar terbaik dengan flashlight: Magnifying Glass + Flashlight adalah aplikasi gratis untuk perangkat iOS dan Android yang bisa membuat proses membaca teks kecil menjadi lebih mudah.

Dengan menggunakan kamera perangkat, aplikasi menampilkan apa yang dilihat di layar. Anda juga bisa memperbesar dan memperkecil gambar di layar dengan menggeserkan jari anda ke atas dan ke bawah.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur lampu baca yang mengaktifkan cahaya internal dari smartphone atau tablet anda. Kecerahan cahaya bisa disesuaikan melalui slider di sisi kiri aplikasi, sedangkan kecerahan layar bisa disesuaikan dengan menggeser jari ke kiri dan ke kanan.

Kelebihan:
Slider brightness untuk pencahayaan adalah ide bagus dan berfungsi dengan baik.
– Sangat fungsional dengan adanya kemampuan untuk membekukan (freeze) apa yang dilihat kamera.

Kekurangan:
– Lampu smartphone langsung menyala saat membuka aplikasi, jadi membuat pengguna tidak nyaman di sebagian besar situasi.
– Teks dalam instruksi aplikasi sangat kecil dan sulit dibaca.

5. Magnifying Glass With Light

Magnifying Glass With Light

Aplikasi kaca pembesar termudah untuk iPhone: Magnifying Glass With Light, atau biasa disebut Mag Light, menawarkan tampilan yang sangat ramping yang memanfaatkan hampir semua layar untuk menunjukkan sebanyak mungkin apa yang dilihat kamera.

Kalau mayoritas aplikasi kaca pembesar lainnya hanya menyediakan satu cara untuk memperbesar teks, Mag Light bisa menggunakan gerakan mencubit yang populer untuk memperbesar dan memperkecil. Fitur ini ada di samping slider di sisi kanan layar yang dapat disesuaikan dengan satu jari.

Mag Light adalah salah satu aplikasi pembesar termudah untuk smartphone yang ada di pasaran, menjadikannya ideal untuk pengguna yang lebih tua yang sering merasa kewalahan dengan aplikasi modern dan semua fitur-fiturnya.

Kelebihan:
– Sangat mudah untuk memperbesar dan memperkecil, juga untuk menyalakan dan mematikan lampu.
– Menawarkan fitur pinch gesture, dan opsi slider untuk memperbesar.

Kekurangan:
– Banner iklan mengganggu.
– Filter lanjutan memerlukan pembaruan berbayar.

6. Magnifying Glass

Magnifying Glass

Aplikasi kaca pembesar paling sederhana untuk Android: Magnifying Glass memiliki UI bersih yang mudah digunakan, dan serangkaian fitur dasar yang menyelesaikan pekerjaan tetapi tidak akan membuat pengguna kewalahan.

Dengan Magnifying Glass, anda bisa menggunakan smartphone atau tablet Android untuk memperbesar teks apa pun yang bisa dilihat kamera saat mengaktifkan cahaya untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik ketika kondisi pencahayaan kurang.

Kelebihan:
– Desain aplikasi yang sangat ramping dan mudah digunakan.
– Mendukung perangkat Android yang menjalankan 4.0.3 dan yang lebih tinggi.

Kekurangan:
– Sesekali menampilkan iklan layar penuh, jadi membuat sebagian orang frustrasi.
– Tidak tersedia filter lanjutan.

7. Reading Glasses

Reading Glasses

Aplikasi kaca pembesar dengan tombol terbesar: Reading Glasses memiliki tombol ikon yang super besar dan penuh warna. Jadi sangat membantu pengguna yang penglihatannya mulai rabun dan tidak sebagus dulu.

Pengguna bisa mencubit layar dengan dua jari untuk memperbesar layar, tapi bukankah lebih mudah kalau ada tombol plus raksasa yang bisa secara otomatis memperbesar pada tingkat yang telah ditentukan sebelumnya dengan satu ketukan?

Pada aplikasi Reading Glasses juga ada opsi filter yang bisa ditambahkan untuk menyediakan alat tambahan supaya lebih jelas saat membaca.

Kelebihan:
– Ikon super besar yang mudah dilihat.
– Butuh sedikit waktu untuk belajar cara menggunakan aplikasi.

Kekurangan:
– Tidak ada kontrol slider untuk zoom.
– Desain grafis untuk ikon-ikonnya sangat mendasar.
– Fitur pencahayaan apa pun pada aplikasi ini tidak bisa digunakan kalau tablet Android tidak memiliki flash LED bawaan.

8. Cozy Magnifier & Microscope

Cozy Magnifier & Microscope

Aplikasi kaca pembesar terbaik untuk kamera Android yang baik: Cozy Magnifier & Microscope menghadirkan fitur pembesar dan pencahayaan yang biasa diharapkan dari aplikasi pembesar semacamnya.

Fitur yang membuat aplikasi ini menonjol adalah slider contrast dan brightness yang menambahkan aspek pengeditan gambar untuk pengalaman membaca. Cara kerja slider ini hampir sama dengan alat serupa di aplikasi pengeditan gambar.

Jadi dengan adanya slider ini, anda bisa menyesuaikan pencahayaan apa pun yang dilihat kamera secara real-time tanpa harus mengambil foto dan membukanya di aplikasi foto editing terpisah.

Aplikasi Cozy Magnifier & Microscope dilengkapi pula dengan filter warna gratis, sehingga menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang sering kesulitan membaca dalam kondisi dengan pencahayaan yang tidak biasa.

Kelebihan:
– Memiliki fitur zoom mikroskop yang kuat untuk memeriksa teks yang sangat kecil.
– Memiliki opsi kontras yang tidak dimiliki aplikasi lain.

Kekurangan:
Slider contrast dan brightness agak sulit digunakan pada tablet.
– Tidak ada kontrol dalam aplikasi untuk kembali ke layar utama.

Catatan:
Kualitas gambar pembesaran yang dihasilkan dengan aplikasi kaca pembesar bergantung pada kualitas kamera di perangkat Android atau iOS. Model smartphone atau tablet yang murah biasanya menggunakan kamera berkualitas rendah, maka akan menghasilkan gambar statis dan blur.

Jadi jangan salahkan aplikasinya kalau gambar yang dilihat tetap tidak sebening yang anda harapkan.


Loading...
Baca selengkapnya

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close