Bisnis OnlineUlasan Bisnis

4 Aplikasi Kasir Terbaik untuk Pembukuan Penjual

Aplikasi Kasir Terbaik – Memiliki sebuah usaha yang dijalankan sendiri terkadang membuat kita bingung untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan. Ini adalah masalah yang sering muncul bagi pengusaha-pengusaha kecil maupun berskala besar.

Kesalahan dalam pembukuan sebuah usaha dapat berakibat fatal, dimana kita tidak mengetahui atau menelusuri berapa untung dan rugi dari usaha yang sedang kita jalani. Apalagi akhir-akhir ini banyak bermunculan pengusaha-pengusaha baru yang berjualan secara online.

Adapun aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu pembukuan tersebut adalah aplikasi kasir. Aplikasi kasir sering juga disebut dengan aplikasi POS (Point of Sale), yang pada dasarnya memiliki fungsi untuk mencatat segala transaksi dalam sebuah usaha.

Aplikasi kasir terbaik adalah aplikasi yang bisa mencatat segala pemasukan dan pengeluaran, serta stok barang beserta laporan analisisnya. Dimana para pengguna memiliki kemudahan dalam memahami serta mengakses informasi tersebut.

Selain itu data dari pencatatan tersebut pun cukup aman dan mudah diakses, karena aplikasi ini menggunakan cloud atau penyimpanan awan untuk memori penyimpanannya. Dengan begitu pengguna bisa mengakses data yang dimilikinya dimanapun selama perangkat yang dimiikinya terhubung dengan internet.

Berbeda dengan perangkat mesin kasir pada umumnya, selain memiliki keunggulan diatas, juga menyediakan berbagai paket gratis hingga berbayar berdasarkan fiturnya. Aplikasi tersebut bisa didapatkan di Play Store, App Store, hingga browser bawaan seperti Chrome.

Baca jugaAlasan SMART Perusahaan Harus Memakai Aplikasi Payroll

Berikut aplikasi kasir terbaik Indonesia yang bisa digunakan untuk penjual:

1. Pawoon

Aplikasi kasir terbaik

Loading...

Pawoon merupakan salah satu aplikasi kasir terbaik yang berbasis cloud, yang memiliki layanan untuk memasukan segala bentuk penjualan ke dalam cloud melalui smartphone maupun tablet.

Para penjual yang menggunakan aplikasi ini akan memiliki metrik dari usaha yang mereka jalankan. Dimana mereka dapat mengetahui produk yang paling banyak dijual, begitu juga dengan waktu transaksi yang paling sibuk.

Dalam layanannya Pawoon memberikan dua pilihan, yaitu yang gratis dan yang berbayar. Dimana yang berbayar memiliki fitur-fitur serta keunggulannya tersendiri bagi penjual.

Selain dalam bentuk aplikasi, Pawoon pun memberi pelayanan maksimal dengan menjual perangkat keras yang bisa mendukung penjualan.

Adapun fitur yang terdapat dalam Pawoon diantaranya: point of sale, laporan penjualan, manajemen stok, keamanan, multi-outlet, promo, manajemen pelanggan (CRM), program loyalitas, dll.

Pawoon bisa digunakan untuk bisnis restoran, cafe, food truck, franchise, retail, barbershop, bakery, pop-up store.

2. Olsera

Aplikasi kasir terbaik

Selain aplikasi kasir yang menggunakan penyimpanan cloud, Olsera juga memberi pelayanan untuk pembuatan toko online bagi penjual yang baru merintis di dunia online.

Dengan keunggulan multi chanel, Olsera mengedepankan sebuah layanan bisnis yang bergerak diranah offline dan online, dimana keduanya memiliki basis data yang sama, yaitu data inventory dan laporannya yang terdapat dalam aplikasi Olsera.

Selain itu, Olsera pun menerima berbagai jenis pembayaran dari cash, debit, kartu kredit, cash on delivery, hingga cicilan pembayaran, yang didukung dengan perangkat hardware yang dijual oleh Olsera secara terpisah.

Adapun fitur-fiturnya terdiri dari cloud based, multi chanel, keamanan, laporan real time, shipping dan resi, inventory, perpindahan persediaan, dll.

Aplikasi ini cocok digunakan untuk bisnis toko retail, mini market, cafe, dan restoran.

3. Deal POS

Aplikasi kasir terbaik

Aplikasi kasir terbaik selanjutnya adalah Deal POS. Disamping penggunaannya secara online, Deal POS pun memungkinkan digunakan secara ofline untuk mencatat penjualan penggunanya.

Uniknya, Deal POS memiliki add-ons yang bisa dimanfaatkan untuk menambah fitur akuntansi ke dalam aplikasinya. Berfungsi untuk menghitung neraca, serta untung dan rugi sebuah usaha.

Begitu juga dengan tampilan dapur yang dimilikinya. Fitur ini diperuntukan untuk bisnis restoran dengan komunikasi dua arah antara kasir dan dapur, dimana memiliki fungsi untuk sinkronisasi data dari dapur dan kasir.

Hingga sekarang, aplikasi ini hanya tersedia di Play Store dan browser Chrome saja. Namun manfaat yang dimiliki tidak kalah dengan aplikasi lainnya.

Adapun fitur unggulan dalam Deal POS diantaranya inventory control, employee shift, penjualan kredit, stock opname, multi-outlet, print barcode, dukungan ofline, keamanan data, fast content delivery, dan add-ons.

Deal POS merupakan aplikasi kasir terbaik yang bisa digunakan untuk bisnis yang bergerak dibidang fashion retail, beauty salon, elektronik, restoran, gym, bakery, dll.

4. iSeller

Aplikasi kasir terbaik

iSeller sama halnya dengan aplikasi kasir terbaik lainnya, dimana menggunakan penyimpanan cloud untuk memantau laporan penjualan, serta inventory barang secara online dan ofline.

Keunggulan dari iSeller selain menyediakan layanan pembuatan toko online, juga memiliki sistem yang terintegrasi untuk menyambungkan pengguna dengan jasa logistik yang ada. Ditambah memiliki fitur pembayaran dengan berbagai jenis pembayaran.

Dengan aplikasi iSeller pengguna bisa memaksimalkan penjualannya, dimana dua chanel toko online dan ofline menyatu untuk memantau stock secara berkala.

Dalam layanannya, iSeller menggunakan paket dari starter hingga unlimited. Begitu juga dengan ketersedian perangkat keras yang bisa digunakan.

Dengan jasa logistik yang terintegrasi, aplikasi kasir terbaik ini sangat cocok untuk bisnis yang sering menggunakan jasa logistik untuk mengantarkan barangnya.

Beberapa tipe bisnis yang bisa memanfaatkan aplikasi iSeller diantaranya retail, restoran, dan cepat saji, dll.

Kesimpulan

Itulah beberapa aplikasi kasir terbaik yang berasal dari dalam negeri yang bisa dimanfaatkan untuk mesin kasir. Dengan aplikasi tersebut pengguna bisa memonitor berbagai bentuk penjualan serta stok barang dan laporannya.

Ditambah keempat aplikasi kasir terbaik tersebut menyediakan perangkat keras yang langsung terintergrasi serta memiliki keunggulannya tersendiri.

Selain itu tersedia berbagai macam paket, dari yang gratis hingga berbayar yang bisa dipilih oleh pengguna berdasarkan kebutuhan.



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *