Review ProdukTekno

Muslim Go : Aplikasi Islam dan Baca Qur’an Pertama yang Bersertifikat Kemenag!

Beberapa waktu yang lalu, aplikasi Muslim GO resmi diluncurkan di Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Indonesia. Aplikasi ini merupakan aplikasi mobile sebagai panduan lengkap bagi umat muslim di seluruh Indonesia, bahkan dunia.

Muslim GO menjadi aplikasi Islam pertama yang memakai jenis huruf Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia. Tentunya, aplikasi ini sudah disertifikasi oleh Kementrian Agama sehingga layak untuk dibaca oleh masyarakat Indonesia.

Sertifikasi oleh Kementrian Agama ini dilakukan agar Muslim GO mampu menyediakan pedoman paling akurat dan terlengkap bagi umat Islam di Indonesia dan di dunia.

Aplikasi keren ini juga sudah bisa dipakai oleh pengguna ponsel pintar yang bersistem android maupun iOS.

Kalau pengguna sudah download aplikasi Muslim Go, maka akan diteruskan pada halaman utamanya yang menampilkan beberapa informasi seperti jam, arah kiblat, waktu shalat lokasi pengguna sedang berada, informasti kutipan ayat berbeda setiap harinya, video, berita, shortcut fitur, post card, dan lain sebagainya.

Untuk fitur shortcut sendiri sudah menyuguhkan informasi lengkap mengenai doa-doa, waktu shalat, arah kiblat, bacaan niat shalat, al-qur’an, tasbih untuk berzikir, syahadat, 99 asmaul husna kalender hijriah, konten Islami, kartu ucapan serta kalkulator zakat.

Fitur Aplikasi Muslim GO

Fitur Aplikasi Muslim GO Bagus
Fitur Aplikasi Muslim GO

Memang, fitur yang ditawarkan Muslim Go ini sangatlah lengkap guna menunjang aktivitas ibadah umat Islam. Entah itu untuk membaca Al-Qur’an, mencari informasi terbaru atau untuk dzikir, semuanya hampir ada di aplikasi ini.

Di bagian halaman yang lain, pengguna juga bisa masuk ke menu “Popular” dimana akan ada berbagai surat dan ayat yang banyak dibaca oleh pengguna aplikasi ini.

Loading...

Ada juga menu “News” yang berisikan konten-konten informatif berupa artikel dan video Islami serta motivasi yang bisa membuat penggunanya semakin bersemangat dalam beribadah. Berbagai pencerahan dan penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari juga mungkin bisa didapatkan di halaman ini.

Pengguna tinggal mencari-carinya saja, kalau tidak ketemu paling mentok ya cari di Google. Kelebihan Muslim GO juga lebih dari itu. Aplikasi ini menawarkan fitur untuk menunjukkan masjid dan restoran/rumah makan halal yang terdekat dari posisi pengguna.

Baca juga :

Konsep ini bisa ditemukan pengguna melalui menu “Directory” dengan sistem identifikasi yang telah dikembangkan dari sistem kerja Google Maps.

Selanjutnya, ada menu “Setting” yang bisa membantu pengguna untuk melakukan pengaturan khusus terkait aplikasi agar lebih sesuai dengan kebutuhan.

Tak hanya memberi waktu shalat dan adzan, aplikasi Muslim GO juga bisa diatur untuk memberi potongan ayat Al-Qur’an serta berita Islami di halaman “Lock Screen” smartphone dengan fitur Smart Locker.

Lantas, bagaimana cara pengembang mendapatkan dana?

Ternyata, aplikasi ini sudah menggunakan iklan yang berada di halaman tertentu atau berupa pop up saat pengguna membuka aplikasi. Kalau pengguna ingin menghilangkan iklan ini, maka pengguna bisa upgrade aplikasi ke versi berbayarnya.

Kabarnya, Muslim Go sudah melayani lebih dari sejuta pengguna aktif dan sudah didownload lebih dari 2,5 juta kali di Indonesia. Adapun Negara asing yang sudah menggunakan aplikasi ini seperti China, India, Pakistan dan Malaysia.

Pihak Kementrian Agama Republik Indonesia juga telah meluncurkan Font LPMQ Misbah dan Qur’an Kemenag guna menyempurnakan kehadiran aplikasi Muslim GO ini.

Font LPMQ Misbah adalah data yang dipakai berbagai aplikasi untuk memperlihatkan teks ayat suci Al-Qur’an sesuai dengan MSI (Mushaf Standar Indonesia) dan bisa dilihat oleh pengguna dalam berbagai ukuran.

Ada juga Qur’an Kemenag yang merupakan aplikasi Mushaf Al-Qur’an digital yang dirancang oleh Kementerian Agama c.q Lanjnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.

Kesimpulan…

Secara singkat, mari kita simpulkan fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi Muslim GO:

Fitur Utama

  • Al-Qur’an (Digital). Bersumber dari Tanzil.net yang didalamnya terdapat suara Syeikh Musyari Rasyid. Terdapat fitur share dan like setiap ayatnya. Dalam hal ini, pengguna juga bisa memberi notes atau catatan.
  • Waktu Shalat. Akurat berdasarkan posisi pengguna sedang berada. Ada juga fitur suara adzan secara audio dan visual sebagai pengingat shalat yang nantinya akan muncul.
  • Kiblat. Fitur ini seperti kompas untuk mengetahui arah kiblat yang lebih akurat.
  • Shalat Sunnah. Pengguna bisa belajar dan memahami berbagai bacaan niat-niat shalat sunnah seperti pada umumnya.
  • Do’a. Ada banyak sekali doa yang bisa dibaca dalam kegiatan sehari-hari mulai dari bangun tidur hingga akan tidur. Selain itu, terdapat pula doa untuk keluarga, doa dunia akhirat, doa kekuatan iman, dan doa-doa lainnya.
  • Kalender Hijriyah. Sangat cocok untuk pengingat hari-hari besar Islam.
  • Direktori. Layaknya fitur Google Maps, “Direktori” ini akan memudahkan pengguna untuk mencari lokasi Masjid serta restoran / tempat makan halal yang paling dekat.
  • Populer. Terdapat surat-surat Al-Qur’an yang secara umum sering dibaca oleh umat Islam di Indonesia.
Fitur Ekstra
  • Kartu Ucapan (Greeting Card). Pengguna bisa membuat kartu ucapan Hari Raya, Ramadhan, maupun Hari Besar Islam lainnya untuk teman, keluarga maupun saudara. Dilengkapi juga icon-icon dan gambar-gambar lucu yang bisa digunakan untuk membuat kartu ucapan versi pengguna.
  • Konten Islami. Adanya konten-konten Islami berupa video, komik, buku (anak-anak) dan lain sebagainya.

Aplikasi Muslim GO di Playstore

Nantinya, pengguna bisa mendownload aplikasi ini di Play Store untuk pengguna smartphone Android dan Apple App Store untuk pengguna iPad, iPod Touch dan iPhone. Pengguna hanya perlu mengetikkan kata kunci “Muslim GO”, maka aplikasi ini akan muncul di posisi teratas pencarian.

Sekilas, Aplikasi Muslim GO ini dikembangkan oleh PT. Funtasik Mobile Indonesia yang beralamat di Komplek Agung Sedayu Blok L No. 29 Jl. Mangga Dua Raya, Jakarta Pusat 10730. Pengguna juga bisa menghubungi di email : [email protected] jika ingin bertanya lebih lanjut.

Aplikasi Muslim GO tentu bisa menjadi terobosan bagi masyarakat yang ingin meningkatkan ibadahnya, khususnya bagi mereka yang ingin membaca Mushaf Al-Qur’an dalam bentuk digital.

Jadi, tunggu apalagi? Ayo download aplikasi Muslim GO sekarang juga!



Loading...

Baca selengkapnya

Pengangguran yang doyan ngeblog dan internetan. #JOMBLO_PREMIUM

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *