Tekno

Aplikasi Safe Travel, Aplikasi untuk Membantu WNI di Negeri Orang

Aplikasi Safe Travel – Dengan jumlah penduduk kurang lebih 261 juta jiwa, pemerintah Indonesia memiliki begitu banyak PR untuk mensejahterakan dan melindungi warganya.

Banyaknya warga negara Indonesia tak hanya di dalam negeri, karena di luar negeri pun juga banyak, khususnya warga negara Indonesia yang bekerja maupun yang studi.

Sadar memiliki jumlah penduduk yang begitu banyak dan betapa pentingnya melindungi mereka, pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri mengeluarkan aplikasi yang bernama Safe Travel.

Safe Travel adalah aplikasi yang diharapkan dapat membantu dan melindungi warga negara Indonesia, khususnya warga negara yang sedang berada di negeri orang, baik yang bekerja maupun yang studi.

Mengenal Aplikasi Safe Travel

Selain berguna bagi warga negara Indonesia yang bekerja dan studi di luar negeri. Safe Travel juga berguna bagi warga negara Indonesia yang ingin berlibur ke luar negeri.

Di dalam Aplikasi Safe Travel terdapat beberapa menu penting, di antaranya adalah:

1. Info Negara

2. Daftar Perjalanan

Loading...

3. Asuransi

4. Tips

5. Himbauan

6. Pelayanan

7. Fun Facts

8. Galeri

Selain ke-8 menu yang sudah disebutkan tadi, Safe Travel juga dilengkapi fitur darurat, yaitu fitur yang dapat digunakan untuk meminta pertolongan cepat dalam kondisi yang membahayakan jiwa Anda.

Jadi, Anda dapat mengirimkan lokasi, merekam video, dan menelepon KBRI/KJRI/KRI terdekat untuk melaporkan kejadian yang Anda alami.

Sekilas Tentang Menu Safe Travel

Ada 8 menu penting yang tertera di aplikasi Safe Travel. Dan dari ke-8 menu tersebut, ada beberapa menu yang cukup menarik perhatian, di antaranya adalah:

1. Info Negara

Menu yang satu ini berisikan informasi tentang negara yang akan dituju. Misalkan Anda ingin pergi ke Belanda, maka untuk mengetahui apakah Belanda aman untuk kunjungi, silakan lihat warna yang terletak di samping nama negara tersebut.

Hijau: Menunjukkan keamanan suatu negara

Kuning: Pengunjung harus waspada (tingkat 1)

Orange: Pengunjung harus waspada (tingkat 2)

Merah: Suatu negara tidak aman untuk dikunjungi

2. Daftar Perjalanan

Jika Anda sudah mengetahui negara yang akan dituju aman, maka jangan lupa untuk mendaftarkan perjalanan Anda di menu Daftar Perjalanan.

Fungsi dari menu ini adalah memudahkan pihak KBRI/KJRI/KRI untuk membantu Anda, apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam menu Daftar Perjalanan terdapat dua pilihan, yaitu:

1. Perjalanan Sementara (perjalanan kurang dari 6 bulan)

2. Perjalanan Menetap (perjalanan lebih dari 6 bulan)

3. Fun Facts

Adapun untuk menu yang satu ini adalah menu wawasan. Di Fun Facts, wawasan Anda akan bertambah, karena di sini dijelaskan mengenai fakta-fakta dari berbagai negara, baik itu negara yang sudah Anda kenal maupun negara yang belum Anda kenal atau dengar sebelumnya.

Contoh:

aplikasi safe travel

Untuk lebih mengetahui mengenai menu-menu yang ada pada Aplikasi Safe Travel, silakan Anda download di Play Store atau App Store.

Kesimpulan

Kehadiran aplikasi Safe Travel adalah salah satu bentuk kepedulian pemerintah kepada warga negaranya, agar mereka tetap selamat ketika berada di negeri orang.

Bagi Anda yang ingin berlibur ke luar negeri, disarankan menggunakan Aplikasi Safe Travel. Dan bagi Anda yang ingin studi ke luar negeri, juga disarankan menggunakan Aplikasi Safe Travel.

Aplikasi Safe Travel, tak hanya untuk mereka yang hendak berlibur atau studi ke luar negeri saja. Bagi Anda yang ingin pergi bekerja ke luar negeri pun juga disarankan menggunakan aplikasi Safe Travel agar pihak KBRI/KJRI/KRI lebih mudah dalam mendeteksi keberadaan Anda.



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button