Aplikasi untuk Mengembangkan Kecerdasan Anak

5 Aplikasi untuk Mengembangkan Kecerdasan Anak, Dijamin Si Kecil Suka!

Halo! Sahabat Klik mania, dimanapun anda berada, semoga selalu berbahagia ya! Kali ini penulis ingin berbagi sebuah artikel tentang aplikasi untuk mengembangkan kecerdasan anak, dijamin si kecil pasti suka!

Bagi ibu-ibu dan bapak-bapak, siapa yang punya anak kecil, ayo merapat ke mari! 😀

Siapa sih yang nggak menginginkan anaknya tumbuh cerdas? Sudah pasti semua ingin yang terbaik buat anaknya kan.

Maka dari itu, sejak usia sedini mungkin kita mesti memilah-milah apa saja kegiatan yang dirasa bermanfaat bagi pertumbuhannya.

Fenomena anak-anak zaman sekarang, dari kecil sudah mengenal gadget. Bahkan sejak usia dini mereka sudah dicekoki dengan gadget. Alih-alih memberi main gadget agar anak tidak rewel, tak terasa malah membuat anak kecanduan.

Namun apakah keadaan tersebut akan sepenuhnya memberikan dampak negatif terhadap anak anda? Sebenarnya kemajuan teknologi tidak sepenuhnya buruk, semuanya tergantung dari bagaimana cara anda menyikapinya.

BacaTips & Cara Yang Paling Tepat Melindungi Anak Dari Bahaya Internet

Anda harus pandai memilih aplikasi apa saja yang cocok untuk dimainkan anak anda, pastinya anak anda yang masih kecil harus dijauhkan dari konten-konten dewasa yang tidak sesuai umurnya.

Loading...

Lalu bagaimana cara agar anak anda yang masih kecil bisa memperoleh manfaat positif dari gadget itu? Nah! Di sinilah anda harus jeli melihat software atau aplikasi gadget yang pas untuk usia anak anda.

Carilah aplikasi yang edukatif (mendidik) agar anak anda bisa bermain sambil belajar. Maka dari itu, silakan simak nama aplikasi yang baik untuk tumbuh kembang otak anak anda.

5 Aplikasi untuk Mengembangkan Kecerdasan Anak

1. Piano Anak – Musik dan lagu

Aplikasi untuk Mengembangkan Kecerdasan Anak
Piano Anak via play.google.com

Aplikasi dari developer Oranges Studios ini menawarkan permainan musik yang menyenangkan. Aplikasi untuk mengembangkan kecerdasan anak ini sepenuhnya gratis.

Anak anda dapat belajar untuk memainkan instrumen lagu yang indah melalui game ini, serta melatih kemampuan mengeksplorasi berbagai suara yang berbeda-beda hingga mengenal tangga nada.

Antarmuka dalam game ini penuh warna dan cerah. Tentunya akan menarik minat anak anda untuk mencoba memainkan game ini.

Tidak hanya meningkatkan kemampuan anak anda dalam permainan musik, aplikasi ini juga membantu untuk mengembangkan memori, konsentrasi, imajinasi dan kreativitas, serta kemampuan motorik, intelektual, sensorik dan ucapan.

Tersedia tiga mode permainan dalam aplikasi ini, yaitu:

  • Instrumen: Piano, xylophone, perkusi drum, gitar, flute. Setiap instrumen memiliki suara sama seperti instrumen aslinya memiliki dan representasinya sendiri. Anak anda akan bisa bebas berimajinasi untuk menyusun melodi yang dia sukai.
  • Lagu: anak anda bisa belajar memainkan lagu yang indah. Terdapat fitur “Auto Play” untuk memainkan lagu otomatis sehingga anak anda bisa belajar melodi. Yang unik adalah, terdapat karakter lucu yang menyertai suara musik dan menemani anak yang sedang bermain.
  • Suara: mode ini memungkinkan Anda memilih beberapa gambar dengan suara berbeda dan anak akan belajar untuk mengidentifikasinya. Anak akan bisa menggali dan mengenali berbagai macam suara benda serta belajar pengucapan warna, angka dan alfabet dalam bahasa Inggris.

2. Lagu Anak Indonesia

Aplikasi untuk Mengembangkan Kecerdasan Anak
Lagu Anak Indonesia via play.google.com

Lagu anak Indonesia ini buatan developer Hicca Studios, asli buatan lokal loh! Tentu saja juga dibuat khusus untuk anak Indonesia.

Aplikasi ini menyediakan lagu-lagu anak Indonesia populer tahun 1980an dan selalu update lagu baru setiap bulan dengan konten yang mudah didownload.

Selain itu juga tersedia lagu anak internasional yang telah dirubah ke bahasa Indonesia, dan lagu baru yang diciptakan khusus untuk anak Indonesia.

Aplikasi ini menampilkan video klip animasi bernyanyi dan menari bersama karakter hewan endemik Indonesia yang lucu dan menggemaskan, yaitu Uwa si orang utan, Mica si harimau cantik, dan Pito si badak.

Dilengkapi juga dengan fitur karaoke yang membuat anak bebas bernyanyi dengan ceria. Karena developer lagu anak Indonesia berkomitmen untuk mewujudkan keceriaan anak Indonesia masa kini.

Dengan media suara dan video klip animasi, Aplikasi untuk mengembangkan kecerdasan anak ini sangat bagus untuk memperkenalkan lagu dan budaya Indonesia kepada anak anda

3. Permainan alfabet untuk anak

Aplikasi untuk Mengembangkan Kecerdasan Anak
Permainan alfabet untuk anak via play.google.com

Ini adalah Aplikasi untuk mengembangkan kecerdasan anak yang mendidik khusus bagi anak-anak TK dan usia sekolah dasar.

Permainan ini efektif untuk membantu anak belajar alfabet, karena melalui game ini mereka akan merasa seperti sedang bermain dengan penuh kebahagiaan.

Anak anda akan belajar bahasa Inggris yang benar dalam hal pengucapan vokal, konsonan dan suku kata, mengetahui cara menggambar huruf dan kata-kata.

Jika berhasil, mereka akan diberi motivasi berupa sorak-sorai, pujian, permen, dan medali sehingga anak tidak akan bosan.

Game ini penuh dengan warna yang cerah dan menarik untuk anak. Ada beberapa background lucu yaitu kamar mandi, dapur, halaman belakang, taman musim dingin dengan pohon-pohon yang indah, dan lain-lain.

Kesimpulannya, Aplikasi untuk mengembangkan kecerdasan anak ini sangat bagus terutama dalam mengembangkan keterampilan dasarnya, mengembangkan keterampilan motorik halus, imajinasi dan memori.

4. Marbel Belajar Hewan + Suara

Aplikasi untuk Mengembangkan Kecerdasan Anak
Marbel via play.google.com

Sama seperti namanya, aplikasi milik Educa Studio ini akan mendidik anak anda untuk mengenal berbagai macam hewan dan suaranya. Baik itu hewan peliharaan, hewan ternak ataupun hewan buas.

Anak-anak akan dikenalkan pada dunia belajar yang lebih menyenangkan. Setelah belajar, anak bisa memainkan beberapa permainan edukasi yang menarik untuk menguji kemampuan mereka.

Aplikasi untuk mengembangkan kecerdasan anak ini menggabungkan konsep belajar dan bermain menjadi satu sehingga melahirkan cara belajar yang lebih menyenangkan.

Materi yang disajikan pun dalam bentuk yang menarik dilengkapi dengan:

  • Gambar dan animasi yang menarik
  • Sound asli untuk setiap hewan
  • Narasi untuk membantu anak yang belum lancar membaca.

Permainan edukasi marbel akan melatih ketepatan serta kecepatan, ketangkasan, daya ingat, dan masih banyak lagi. Sangat cocok untuk asah otak anak.

5. Buku Dongeng Anak

Aplikasi untuk Mengembangkan Kecerdasan Anak
Buku Dongeng Anak via play.google.com

Buku Dongeng Anak adalah Kumpulan cerita dongeng anak yang disertai gambar dari dongeng pilihan. Hadir dengan tampilan yang elegan dan simpel sehingga cerita yang disuguhkan mudah untuk dibacakan sebelum anak anda tidur.

Aplikasi buku dongeng juga dapat dijadikan bacaan sebagai sarana pembelajaran anak agar anak dapat melihat amanat dari sebuah kejadian di dalam cerita dongeng secara sederhana.

Buku dongeng ini memuat cerita Anak, cerita rakyat, dongeng sebelum tidur, cerita lucu dan fabel yang berasal dari seluruh penjuru dunia salah satunya Indonesia.

Buku Dongeng Anak sangat menarik dan dapat dibaca oleh anak Indonesia dari segala umur dan sebagai salah satu Aplikasi untuk mengembangkan kecerdasan anak, terutama pesan – pesan yang dibawa.

Fiturnyapun menarik, diantaranya:

  • Tampilan Material Design
  • Tersedia lebih dari 600 cerita dongeng terbaru
  • Penambahan ke menu favorite
  • Penambahan menu share (bagikan cerita)
  • Ukuran aplikasinya hanya sekitar 7 MB

Buku Dongeng Anak ini bagus untuk dijadikan sebagai referensi atau tambahan cerita dongeng untuk anak anda sebelum ia tidur.

Akhir kata,

semoga 5 Aplikasi untuk mengembangkan kecerdasan anak di atas dapat menjadi rekomendasi yang baik untuk mulai diberikan kepada anak anda.

Ada baiknya saat anak anda memainkan aplikasi tersebut, anda juga turut mengawasi serta membimbing agar anak bisa lebih mudah mengerti, sehingga kecerdasan anak berkembang dengan lebih optimal.


Loading...

Bagikan

Intan Candy

Penulis

Seorang mahasiswi yang suka menulis. Tidak akan pernah bosan untuk belajar agar bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *