aplikasi youtube kids

Kabar Gembira, Aplikasi YouTube Kids Resmi Meluncur di Indonesia

Aplikasi YouTube Kids, akhirnya resmi meluncur di Indonesia, setelah harus menunggu waktu selama 3 tahun.

Kehadiran YouTube Kids di Indonesia, tentu sangat menggembirakan, khususnya bagi para orang tua yang khawatir akan tontonan anak-anaknya.

Apa Itu Aplikasi YouTube Kids?

YouTube Kids adalah aplikasi yang dibuat khusus untuk membawa kumpulan konten menarik dan ramah keluarga dari seluruh dunia.

Sebelum resmi diluncurkan pada Kamis (06/09), YouTube Kids sudah mengudara terlebih dahulu di 37 negara, seperti Malaysia dan Filipina.

Pernyataan Don Anderson, selaku Head of Kids and Learning Partnerships YouTube Asia Pacific tentang YouTube Kids:

“Prioritas utama kami adalah memberikan pengalaman terbaik bagi keluarga dan anak-anak untuk mengakses kekayaan konten ramah keluarga.”

Don juga mengatakan, YouTube Kids memberi orang tua kontrol untuk memberikan pengalaman yang sesuai untuk anak-anak mereka mengeksplorasi keingintahuan mereka yang tak ada habisnya dan belajar tentang topik-topik yang baru.

Jadi, dengan kehadiran YouTube Kids di Indonesa ini, para orang tua seharusnya tidak perlu khawatir lagi akan aktivitas anak-anak mereka ketika menonton YouTube.

Loading...

Apa Saja Fitur YouTube Kids?

Dilansir dari blog Google, setidaknya ada tiga fitur YouTube Kids yang dapat membuat orang tua tenang dan mudah dalam melakukan kontrol.

Dan ketiga fitur tersebut adalah:

1. Profil Anak

Fitur yang satu ini, memungkinkan orang tua membuat banyak profil untuk anak-anak mereka hingga delapan profil.

Jadi, setiap profil memiliki kumpulan preferensi dan rekomendasi tontonan terpisah, sehingga aplikasi YouTube Kids dapat digunakan oleh banyak anak sekaligus.

2. Kontrol Penelusuran

Fitur kontrol penelusuran, memungkinkan orang tua untuk membatasi konten dan membuat koleksi video yang nantinya akan ditonton oleh anak-anak.

Para orang tua pun juga bisa menghapus riwayat tontonan yang dilihat oleh anak-anak, sebagaimana yang ada pada aplikasi YouTube dewasa.

3. Pengatur Waktu Menonton

Sama seperti YouTube dewasa, di YouTube Kids pun para orang tua juga bisa mengatur waktu menonton untuk anak-anaknya.

Aplikasi ini memberitahu anak-anak saat waktu menonton selesai. Jadi, anak-anak akan tahu kapan batas mereka untuk menonton sebuah video.

Karena YouTube Kids ini baru saja meluncur di Indonesia, maka cara terbaik untuk mengenal dan mengetahui fitur-fiturnya adalah dengan mendownload aplikasinya di Play Store dan App Store.

Kesimpulan

Google mengatakan, jika mereka membuat YouTube Kids untuk memudahkan anak-anak menjelajahi dunia dengan aman melalui video online.

Meski sistem tidak ada yang aman 100%, setidaknya YouTube Kids ini bisa menjadi solusi ketimbang anak-anak harus menonton video melalui YouTube dewasa.

Baca: Penonton YouTube Habiskan 59 Menit Setiap Hari untuk Menonton

Jadi, apabila saat ini anak-anak masih menonton video melalui YouTube dewasa, maka mulai sekarang segeralah beralih ke YouTube Kids agar anak-anak bisa terlindungi.



Loading...


Bagikan

Leo Setiawan

Penulis

Komentar

    Leo Setiawan

    Leo Setiawan

    ( - 12:34)

    🙂

    Ilham

    ( - 07:24)

    Terima kasih atas informasinya sangat bermanfaat, saya langsung download aplokasi youtube kids buat adik saya hehehe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *