Review ProdukTekno

Apple AirPods Pro Resmi Dirilis, Kini Dengan Desain In-Ear dan Fitur Baru

Harga, Spesifikasi dan Fitur Apple AirPods Pro

Setelah menunggu cukup lama, Apple akhirnya telah secara resmi merilis Apple AirPods Pro.

Sesuai namanya, AirPods Pro bukanlah pengganti/replacement untuk Apple AirPods melainkan hanya versi premiumnya saja.

AirPods Pro memiliki desain yang lebih sleek serta dilengkapi fitur baru seperti Passive dan Active Noise Cancelling.

Earphones tersebut juga dilindungi dengan IPX4 water resistant rating dan dibandrol dengan harga yang cukup kompetitif.

Berikut informasi selengkapnya

Apple AirPods Pro

Apple AirPods Pro
Source: Apple

Berbeda dengan Apple AirPods, AirPods Pro kini menggunakan desain in-ear yang membuatnya menjadi salah satu produk kedua Apple setelah Apple In-Ear headphone dengan desain in-ear nya.

AirPods Pro memiliki tiga set silicone ear tips yang secara natural memberikan passive noise isolation ketika AirPods tersebut dipakai.

Apple juga menambahkan ventilasi yang berguna untuk menyeimbangkan tekanan agar pemakai merasa nyaman terutama bagi yang belum terbiasa memakai in-ear earphones.

Noise Cancellation

Seperti yang sudah dijelaskan, AirPods Pro juga dilengkapi dengan active noise cancellation.

Berbeda dengan passive noise cancellation yang menggunakan silicone eartips, active noise cancellation menggunakan komponen elektronik.

AirPods Pro memiliki dua microphone yaitu external dan internal microphone.

External microphone digunakan untuk memonitor ambient noise (suara sekitar) lalu secara aktif mengeluarkan suara/audio yang terbalik untuk mencegah suara tersebut masuk ke dalam earphones.

Source: Wikipedia

Sedangkan internal microphonenya digunakan untuk memonitor suara didalam earphones itu sendiri dan secara otomatis akan mengatur noise cancellation untuk tiap telinga berdasarkan banyaknya suara luar yang masuk.

Transparency

Apple AirPods Pro juga mempunyai fitur yang mereka namakan Transparency.

Apa itu fitur Transparency?

Fitur ini berguna untuk menggabungkan sebagian suara ambient (suara sekitar) dengan suara/audio yang sedang kamu dengar.

Apple AirPods Pro
Source: Apple

Jadi kamu akan lebih sadar akan sekelilingmu, fitur ini sangat berguna jika kamu berada di bandara agar kamu tidak melewatkan pengumuman jam terbang atau saat di jalan umum.

Water Resistant

Apple Airpods Pro tidak hanya mempunyai desain yang baru tapi juga dilindungi dengan IPX4 rating yang membuatnya memiliki perlindungan water & sweat (keringat) resistance.

Hal tersebut membuat AirPods Pro sangat cocok digunakan untuk kegiatan seperti jogging, gym atau kegiatan olahraga lainya tanpa khawatir keringatmu akan merusak earphones tersebut.

Desain in-ear yang baru tersebut juga akan membuat AirPods Pro terpasang lebih kencang di telinga kamu sehingga tidak akan mudah lepas.

Source: Apple

Namun jangan gunakan AirPods Pro untuk kegiatan olahraga seperti berenang karena AirPods Pro hanya dilindungi IPX4 dan bukan IPX9.

Walaupun earphones tersebut mempunyai perlindungan water resistant, charger/case nya tidak! jadi jangan sampai case/charger tersebut terkena air.

Pressure Sensitive Stalk

Bagian belakang AirPods Pro juga dilengkapi fitur pressure sensitive yang bisa kamu gunakan untuk berbagai macam fungsi.

Apple AirPods Pro
Source: Apple

Sebagai contoh, jika kamu menekanya dan tahan maka akan men-toggle antara fitur active noise cancellation dan mode Transparency.

Tekan sekali untuk play/pause, dua kali untuk skip track dan tiga kali untuk skip kebelakang.

Hardware Apple AirPods Pro

Apple AirPods Pro menggunakan custom high-excursion audio driver terbaru dengan custom high dynamic range amplifier.

Dan seperti yang dijelaskan, audio nya selalu dimonitor oleh internal microphone dan di atur secara otomatis untuk memberikan kualitas audio yang terbaik.

Semua itu tercapai berkat digunakanya onboard H1 audio processor yang juga digunakan oleh AirPods generasi ke-2.

H1 audio processor chip memungkinkan AirPods Pro untuk mempunyai latency yang rendah saat memproses audio.

Chip tersebut juga yang bertanggung jawab akan fitur noice cancellation dan hands-free Hey Siri.

 

Fitur Lain

Seperti Apple AirPods, AirPods Pro akan secara otomatis melakukan paring dengan perangkat iOS yang sudah terdaftar saat kamu membuka lid pada casing AirPods Pro tersebut.

Jika kamu melepasnya, H1 Chip pada AirPods Pro akan secara otomatis menghentikan/pause musik yang sedang kamu dengar.

Dan jika kamu memakainya lagi, maka AirPods Pro akan secara otomatis memulai musik itu kembali dari waktu di-pause nya musik tersebut.

Apple AirPods Pro juga memiliki fitur baru yang sangat canggih yang Apple beri nama Ear Tip Fit Test.

Fitur ini akan secara otomatis mengukur level suara (sound level) menggunakan internal microphone dan akan memberi tahu user apakah ear tips yang mereka pilih sudah cocok atau belum.

Sama seperti AirPods, AirPods Pro juga memiliki fitur Audio Sharing, jadi kamu bisa mengkoneksikan dua AirPods ke perangkat yang sama dan mendengarkan konten yang sama.

Baterai

Meskipun memiliki fitur dan desain baru, daya tahan baterai pada AirPods Pro hampir mirip dengan original AirPods.

Baterai AirPods Pro dapat memberikan kamu waktu selama 4.5 Jam untuk music listening dengan fitur active noise cancelling dan 5 Jam tanpa active noise cancelling, lalu 3.5 Jam talk time dengan fitur active noise cancelling.

Casing nya sendiri sama seperti AirPods juga bisa digunakan sebagai charger yang jika di total dapat memberikan waktu 24 Jam audio listening dan 18 Jam talk time.

Casing tersebut juga dilengkapi dengan fitur fast charging dan dapat memberikan waktu 1 Jam untuk music/talk time hanya dalam waktu 5 menit charge saja.

Casing

Casing AirPods Pro sudah didesain khusus untuk earphones tersebut, fitur utama dari casing ini adalah sekarang casing Airpods Pro sudah mempunyai wireless charging di dalamnya. (jadi tidak seperti AirPods Pro, kamu tidak perlu membeli optional wireless charger)

Fitur tersebut bisa dipakai menggunakan Qi-enabled wireless charger apapun, kamu juga bisa menggunakan kabel lightning sama seperti iPhone.

Harga Apple AirPods Pro

Kabarnya AirPods Pro akan tersedia untuk lebih dari 25 Negara dan akan dibandrol seharga $249 USD atau sekitar 3.5 Juta’an.

Earphones tersebut akan mulai tersedia pada tanggal 30 Oktober mendatang.


Loading...
Baca selengkapnya

Only a writer and a drop of water in the endless sea :) Business Contact: Sweetestnier@gmail.com

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close