Tekno

Apple Akan Memakai Chip Buatan Sendiri untuk Komputer Mac

Laptop Mac akan ditenagai oleh chip berbasis Arm buatan Apple sendiri

Berbeda dari barisan komputer Mac sebelumnya yang menggunakan prosesor Intel, ke depannya Apple berencana akan menggunakan chip berbasis Arm buatan perusahaan Apple sendiri. Dengan chip baru ini, laptop Mac akan jadi lebih ramping dan ringan.

Dilansir dari cnet.com, bulan Juni ini perusahaan Apple akan mengumumkan rencana penggantian prosesor Intel ke chip berbasis Arm. Chip ini buatan perusahaannya sendiri di acara tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC) 2020.

WWDC tahun ini akan berlangsung pada tanggal 22 Juni 2020, dan akan digelar secara online saja karena adanya pandemi virus corona yang sedang berlangsung. Meski WWDC tahun ini akan berlangsung sederhana, tapi tetap dinanti oleh para developer di dunia.

Tapi, menurut laporan yang dipublikasikan di Bloomberg.com, waktu pelaksanaan pengumuman dari Apple itu bisa berubah sewaktu-waktu. Hal ini akibat pandemi yang mempengaruhi proses produksi di perusahaan Apple.

Baca juga : Kabar Gembira, Apple Mac Pro Terbaru Sudah Siap Diburu

Chip  Buatan Apple

Jika kita menilik kembali ke belakang, sebenarnya rumor tersebut sudah tersiarsejak dulu. Rencana perusahaan Apple untuk menggunakan prosesor berbasis Arm di dalam MacBook dan iMac sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu.

arm chip apple

Dimulai dari bulan April 2018, pernah muncul berita bahwa Apple sudah dalam tahap awal penciptaan prosesor buatan sendiri untuk produk MacBook dan iMac. Tapi kemudian rumor itu mereda tanpa adanya kejelasan.

Jika penggantian chip benar terjadi, maka nanti barisan komputer Mac akan memiliki prosesor strategi mirip dengan iPhone dan iPad. Karena produk iPhone dan iPad juga memakai prosesor buatan Apple, seperti chip A13 Bionic yang digunakan pada iPhone 11.

Menurut laporan Bloomberg, ada beberapa kelebihan dari chip berbasis Arm buatan Apple ini. Bukan hanya bisa membuat laptop Mac menjadi lebih ramping dan ringan. Tetapi performanya juga akan lebih baik dibandingkan dengan komputer yang ditenagai oleh chip Intel.

Hasil uji coba yang dilakukan perusahaan Apple menyatakan bahwa komputer Mac yang ditenagai oleh chip berbasis Arm menunjukkan adanya peningkatan pada grafik performa dan aplikasi yang menggunakan AI (kecerdasan buatan).

Bloomberg menyebut bahwa komputer Mac pertama yang ditenagai oleh chip berbasis Arm buatan Apple itu dilaporkan baru akan tersedia di pasaran pada tahun 2021. Tapi pihak Apple sendiri menolak untuk berkomentar mengenai berita ini.

Entah akan ada perubahan rencana penggantian prosesor baru, atau mungkin perusahaan Apple akan memberi kejutan lain. Berita pastinya baru akan diketahui setelah gelaran WWDC 2020 online yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Juni mendatang.


Loading...
Baca selengkapnya

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close