april mop dalam dunia teknologi

Mengejutkan Hingga Berujung Maaf, April Mop dalam Dunia Teknologi

April mop dalam dunia teknologi – April Mop adalah lelucon atau kebohongan yang dilakukan seseorang kepada orang lain tanpa merasa perbuatan yang dilakukan itu salah.

April Mop terjadi tiap tahun, tepatnya pada 1 April. Dilansir dari berbagai sumber, April Mop pertama kali dilakukan pada tahun 1582.

April Mop dalam Dunia Teknologi

Ada banyak sekali individu-individu, maupun perusahaan yang melakukan April Mop. Dan berikut ini beberapa aksi April Mop yang ditunjukkan oleh beberapa perusahaan, khususnya perusahaan yang bergerak di bidang teknologi.

1. Google

1 April 2014, Google membuat kejutan, di mana mereka mengeluarkan fitur yang bernama Coffee To The Home di Google Fiber.

Coffee To The Home adalah terobosan baru yang dibuat oleh Google, khususnya untuk mereka yang suka menikmati kopi.

Coffee To The Home memungkinkan kopi bisa langsung disalurkan ke rumah-rumah pengguna melalui Google Fiber. Jadi, orang-orang tidak perlu repot lagi untuk membuat kopi.

Para pengguna hanya perlu memilih campuran kopi yang diinginkan melalui aplikasi. Kemudian, memencet tombol Google Fiber dan buka kran Fiber. Setelah itu, kopi pun siap dinikmati.

Sayangnya, terobosan baru yang dibuat oleh Google itu hanya lelucon di bulan April atau yang biasa kita kenal dengan nama April Mop.

Loading...

2. Qlue

April Mop dalam dunia teknologi selanjutnya dibuat oleh Qlue. Pada tahun 2016, Qlue (perusahaan yang bergerak di bidang Smart City) coba membuat terobosan baru yang bernama Qlue-Jek.

Qlue-Jek adalah sebuah solusi terbaru dari Qlue dengan konsep pembelanjaan dan pengantaran online yang berbasis aplikasi dan drone.

Qlue-Jek menjadikan drone sebagai alat pengiriman, karena drone yang mereka jadikan alat pengiriman, dikatakan mampu membawa barang seberat 5 kilogram dengan jarak tempuh 25 kilometer.

Mendengar kabar tersebut, sebagian orang tentu berdecak kagum. Namun sayangnya, apa yang disampaikan oleh Qlue hanyalah April Mop.

3. iPrice

iPrice adalah salah satu situs e-Commerce internasional yang memiliki banyak cabang di beberapa negara, seperti Singapura, Malaysia, Filipina, Hongkong, Thailand, Vietnam, dan tentunya Indonesia.

Pada Kamis (29/3), iPrice membuat rilis resmi mengenai GrabMudik, yaitu sebuah paket produk yang meliputi, GrabHeli, GrabDelman, dan GrabTruk Pasir. Dan semua angkutan baru itu akan dirilis pada 1 April 2018.

april mop dalam dunia teknologi
Gambar: CNN Indonesia

Sayangnya, apa yang dilakukan iPrice itu membuat pihak Grab berang. Alasannya, iPrice tidak pernah menjalin kerjasama dengan Grab untuk membuat GrabMudik.

Alhasil, iPrice pun harus menanggung malu, karena rilis yang sudah mereka buat itu sudah terlanjur disebarkan oleh media-media lain.

Tak ingin masalah berlarut-larut dan semakin panjang, pihak iPrice pun menyampaikan permintaan maaf melalui laman resmi mereka.

Kesimpulan

Jika Google dan Qlue sukses menjalankan aksi April Mop, maka lain halnya dengan iPrice. Niat membuat lelucon, justru mereka yang menjadi guyon.

Tentu aksi yang dilakukan oleh ketiga perusahaan di atas, bisa menjadi pembelajaran, khususnya untuk Anda yang ingin membuat aksi April Mop tahun depan.

April Mop dalam dunia teknologi itu sah-sah saja, asalkan tidak ada pihak yang dirugikan. Dan yang harus Anda ketahui adalah membuat April Mop itu harus dipersiapkan secara matang.

Jadi, apakah tahun depan Anda tertarik membuat April Mop?


Loading...

Bagikan

Leo Setiawan

Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *