asal usul nama teknologi

Asal-Usul 10 Nama Teknologi yang Populer Saat Ini

Asal-usul nama teknologi populer saat ini – Nama brand suatu perusahaan atau produk merupakan salah satu yang menentukan kesuksesan sebuah perusahaan tersebut. Begitu pula dalam dunia teknologi yang semakin maji saat ini.

Semakin maju teknologi, maka semakin bermunculanlah nama-nama brand dari berbagai perusahaan. Tidak asal memberi nama, ternyata ada filosofi unik di balik nama brand tersebut.

Sebut saja nama Google, saat pertama kali ternyata sebutannya adalah Googola. Nama ini muncul dari sebuah lelucon tentang banyaknya jumlah informasi yang dicari oleh search engine.

Istilah Googola sendiri berarti bilangan 1 yang di ikuti oleh 100 angka nol. Yang mengubah nama ini menjadi Google adalah Sergey Brin dan Larry Page yang saat itu sedang memberikan presentasi proyek pada investor.

Alhasil mereka berdua kemudian berhasil mendapatkan dana dalam bentuk check yang ditujukan untuk pengembangan proyek Google, yang akhirnya menjadi sebuah perusahaan yang paling besar di jagat internet.

Baca jugaKisah Sukses Pendiri WhatsApp “Jan Koum” : Aplikasi Instant Messaging yang Digunakan Seluruh Masyarakat Dunia

Nah, selain Google ternyata banyak nama – nama besar dalam bidang teknologi, khususnya dalam perkembangan teknologi internet dan komputer.

Apa saja nama teknologi tersebut pada awalnya?

Loading...

Asal-usul nama teknologi yang populer saat ini

1. Windows

Nama Teknologi
Logo Microsoft Windows. Sumber: abovethelaw.com

Pada awalnya, nama teknologi untuk program ini dinamakan dengan Interface Manager. Namun kemudian diganti menjadi “Windows” karena dianggap lebih sederhana dan memikat.

Nama ini digunakan kelatahan karyawan Microsoft yang menyebut program ini sebagai Program Windows karena tampilannya yang memang mirip dengan selayaknya jendela.

2. Corel

Tidak ada sejarah khusus mengenai pemberian nama perusahaan asal Kanada ini. Nama “Corel” merupakan kependekan dari Cowpland Research Laboratory yang dinamai oleh pendirinya sendiri, Michael Cowpland.

3. Adobe

Adobe merupakan salah satu perusahaan software komputer terbaik saat ini. Nama “Adobe” didapatkan dari nama Sungai Adobe Creek yang berada di belakang rumah salah satu pendirinya, ohn Warnock.

4. Bluetooth

Bluetooth
Logo Bluetooth. Sumber: qtooth.com

Nama “Bluetooth” didapatkan dari julukan seorang raja di Skandinavia pada abad ke-10 bernama Harald. Di Inggris, raja ini dijuluki sebagai “Harald Bluetooth” karena ada salah satu giginya yang berwarna biru.

5. Mozillla

Asal mula nama Mozilla adalah gabungan dari dua nama monster legendaris, Mozaic-Killer dan Godzilla. Nama ini juga digunakan untuk menggantikan nama browser “Mosaic” yang muncul lebih awal.

Baca juga: 10 Aplikasi Web Browser Terbaik Tahun 2018 untuk Browsing Cepat dan Aman

6. Hotmail

Nama “Hotmail” didapatkan ketika kedua pendirinya, Sabeer Bhatia dan Jack Smith, mencari nama untuk layanan surel baru mereka dengan embel-embel “mail”.

Pada akhirnya nama “hotmail” pun dipilih karena bisa juga dijadikan singkatan dari “HTML”.

7. Ubuntu

Ubuntu merupakan salah satu sistem operasi berbasis Linux yang paling populer.

Nama “Ubuntu” sendiri berasal dari sebuah kata filosofi dari Afrika Selatan yang bisa diterjemahkan “kemanusiaan kepada sesama” atau yang bermakna “.

Artinya adalah kepercayaan akan ikatan berbagi universal yang menghubungkan semua umat manusia”.

8. Nokia

Siapa yang tidak mengenal merek perusahaan komunikasi yang sempat sukses merajai penjualan ponsel ini.

Nama “Nokia” didapatkan dari nama sebuah kota kecil yang tak jauh dari kota Tampeere, kota asal pembuatan Nokia.

9. Xerox

Xerox adalah perusahaan fotokopi pertama dan terbesar di dunia. Nama “Xerox’ diambil dari kata “Xerografi” yang memiliki arti “penggandaan bahan cetakan dari film atau kertas dengan menggunakan sinar listrik”.

10. Linux

Linux
Logo Linux. Sumber: techxplore.com

Linux adalah sistem operasi komputer open-source yang bertipe Unix. Nama “Linux” diberikan berdasarkan nama pembuatnya, Linus Torvalds.

Itulah asal-usal nama teknologi yang saat ini sedang populer dan merajai dunia teknologi, khususnya komputer dan Internet.


Loading...

Bagikan

Heru NC

Penulis

Rain or shine, I want to see you smile.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *