Ulasan Bisnis

Asuransi Mobil Terbaik untuk Perlindungan Aset Anda

Asuransi Mobil Terbaik – Pertumbuhan asuransi mobil sebenarnya cukup lumayan pesat lagi di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Kepedulian masyarakat akan risiko yang bakal terjadi pada kendaraan roda empat mereka kian meningkat.

Jadi jika dahulu mungkin cuma asuransi jiwa, asuransi pendidikan saja yang dipikirkan, sekarang asuransi untuk kendaraan juga penting. Hal ini tentu untuk melindungi sisi finansial semata.

Baca juga : 8 Jenis Asuransi Untuk Perlindungan Bisnis dan Keluarga Anda

Tanpa asuransi, jika terjadi hal-hal buruk dengan kendaraan kita, otomatis kita mesti menanggung kerugiannya sendiri. Namun, dengan asuransi, kita bakal ringan menanggung beban tersebut sebab seluruh kerugian juga ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Buat anda yang berencana untuk memilih asuransi kendaraan roda empat, simak dahulu review singkat mengenai asuransi mobil ini dan berapa besaran preminya yang wajib dibayarkan.

Asuransi merupakan sebuah perjanjian legal yang menjamin pihak perusahaan asuransi akan membantu kita atas seluruh risiko yang terjadi kepada diri atau barang-barang yang kita asuransikan.

Artinya, asuransi mobil bermanfaat untuk melindungi kendaraan roda empat kita dari risiko-risiko buruk, seperti hilang, kecelakaan, atau rusak. Bagaimana format perlindungannya?

Mereka bakal membantu kita secara finansial dalam menanggung kerugian dampak risiko tersebut.

Mengenai besaran uang yang diberi dan risiko apa saja yang dicover, sesuai dari polis atau perjanjian yang dipilih. Di samping itu, besaran premi bulanan atau tahunan yang wajib kita bayar ke perusahaan asuransi juga tergantung dari polis yang kita pilih.

asuransi mobil terbaik

Kelebihan menggunakan asuransi mobil

1. Meminimalisir kerugian

Kendaraan roda empat merupakan moda transportasi yang terbilang mahal, seandainya terjadi kerusakan atau kecelakaan, otomatis ongkos servisnya juga mahal.

Nah jika kita memasukkannya ke dalam asuransi, kita tidak perlu menanggung semuanya sendirian. Sebab seperti yang tertulis dalam perjanjian, beberapa atau pun semua kerugiannya bakal dibayarkan oleh perusahaan asuransi.

2. Memberikan ketenangan

Perasaan was-was pasti bakal ada jika kita mempunyai barang mahal, was-was sebab barang itu bisa rusak atau malah raib.

Mobil yang kita miliki juga beresiko mengalami kerusakan karena kecelakaan sampai risiko kehilangan. Dengan mengikutkannya ke asuransi, kita dapat sedikit lebih tenang jika hal tidak diinginkan diatas terjadi. Sebab kita yakin semua risiko itu secepatnya dapat dicover oleh perusahaan asuransi.

3. Meminimalisir dari persoalan hukum dan undang-undang

Sebuah kecelakaan kendaraan, tentu ada penyebabnya, entah itu dari pihak satu atau pihak dua. Bila kita memakai asuransi kendaraan, kita dapat meminimalisir tuntutan hukum jika kekeliruan cenderung berada di pihak kita.

Namun, bukan berarti anda akan terbebas dari tuntutan hukum sepenuhnya juga.

4. Kita akan memperoleh mobil pengganti ketika kendaraan dalam masa servis

Ketika mobil sedang direparasi akibat kecelakaan, anda mesti rela tidak memakai mobil selama reparasi sampai selesai. Ini otomatis dapat mengganggu yang umumnya mengandalkan mobil untuk mobilitas sehari-hari.

Tetapi, jika kita mendaftarkannyake perusahaan asuransi, kita bakal menerima mobil sementara.

5. Ongkos perawatan medis juga turut ditanggung

Sebagian asuransi rupanya juga memberikan kompensasi ongkos perawatan medis. Hal ini tentu berlaku bila kita mengalami kecelakaan di dalam mobil yang diasuransikan, lalu mengalami luka-luka serius.

Kekurangannya memakai asuransi mobil

1. Tetap membayar sebagian uang service/reparasi walaupun tiap bulannya telah membayar premi

Bagi beberapa orang, mengikutsertakan mobilnya ke asuransi justru malah menambah jumlah pengeluaran mereka.

Pertama, tiap bulannya kita diwajibkan untuk membayar premi, yang jumlahnya tergantung dari jenis asuransinya.

Kedua, ketika reparasi kita juga diwajibkan untuk menanggung biayanya meski beberapa telah ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Ada kecelakaan atau tidak, kita diwajibkan untuk membayar premi tiap bulannya. Jika dalam satu tahun itu tidak ada kerusakan yang kita klaim, premi kita menjadi tidak berguna.

2. Kontrak yang panjang dan ketidakjelasan layanan

Kontrak asuransi kendaraan umumnya berlangsung lama, paling singkat 1 tahun. Artinya, kita diwajibkan untuk membayarkan premi selama satu tahun penuh dan bila terlambat, akan didenda.

Kecuali itu, banyak dari masyarakat yang merasa tertipu dengan layanan asuransi. Mereka main asal mendaftar saja tanpa mengenal lebih detail risiko apa saja yang ditanggung dan tidak ditanggung perusahaan.

Tentu bukan sepenuhnya salah nasabah asuransi, namun juga pihak perusahaan yang kadang kurang memberikan kejelasan tentang layanan yang mereka tawarkan.

Hal ini mungkin terjadi pada perusahaan yang terlalu fokus pada jumlah nasabah, tanpa memperdulikan kepuasan pelanggan.

Sebagai konsumen tentu kita wajib berhati-hati atas isi surat perjanjiannya, sebab perusahaan asuransi juga berupaya buat perjanjian yang berisikan agar mereka tidak menjalankan ganti rugi untuk situasi-situasi tertentu.

Jenis asuransi mobil

Sebelum memilih asuransi kendaraan yang terbaik, sebaiknya kita mengenal dahulu jenis asuransi yang ada. Asuransi kendaraan terdiri dari dua jenis, yakni all risk, dan total loss only (TLO).

1. Asuransi all risk

Asuransi ini siap menanggung seluruh risiko yang dialami mobil kita, mulai dari kerusakan ringan, berat, sampai risiko kehilangan. Oleh karena banyak yang ditanggung, otomatis biaya preminya lebih mahal daripada yang TLO.

2. Asuransi Total Loss Only (TLO)

Total loss only cuma dapat menanggung kerusakan yang berat sampai risiko kehilangan. Persyaratan kerusakan yang dapat diklaim wajib lebih dari 75 persen, di bawah itu, kita mesti menanggungnya sendiri.

Layanan klaimnya yang lebih sempit daripada all risk, menjadikan asuransi TLO ini preminya lebih murah.

5 Perusahaan asuransi mobil terbaik 2019

Mengingat saat ini pertumbuhan angka kepemilikan mobil cukup pesat, tidak heran mulai muncul beberapa perusahaan asuransi yang menyediakan layanan produk asuransi mobil.

Ada beberapa perusahaan yang terbilang sudah cukup lama dan terpercaya sebagai penyedia asuransi mobil. Berikut 5 perusahaan asuransi mobil terbaik yang bisa menjadi rekomendasi buat anda

1. Autocillin

Daftar asuransi kendaraan terpercaya pertama yaitu Autocillin dari Adira Insurance. Ada dua macam asuransi yang disediakan, yakni all risk dan TLO. Keduanya tentu mempunyai kelebihan yang dapat dinikmati oleh pemilik kendaraan.

Salah satu misalnya, di dalam layanan all risk, mereka bersedia untuk menanggung tarif service kerusakan kendaraan roda empat yang diakibatkan oleh kerusuhan hingga musibah lain semisal bencana alam.

Jadi jika tiba-tiba kendaraan kita yang terparkir di luar ruangan terkena timpukan batu gara-gara tawuran, atau lenyap sebab longsor, Autocillin siap menanggungnya.

Kecuali itu, mereka juga tidak sembarangan merekomendasikan bengkel rekanan yang ecek-ecek, sebab seluruh bengkelnya berani memberikan garansi selama enam bulan terhitung semenjak service seluruh perbaikan ataupun garansi orisinalitas suku cadang.

Info lengkap silahkan kunjungi situs asuransiadira.com

2. Asuransi Sinarmas

Asuransi mobil yang ditawarkan oleh Sinarmas lebih luas daripada Autocilin, sebab di Sinarmas tidak hanya ada perlindungan all risk dan TLO saja, namun juga ada TPL.

Nah apa itu TPL? TPL merupakan singkatan dari third party liability. Artinya, perusahaan bukan cuma menanggung kerusakan kendaraan ataupun kondisi fisik kita saat kecelakaan, namun juga bersedia menanggung risiko yang dialami oleh pihak ketiga.

Contohnya saat kita mengalami kecelakaan, lalu ada satu orang mengalami luka-luka dalam insiden itu. Pihak tersebut tidak terima dan menggugat kita untuk menanggung ongkos pengobatannya. Apabila kita ikut dalam jenis premi TPL, maka ongkos pengobatannya itu juga akan turut ditanggung oleh Sinarmas.

Informasi lebih lanjut, anda bisa kunjungi situs resmi asuransi sinarmas

3. Asuransi Garda Oto

Anda dapat memilih all risk atau TLO di asuransi Garda Oto. Kelebihannya, dua asuransi itu telah termasuk dengan layanan TPL.

Kecuali itu mereka juga mempunyai jaminan pengobatan, untuk pengemudi ataupun penumpang, yang besarannya 10 persen dari jaminan kematian.

4. Asuransi mobil ACA

ACA menyediakan dua program asuransi kendaraan, pertama ada Comprehensive (gabungan) dan Otomate. Comprehensive sama dengan layanan asuransi all risk, yakni menyediakan perbaikan kendaraan dengan semua kerusakan, dan juga penggantian kendaraan seandainya kendaraan hilang.

Sementara Otomate, sama saja dengan Comprehensive, hanya kelebihannya, mereka siap untuk memberikan kendaraan pengganti jika servis mobil anda melebihi 48 jam. Meskipun kendaraan di bengkel, kita tetap dapat bepergian kemana saja dengan nyaman!

5. Asuransi Toyota, Auto2000

Buat para pemilik kendaraan Toyota terkini, sepertinya tidak perlu repot-repot lagi mencari asuransi mana yang terbaik. Pasalnya tiap pembelian unit baru dan resmi di Toyota, kendaraan itu telah teregistrasi betul-betul memadai.

Misalnya, jika bodi kendaraan lecet, atau penyok karena kecelakaan, bodi dapat deng} kembali mulus seperti semula. Prosesnya juga sangat gampang dan terbilang cepat.

Supaya dalam bingung dan salah memilih asuransi, setidaknya ada faktor yang perlu diperhatikan,

  1. Pastikan perusahaan asuransi sudah lama berdiri dan mempunyai reputasi yang bagus
  2. Risk Based Capital (RBC) di atas 120 persen. RBC ini memperlihatkan kesehatan keuangan perusahaan asuransi. Kian besar, tentu kian bagus kondisi finansialnya.
  3. Preminya terhitung relatif murah buat kita
  4. Mempunyai banyak rekanan bengkel yang bermutu
  5. Layanan yang diberi memadai

Itulah sekilas seputar asuransi mobil atau kendaraan yang harus kita ketahui. Semoga dapat memberikan rujukan buat siapapun yang ingin mempertimbangkan ikut asuransi mobil dan memilih mana perusahaan asuransi mobil terbaik yang bisa memberikan proteksi pada mobil kesayangan kita.


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close