Traveling

Asuransi Perjalanan Terbaik untuk Kenyamanan Liburan Anda

Memilih asuransi perjalanan terbaik – Risiko perjalanan tidak dapat diterka. Jangan sampai terjadi perjalanan wisata yang Anda lakukan jadi mimpi buruk ketika risiko datang. Tentunya, kita ingin perjalanan wisata kita menyenangkan dan terhindar dari hal-hal buruk itu.

Di tiap perjalanan yang Anda lakukan, ada risiko yang mungkin saja bakal terjadi sewaktu-waktu. Seperti keterlambatan jadwal perjalanan, kehilangan barang, gangguan medis ketika di perjalanan, sampai terjadinya kecelakaan.

Apa itu asuransi perjalanan ?

Asuransi Perjalanan merupakan sebuah asuransi yang diperuntukkan untuk memberikan perlindungan selama Anda bepergian. Asuransi perjalanan memang bukan termasuk kedalam jenis asuransi yang menjadi prioritas.

Asuransi ini diutamakan untuk Anda yang memang menyukai perjalanan keluar kota hingga keluar negeri dan fungsinya yang cuma melindungi saat akan melaksanakan perjalanan saja.

Akhir-akhir ini produk asuransi perjalanan cukup populer dikalangan masyarakat dan sifatnya yang lebih fleksibel daripada jenis asuransi lain sehingga banyak masyarakat yang turut serta mempunyai produk asuransi perjalanan.

Terlebih lagi bagi yang hobi traveling dan yang memang pekerjaannya mengharuskan rutin melaksanakan perjalanan ke daerah-daerah.

Berwisata adalah aktivitas yang digemari tiap orang, terutama bagi mereka yang mempunyai jadwal aktivitas yang padat sehari-harinya.

Bagi orang-orang sibuk, waktu berwisata haruslah dipakai secara eksklusif. Sebagian orang lebih memilih liburan ke luar negeri untuk mengisi waktu libur mereka.

asuransi perjalanan terbaik

Manfaat dari asuransi perjalanan

Sebelum melaksanakan perjalanan wisata, kita akan melakukan persiapan penting seperti izin cuti, booking tiket pesawat dan hotel, cek kesiapan paspor dan visa, serta mendaftar asuransi perjalanan.

Asuransi perjalanan dipakai untuk kebutuhan darurat misalnya ketika perjalanan keluar negeri, terjadi hal-hal yang tidak diharapkan terjadi pada diri Anda. Asuransi ini sifatnya penting sebelum melaksanakan perjalanan ke luar negeri agar perjalanan Anda nyaman dan aman.

Asuransi ini juga terasa makin penting saat kita berpergian ke luar negeri. Dimana banyak negara-negara di Eropa dan Amerika mewajibkan para turis yang berkunjung punya asuransi perjalanan.

Kecuali itu, asuransi perjalanan jadi bertambah penting sebab akan memberikan kita manfaat-manfaat, seperti:

  • Ganti rugi kecelakaan
  • Penggantian tarif berobat
  • Penggantian barang-barang yang hilang
  • Perlindungan ganda berupa santunan ketika terjadi kecelakaan pesawat
  • Penggantian tarif kunjungan anggota keluarga
  • Tanggungan evakuasi medis
  • Penggantian biaya delay penerbangan
  • Perlindungan atas rumah yang ditinggalkan

6 kiat pilih asuransi perjalanan terbaik

Kebanyakan orang masih bingung saat berkeinginan ambil asuransi. Jika ada merupakan salah satunya, kiat-kiat di bawah ini dapat menjadi bahan pertimbangan anda mencari produk asuransi perjalanan yang sesuai.

1. Tahu proteksi seperti apa yang diperoleh

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya tadi, manfaat-manfaat alias proteksi-proteksi dari satu produk perusahaan asuransi dengan perusahaan asuransi lainnya terkadang berbeda-beda.

Oleh sebab itu, kita mesti benar-benar tahu apa yang sebenarnya kita butuhkan. Apalagi jika sudah punya asuransi jiwa, pilihlah asuransi perjalanan yang manfaatnya tidak ada di asuransi jiwa.

2. Sesuaikan lamanya perlindungan dengan lamanya perjalanan

Kian lama perlindungan asuransi perjalanan yang kita ambil, kian besar premi yang dibayar, bukan berarti biar murah, kita persingkat waktunya ya?

Alangkah baiknya kita bayar sedikit lebih mahal daripada uang habis banyak karena risiko yang tidak dapat kita cegah.

3. Pilih yang memberikan informasi secara mendetail

Untungnya kini hampir seluruh urusan sudah dapat dijalankan secara online. Jadi, jangan kuatir akan sulit dan ribet.

Tinggal buka situs pembanding produk finansial, kita bakal disodorkan informasi-informasi secara detail. Mulai dari penyedia, tarif medis, santunan, premi, manfaat, sistem bayar, sampai ketentuannya.

4. Pahami pengecualian-pengecualian asuransi

Ini perlu sekali kita ketahui. Jangan sampai kita tidak dapat klaim asuransi sebab tidak masuk dalam ketentuan perusahaan asuransi.

Ada lima pengecualian asuransi. Pertama, kecelakaan sebab alkohol dan obat-obatan. Kedua, kecelakaan disengaja. Ketiga, kecelakaan sebab force majeure.

Keempat, punya penyakit sebelum ambil asuransi. Kelima, kecelakaan berhubungan dengan kehamilan.

5. Diawasi OJK

Ingat, pastikan bahwa penyedia asuransi benar-benar telah berada di bawah pengawasan OJK. Jika tidak ada daftarnya di OJK, kemungkinan besar perusahaan itu abal-abal.

Terus bagaimana cara mengetahui jika penyedia asuransi perjalanan diawasi OJK ? Sangat mudah. Anda tinggal kunjungi situs www.ojk.go.id. Pilih halaman Berita dan Kegiatan terus klik Publikasi.

Anda juga bisa langsung menghubungi OJK melalui sambungan telepon di nomor 157 atau (021) 2960 0000.

6. Tahu isi polis

Bukan berarti lembaran polisnya tebal, anda jadi enggan baca isinya. Berapa pun banyaknya lembaran polisnya, kita wajib baca dan perhatikan, khususnya point-point perjanjiannya.

Jangan sampai terjadi karena hanya baca sekedarnya, anda bisa gagal klaim ketika resiko terjadi.

Skema klaim asuransi perjalanan: worldwide provider dan reimburse

Dalam proses klaim asuransi, ada dua skema, yakni skema worldwide provider (internasional) dan reimburse. Lalu apa perbedaan di antara keduanya?

Jika, asuransi perjalanan yang kita ambil memakai klaim skema worldwide provider, kita cukup tunjukan asuransi, maka seluruh tarif seketika ditanggung perusahaan asuransi.

Sementara jika perusahaan asuransi menerapkan skema reimburse, kita mau tidak mau harus menanggung terlebih dahulu semua biaya perobatan selama di rumah sakit. Kemudian kita meminta surat keterangan sebagai bukti. Barulah kita dapat mengajukan proses klaim sesampainya di Indonesia.

Dari perbedaan skema klaim di atas, terlihat bahwa lebih praktis menggunakan skema worldwide provider daripada reimburse.

Daftar beberapa perusahaan asuransi perjalanan terbaik di Indonesia

Berikut adalah beberapa daftar perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi perjalanan terbaik :

  • Asuransi Perjalanan ACA.
  • Asuransi Perjalanan AXA.
  • Asuransi Perjalanan Zurich.
  • Asuransi Perjalanan AIG.
  • Asuransi Perjalanan Chubb.
  • Asuransi Perjalanan Simas Insurtech.
  • Asuransi Perjalanan Travellin Adira.
  • Asuransi Perjalanan MSIG.

Sudah menemukan mana yang jadi pilihan anda?

Anda tentunya telah paham alangkah berperannya asuransi perjalanan ketika anda sedang berada di sebuah wilayah atau di luar negeri. Tinggal gunakan kiat-kiat di atas, nantinya anda akan menemukan mana asuransi perjalanan yang tepat buat anda.

Walaupun demikian, ada satu faktor yang mungkin susah terpenuhi dalam asuransi perjalanan. Contohnya, seputar skema klaim worldwide provider yang terbilang jarang.

Jadi, jangan memaksakan untuk menerapkan semua kiat-kiat di atas, ambil yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan dan keperluan anda saja.


Loading...
Baca selengkapnya

Seorang yang hanya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan orang lain

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close