Review ProdukTekno

ASUS Resmi Merilis ZenBook Duo dan ZenBook Pro Duo, Apa Bedanya?

Menutup tahun 2019, Asus secara resmi merilis dua produk laptop terbarunya, yaitu ZenBook Duo dan ZenBook Pro Duo. Kedua perangkat terbaru ini merupakan laptop inovatif yang memiliki dua layar dan diciptakan untuk para content creator.

Kedua laptop ini pertama kali diperkenalkan ke publik pada Mei lalu dalam ajang Computex 2019 Taipei, Taiwan. Kini, ZenBook Duo UX481 dan ZenBook Pro Duo UX581 ini telah hadir dan dapat dibeli di Indonesia.

“Zenbook Pro Duo UX581 dan ZenBook Duo UX481 merupakan ‘The Laptop of Tomorrow’ yang sesungguhnya. Kami mengerti bahwa menghadirkan layar tambahan dapat meningkatkan produktivitas.

Untuk itulah ASUS menghadirkan ScreenPad Plus yang mampu memenuhi kebutuhan akan dua layar pada sebuah laptop.

ZenBook Pro Duo UX581 dan ZenBook Duo UX481 merupakan laptop dambaan para content creator,” ungkap Asus Regional Director Southeast Asia.

Baca juga: 5 Laptop ASUS Terbaru dan Terbaik, Cocok untuk Gaming atau Editing

Sama-sama mengandalkan layar ganda, kedua perangkat ini memiliki spesifikasi dan fitur yang berbeda. Dengan embel-embel penamaan “Pro”, ZenBook Pro Duo memang memiliki spesifikasi yang lebih tinggi. Lalu seperti apa perbedaan dari keduanya? Simak ulasan berikut.

1. Ukuran Layar Utama dan ScreenPad Plus

Sumber: medcom.id

Asus ZenBook Pro Duo hadir dengan layar lebih canggih karena dibekali panel OLED berukuran 16,6 inci dan beresolusi 4K UHD (3840 x 2160).

Dengan rasio layar ke bodi mencaoai 16:9, tentu membuatnya sangat memanjakan mata. Selain itu, layar tersebut juga tellah didukung dengan fitur touchscreen.

Sedangkan untuk ScreenPad Plus-nya berukuran 14 inci dan beresolusi 4K. Perangkat ini juga telah mendukung penggunaan stylus pen, sehingga sangat cocok bagi para ilustrator atau desainer grafis yang suka menggambar pakai tangan.

Sementara itu, untuk Asus ZenBook Duo dibekali dengan layar yang lebih kecil berukuran 14 inci dengan resolusi FHD (1920 x 1080 piksel). Sedangkan untuk ScreenPad Plus-nya memiliki ukuran 12,6 inci dan beresolusi FHD pula.

Untuk fitur touchscreen, hanya tersedia untuk ScreenPad Plus, tidak pada layar utama. Selain itu, perangkat ini juga tidak mendukung penggunaan stylus pen.

2. Prosesor dan Kartu Grafis

Sumber: medcom.id

Beralih ke sektor dapur pacu, ZenBook Pro Duo dibekali dua opsi prosesor, yaitu Intel Core i9-9980HK dan i7-9750H. Sedangkan untuk ZenBook Duo juga menyediakan dua opsi prosesor, yakni versi Intel Core i7 dan i5.

Prosesor seri Intel Core i9 tentu memiliki kemampuan yang lebih canggih dan bahkan saat ini merupakan seri prosesor desktop consumer paling tinggi di pasar.

Selain itu, kedua perangkat ini juga dibekali dengan kartu grafis yang tak kalah mumpuni. Ini tentu akan semakin memaksimalkan kemampuan multitastking dari prosesor dalam menampilkan gambar atau video.

ZenBook

Pro Duo sendiri berbekal kartu grafis NVIDIA FeForce RTX 2060 6GB, sedangkan untuk ZenBook Duo menggunakan NVIDIA GeForce MX250 2GB.

Untuk sistem operasinya, kedua laptop ini telah dibekali Microsoft Windows 10 Home atau seri Windows 10 Pro yang telah mendukung fitur keamanan Windows Hello.

3. Kapasitas RAM

RAM juga meruakan salah satu sektor penting yang ada dalam laptop. Ini karena RAM akan memberi ruang bagi laptop untuk bernapas ketika digunakan untuk membuka banyak software atau aplikasi secara bersamaan.

Untuk Asus ZenBook Pro Duo, disediakan RAM DDR4 dengan kapasitas maksimal 32GB serta kecepatan frekuensi 2.666 MHz. Sedangkan Asus ZenBook Duo dibekali RAM LPDDR3 dengan kapasitas maksimal 16GB dan kecepatan 2.133 MHz.

Sementara untuk kapasitas penyimpanan internal, kedua laptop ini sama-sama hadir dengan opsi SSD PCIe x4 berkapasitas 1TB dan SSD PCIe x2 berkapasitas 256GB atau 512GB.

4. I/O Port

Meski memiliki bodi yang lebih tipis, namun ZenBook Duo memiliki port I/O yang lebih banyak. Masing-masing adalah satu port USB 3.1 Gen2 Type-C, USB 3.1 Gen2 Type-A, dan USB 3.1 Gen1 Type-A. Lalu ada pula lubang audio combo jack, slot MicroSD, dan port Standard HDMI.

Sementara untuk ZenBook Pro Duo, port yang tersedia adalah satu port Thunderbolt 3 USB Type-C, dua USB 3.1 Gen2 Type-A, port audio combo jack, dan port HDMI.

Jadi untuk slot MicroSD-nya tidak ada. Selain lebih tebal, laptop seri ini juga memiliki bobot yang sedikit lebih berat.

5. Touchpad

 ZenBook Pro Duo
Sumber: medcom.id

Untuk bagian touchpad, perbedaan keduanya tidak terlalu menonjol dan akan kurang disadari. Untuk ZenBook Pro Duo sendiri dibekali dengan touchpad Asus NumberPad, yaitu dengan LED yang dapat menyala di atasnya.

Hal ini ditandai dengan tidak adanya tombol klik kiri dan kanan yang berada di bawahnya. Ini berbeda dengan ZenBook Duo yang masih menyediakan tombol klik kiri dan kanan.

6. Harga

Untuk harga yang ditawarkan, Asus ZenBook Pro Duo dengan Intel Core i9 dibanderol dengan harga Rp 55,999 juta, dan untuk varian Intel Core i7 dihargai Rp 45,999 juta.

Sementara untuk Asus ZenBook Duo dengan Intel Core i7 dibanderol Rp 21,999 juta, dan untuk yang Intel Core i5 dihargai Rp 16,299 juta.

Itulah sejumlah perbedaan dari dua laptop terbaru Asus yang hadir dengan konsep layar ganda. Selain perbedaan-perbedaan di atas, kedua perangkat juga memiliki beberapa fitur yang sama. Seperti misalnya dukungan konektivitas WiFi 6 802.11ax dan koneksi Bluetooth 5.0.

Selain itu terdapat pula mikrofon yang mendukung Cortana dan Alexa, serta adanya audio sertifikasi Harman Kardon.


Loading...
Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close