Review ProdukTekno

Ulasan Lengkap Asus Zenfone Live L2, Smartphone Murah dengan Model Indah

Harga dan Spesifikasi Asus Zenfone Live L2

Asus Indonesia baru-baru ini meluncurkan smartphone entry-level baru melalui seri Zenfone Live L2. Menurut informasi, Asus Zenfone Live L2 membawa sedikit perubahan dibandingkan dengan Zenfone Live L1, yang tidak lain adalah pendahulunya. Pabrikan Taiwan ini tampaknya hanya membuat beberapa penyegaran untuk bertahan di pasar kelas bawah.

Asus Zenfone Live L2, Smartphone Murah Dengan Model Indah

Harga dan Spesifikasi Asus Zenfone Live L2

Desain

Gradasi warna telah menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir. Awalnya, desain ini hanya dapat ditemukan di smartphone premium.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak perusahaan smartphone menawarkan untuk smartphone kelas menengah, bahkan pemula.

Itulah yang dilakukan ASUS dengan ZenFone Live L2. Perusahaan Taiwan menawarkan dua pilihan warna untuk Live L2, yaitu Cosmic Blue dan Rocket Red.

ASUS menggabungkan biru dan biru tua di sini. Ini membuat Asus Zenfone Live L2 cukup menarik. Bagian belakang Live L2 masih polikarbonat, sepertinya plastik.

Live L2 memiliki tombol power di sebelah kanan. Di bagian atas tombol daya ada tombol volume. Di bagian bawah Anda akan menemukan port USB-A diapit oleh speaker.

Kamera depan terintegrasi ke dalam bezel atas. Kamera belakang Live L2 ada di sudut kiri atas. Anda dapat menemukan helm di kiri atas.

ASUS tidak menginstal sensor sidik jari pada Live L2. Ini karena mereka telah menggantinya dengan fitur Face Unlock, yang memungkinkan Anda membuka kunci ponsel dengan wajah.

Antarmuka Pengguna

Antar muka Asus Zenfone Live L2

Meskipun ditujukan untuk kelas menengah, ASUS telah menggunakan versi Android 8 Oreo di Live L2. Sistem operasi diluncurkan pada akhir 2017. Namun, seperti biasa, adopsi sistem operasi Android cukup lambat.

ASUS telah melapisi Android dengan antarmuka rumah, ZenUI. Di sini Anda akan melihat versi khusus ikon ASUS. Selain itu, ASUS juga menambahkan fitur lain, seperti Game Genie. Di sini Anda dapat menggunakan fitur seperti Tidak ada peringatan.

Sesuai namanya, fitur ini berfungsi agar sesi permainan Anda tidak terganggu oleh notifikasi. Dengan Game Genie, Anda juga dapat merekam sesi game atau mengunci layar dengan mode kunci.

Karena Live L2 sudah menggunakan Android Oreo, ponsel ini sudah memiliki fitur multitasking. Untuk melakukan ini, Anda cukup pergi ke bagian Aplikasi Terbaru, seret dan lepas aplikasi dan pilih yang lain. Satu hal yang perlu diingat, tidak semua aplikasi kompatibel dengan fitur ini.

Dengan fitur ini, proses membuka kunci ponsel juga cepat, meskipun dari waktu ke waktu ponsel tidak mendeteksi wajah. Selama pengujian, ponsel masih dapat mengenali wajah pengguna, bahkan ketika Anda menggunakan aksesori seperti headphone.

Kamera

Asus Zenfone Live L2 camera

ASUS melengkapi ZenFone Live L2 dengan kamera belakang dengan lensa resolusi 13MP. Lensa memiliki apertur f / 2.0. Kamera belakang Live L2 juga dilengkapi PDAF (Phase Detection AF), yang memungkinkan kamera untuk fokus pada objek lebih cepat.

Ketika Anda mencoba menggunakan kamera belakang Live L2, foto-fotonya cukup bagus. Warna foto adalah warna asli. Foto-fotonya juga sangat tajam, baik diambil di dalam ruangan atau di luar ruangan.

Namun, jika ada cahaya terang dan bagian yang teduh dari gambar, ada kemungkinan bahwa cahaya menjadi terlalu terang atau detail area yang diarsir menghilang.

Meskipun Live L2 hanya memiliki satu kamera belakang, ASUS telah melengkapi kamera ponsel ini dengan fitur Portrait. Ini memungkinkan Anda mengambil gambar dengan efek latar belakang fuzzy alias bokeh berkat peranti lunaknya.

Mengenai fitur Portrait tidak selalu menghasilkan foto Bokeh yang tajam. Terkadang tidak ada perbedaan antara gambar yang diambil saat mode potret aktif atau tidak aktif.

Untuk kamera depan, Live L2 memiliki kamera dengan lensa resolusi 5MP. Sama seperti kamera belakang, bahkan jika kamera depan Live L2 hanya memiliki satu lensa, dapat mengambil gambar dengan efek Bokeh.

Semua ini, efek latar belakang kabur jauh lebih jelas. Hanya saja, untuk detail seperti rambut, tampilannya agak kabur.

Kerugian lainnya adalah ketika Anda memotret di tempat yang samar, gambarnya tidak terlalu tajam.

Performa

ASUS menggunakan Qualcomm Snapdragon 430 sebagai prosesor dan Adreno 505 sebagai GPU. Sementara terkait dengan RAM dan memori, ASUS menggabungkan 2GB RAM dengan 16GB memori internal.

Berita baiknya adalah bahwa ASUS tidak menggunakan slot kartu SIM hybrid. Sebagai gantinya, ASUS telah menginstal tiga slot, dua untuk kartu SIM dan satu untuk kartu microSD.

Dengan spesifikasinya, Live L2 mampu menjalankan game seperti PUBG, bahkan pada kecepatan sangat rendah.

Ponsel ini memiliki layar 5,5 inci dengan resolusi HD+. Selain itu, ponsel ini memiliki teleskop di bagian atas dan bawah yang cukup tebal. Namun, ini adalah kabar baik bagi Anda yang benar-benar tidak suka desain pinggiran.

Anda dapat membandingkan kinerja benchmark ASUS ZenFone Live L2 dengan smartphone lain dengan harga yang sama.

Untuk masalah baterai, smartphone ini memiliki baterai yang bisa bertahan cukup lama. Ketika baterai terisi penuh, dengan penggunaan normal, Anda dapat mengisi baterai di malam hari.

Asus Zenfone Live L2 Full Spesifikasi dan Harga

General
Merek Asus
Model ZenFone Live L2
Faktor bentuk Touchscreen
Body Plastic
Dimensi (mm) 147.26 x 71.77 x 8.15
Berat (g) 140.00
Kapasitas baterai (mAh) 3000
Warna Rocket Red, Cosmic Blue
Tampilan
Ukuran layar (inci) 5.5
Layar sentuh Yes
Resolusi 720×1440 pixels
Rasio aspek 18:09
Hardware
Prosesor quad-core
Prosesor membuat Qualcomm Snapdragon 425
RAM 2GB
Penyimpanan internal 16GB
Penyimpanan yang dapat diperluas Yes
Jenis penyimpanan yang dapat diperluas microSD
Penyimpanan yang dapat diperluas hingga (GB) 2
Slot microSD khusus Yes
Kamera
Kamera belakang 8-megapixel (f/2.0)
Autofokus belakang Phase detection autofocus
Flash belakang LED
Kamera depan 5-megapixel (f/2.4)
Software
Sistem operasi Android Oreo
Kulit ZenUI 5
Konektivitas
Standar Wi-Fi didukung 802.11 b/g/n
Bluetooth Yes, v 4.00
USB mikro Yes
Headphone 3.5mm
FM Yes
Jumlah SIM 2
Wi-Fi Direct Yes
4G aktif di kedua kartu SIM Yes
SIM 1
Jenis SIM Nano-SIM
3G Yes
4G / LTE Yes
Mendukung 4G di India (Band 40) Yes
SIM 2
Jenis SIM Nano-SIM
3G Yes
4G / LTE Yes
Sensor
Kompas / Magnetometer Yes
Sensor jarak Yes
Akselerometer Yes
Sensor cahaya Yes
Giroskop Yes

Harga: IDR 1.199.000

Kesimpulan

Jika Anda ingin mengganti ponsel serbaguna dengan smartphone, ASUS ZenFone Live L2 dapat menjadi salah satu ponsel yang Anda pertimbangkan.

Dengan harga IDR 1 juta-an saja, Anda bisa mendapatkan ponsel dengan performa yang cukup bagus di kelasnya dan desain yang cukup trendi.

Anda masih dapat memainkan game seperti PUBG, bahkan dengan pengaturan grafis rendah. ASUS juga mendukung pemain game dengan fitur Game Genie. Sistem operasinya relatif baru dan Live L2 memiliki fitur-fitur baru, seperti Face Unlock.


Loading...
Baca selengkapnya

Bekerja sebagai Staf Accounting. Sesambil belajar Web Desain dan Apps Builder.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close