Internet

Sekarang Backup Data WhatsApp di Google Drive Tak Ada Batasan

Kabar baik untuk pengguna WhatsApp di seluruh dunia, sebab backup data WhatsApp di Google Drive tidak akan lagi ada batasan kuota penyimpanan.

Pembebasan batasan penyimpanan data WhatsApp di Google Drive ini terwujud setelah pihak Facebook membuat kesepakatan dengan Google untuk membuat backup secara gratis bagi pengguna pribadi.

Ini adalah cara paling mudah untuk mengawasi semua pesan jika Anda kehilangan data atau bahkan kehilangan smartphone yang Anda gunakan.

BacaHati – hati, 4 Modus Penipuan via WhatsApp ini Sering Memakan Korban

WhatsApp memang sedikit berbeda dari aplikasi perpesanan instant lain yang menyimpan pesan di server mereka. WhatsApp mengharuskan pengguna untuk mencadangkan pesan pada layanan cloud perusahaan lain untuk menyimpan data.

Lain halnya seperti pengguna Apple yang memiliki pesan dan disimpan di layanan iCloud, sementara untuk pengguna Android selalu menggunakan Google Drive.

Aturan backup data WhatsApp di Google drive tak terbatas ini mulai berlaku 12 November 2018 seperti yang tertulis dalam WhatsApp blog.

Bagi pengguna WhatsApp yang datanya yang belum diperbarui selama lebih dari satu tahun akan dihapus secara otomatis dari penyimpanan Google Drive.

Pengguna juga diminta membuat backup data WhatsApp atau membuat data cadangan sebelum benar – benar dihapus oleh pihak WhatsApp pada tanggal tersebut.

Backup Data WhatsApp di Google Drive Tanpa Ada Batasan

Untuk bisa menggunakan kuota penyimpanan tak terbatas di Google Drive, pengguna wajib mempunyai akun Google dengan aplikasi Google Play Store sudah ter-install di smartphone.

Pengguna juga harus punya ruang kosong yang cukup pada smartphone untuk membuat file cadangan.

Cara membuat cadangan data di Google Drive

  • Buka WhatsApp.
  • Pilih Menu > Setelan > Chat > Cadangan chat.
  • Pilih Cadangkan ke Google Drive dan pilih frekuensi cadangan selain Jangan pernah.
  • Pilih akun Google yang akan digunakan untuk mencadangkan riwayat chat Anda.
  • Jika Anda tidak memiliki akun Google, pilih Tambahkan akun ketika diminta dan masukkan informasi Anda.
  • Pilih Cadangkan lewat untuk memilih jaringan yang ingin Anda gunakan untuk melakukan pencadangan.

Perlu diperhatikan bahwa untuk melakukan backup data WhatsApp di Google Drive dengan jaringan seluler mungkin akan dikenakan biaya quota internet. Ada baiknya Anda gunakan koneksi Wifi.


Loading...
Baca selengkapnya

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close