Categories: Internet

Bagaimana Melindungi Privasi dan Keamanan Anda di Internet?

Di era digital saat ini, data dapat diakses dengan mudah melalui internet atau media sosal. Untuk itu, melindungi privasi dan keamanan Anda di Internet sangatlah penting. Sebab, semakin banyak kebocoran data pribadi, maka profil dan segala aktivitas Anda dapat dengan mudah dilacak.

Internet sudah menjadi sarana terbuka yang seringkali dijadikan sasaran oleh beberapa oknum untuk melakukan tindak kejahatan yang merugikan banyak pihak. Oleh karena itu, perlindungan privasi di internet merupakan hal yang paling utama agar terhindar dari berbagai ancaman kejahatan.

Dengan melindungi privasi dan keamanan Anda di Internet akan meminimalisir kejahatan yang mengarah pada kegiatan mengidentifikasi, melacak atau mengarah kepada individu tertentu secara spesifik.

Beberapa data pribadi yang dapat disalahgunakan oleh para pelaku kejahatan di internet diantaranya adalah alamat rumah, email, nomor telepon, NIK, SIM, NPWP, STNK, rekening bank, data biometrik dan lainnya.

Agar lebih aman, sebaiknya data-data tersebut tidak dipublikasikan ketika melakukan browsing di internet atau ketika menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram atau aplikasi percakapan  populer lainnya seperti WhatsApp, Line, Telegram.

Beberapa Cara Menjaga Privasi Online

Ada beberapa cara untuk melindungi privasi dan keamanan Anda di Internet yang dapat dilakukan untuk mengindari tindak kejahatan, diantaranya adalah :

1. Buat password yang kuat

Password merupakan pertahanan utama untuk mencegah hacker jahat yang ingin mengakses akun Anda. Untuk itu gunakan Password yang kuat dengan kombinasi huruf, angka, atau simbol.

2.  Gunakan private browsing atau incognito mode

Ketika berselancar di internet, history dan password akan tersimpan pada browser. Hal ini dapat menjadi sebuah ancaman keamanan.

Untuk itu, gunakan browser yang memiliki mode private browsing atau incognito mode yang akan menghapus semua data history dan cache pada saat Anda menutup browser.

3. Membuat email cadangan

Ada baiknya untuk memisahkan akun pribadi dengan akun publik, dengan menggunakan email cadangan atau email tersendiri untuk melindungi privasi dan keamanan Anda di Internet.

4. Hindari berbagi lokasi pada waktu nyata

Lokasi pada waktu nyata atau lokasi tempat yang sering kunjungi dapat menjadi informasi yang sangat berharga bagi orang-orang yang ingin berbuat kejahatan.

5. Menggunakan VPN

VPN dapat melindungi privasi dan keamanan Anda di Internet sewaktu Anda melakukan browsing atau apapun kegiatan Anda di internet.

VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah teknologi yang menyediakan sambungan terenkripsi melalui Internet dan melindungi data yang dikirim.

Cara kerja teknologi VPN adalah menciptakan kabel virtual yang aman antara komputer dan server, melalui sebuah tunnel (terowongan).

Layanan VPN ini akan bekerja dengan mengubah alamat IP pada perangkat asli menjadi alamat dari sebuah server di negara lain.

Selanjutnya, sebuah sambungan baru yang aman dibuat sehingga provider tidak dapat memblokir sambungan tersebut dan penyusup tidak mengenali karena terdapat enkripsi pada saat proses pemotongan data.

iTop VPN Melindungi Privasi dan Keamanan Anda di Internet Pada Tingkat Militer

iTop VPN adalah free VPN dengan jaringan pribadi virtual yang dapat membantu Anda untuk melindungi privasi dan keamanan di internet dengan enkripsi tingkat militer.

Anda juga dapat menikmati akses tak terbatas ke konten apa pun yang Anda suka tanpa ada blokir atau pembatasan geografis.

iTop VPN bekerja dengan mengenkripsi lalu lintas Internet dan menyembunyikan alamat IP Anda dari peretas dan pelacak sehingga memberi Anda lingkungan jaringan pribadi secara aman.

iTop VPN akan secara otomatis memilih protokol jaringan tercepat untuk Anda secara default. Anda juga bisa menggunakan protokol jaringan tertentu secara manual sesuai dengan kebutuhan Anda.

Protokol Basic akan memberikan perlindungan privasi tingkat tinggi bagi sebagian besar pengguna.

Kabar gembiranya, Anda dapat menggunakan free VPN for Windows dapat digunakan pada Windows10, Windows 8 ataupun Windows 7 tanpa dikenakan biaya atau gratis. iTop VPN juga tersedia untuk perangkat Android dan iOS.

Beberapa fitur dan kelebihan iTop VPN

Berikut ini beberapa fitur dan kelebihan ketika Anda menggunakan iTop VPN

  • VPN Gratis – Anda dapat menggunakan secara gratis
  • Jaringan otomatis – fleksibel untuk berselancar online
  • TCP – sangat aman dalam perlindungan privasi
  • UDP – sangat cepat untuk streaming dan bermain game
  • Enkripsi tingkat militer
  • Server Proksi Global
  • Bandwidth Tidak Terbatas
  • Tidak Ada Kebijakan Pencatatan
  • Protokol Jaringan Tertentu
  • Streaming Seri Netflix
  • Server Khusus untuk Layanan Sosial

Cara Mudah Menggunakan iTop VPN

Selain untuk perangkat Windows, iTop VPN juga tersedia untuk Android dan iOS yang dapat diguanakan dengan mudah.

Unduh aplikasi iTop VPN yang ada di Play store secara gratis.

Seteah aplikasi terinstal, klik tombol connect untuk mengkoneksikan jaringan internet ke VPN.

Anda akan langsungterhubung ke protokol iTop VPN secara default

Untuk versi gratis, Anda dapat menggunakan 16 server dan 700 MB penggunaan per hari.

Tersedia juga iTop VPN versi berbayar (premium) dengan lebih dari 1000 pilihan server dengan unlimited data dan bandwidth ( tak terbatas ). Terdapat juga pilihan streaming servers dan social servers dengan internet kecepatan tinggi.

Lindungi privasi dan keamanan Anda di Internet menggunakan iTop VPN dengan keamanan tingkat militer secara gratis.

 

Share
Jesica Putri

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Cek Harga Smartphone Terbaru