Update iOS 10

Bahas Tuntas Seputar Update iOS 10

Bahas Tuntas Seputar Update iOS 10 – Setelah merilis versi Beta untuk developer, akhirnya Apple merilis versi final untuk iOS 10. iOS 10 hadir dengan perubahan besar dari segi tampilan dan user experience, fitur Raise to Wake, peningkatan performa, perbaikan bug dan peningkatan keamanan, serta beberapa fitur tambahan lainnya.

Sebelum mengupdate ke iOS 10, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu. Silakan baca di artikel sebelumnya (Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Update iOS 10). Dikutip dari laman MakeMac, update iOS 10 menggunakan metode OTA (Over The Air) menyebabkan beberapa perangkat iOS menjadi error.

Salah satu penulis di 9to5Mac – http://macpoin.com juga mengonfirmasi bahwa iPadnya menjadi error ketika update via OTA. iPad Pro 9.7 inch miliknya hanya menampilkan logo iTunes dan Kabel Lightning. Selanjutnya, pengguna umum di laman MacRumors juga mengatakan bahwa perangkatnya juga mengalami error ketika melakukan update iOS 10.

Namun, ada info terbaru yang saya dapatkan bahwa Apple telah memperbaiki masalah error yang terdapat pada update iOS via OTA. Jadi, kamu bisa menggunakan metode ini dengan aman.

Error tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor, koneksi internet yang buruk misalnya. Maka dari itu, untuk meminimalisir terjadinya error direkomendasikan untuk melakukan backup terlebih dahulu. Kamu bisa melakukan backup di iCloud, iTunes, atau secara manual dengan cara menyalin data satu per satu ke media penyimpanan yang dipercaya.

Baiklah, pada kesempatan kali ini KlikMania akan merangkum 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk update ke iOS 10.

Update via OTA (Over The Air)

update-ios-10-via-ota
Image by MakeMac

OTA atau Over The Air adalah metode untuk mengupdate iOS langsung dari perangkat kamu tanpa harus menghubungkan iPhone, iPad, atau iPod Touch kamu ke laptop/PC. Ukurannya file update-an nya juga lebih kecil dibandingkan kita mendownload IPSW-nya.

Sebelum mengupdate menggunakan metode OTA, yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut.

Loading...
  • Backup data terlebih dahulu.
  • Memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup, minimal masih tersedia 5 GB kapasitas kosong.
  • Pastikan koneksi internet (WiFi) yang stabil.
  • Minimal baterai 50%, untuk menghindari kehabisan baterai saat melakukan update.

Selanjutnya, kamu bisa langsung melakukan update di perangkat iOS milikmu dengan cara:

  • Buka menu Settings.
  • Pilih General.
  • Pilih Software Update.
  • Pilih Download and Install dan tunggu hingga proses selesai.

Update via Itunes

ios 10
Image by MakeMac

Cara ini tidak jauh berbeda dengan via OTA sebenarnya, namun media yang digunakan adalah laptop/PC yang sudah terinstall iTunes versi terbaru. Semua data, aplikasi, foto dan lainnya tidak akan hilang jika kamu sudah melakukan backup di iTunes atau iCloud.

Untuk update menggunakan metode ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka aplikasi iTunes versi terbaru yang sudah terinstall di laptop/PC kamu.
  2. Hubungkan iPhone ke laptop/PC menggunakan kabel lightning USB.
  3. Klik logo iPhone yang ada di bagian atas, lalu cadangkan data perangkat iOS kamu ke laptop/PC.
  4. Klik update, lalu iTunes akan langsung mendownload file IPSW nya terlebih dahulu. Setelah selesai maka akan otomatis memperbarui iOS di perangkatmu.

Catatan: Selama proses update jangan memakai  laptop/PC dan perangkat iOS untuk melakukan aktivitas lainnya agar update dapat berjalan dengan lancar dan terhindar dari brick dan error.

Restore via iTunes

Restore merupakan salah satu metode yang digunakan dalam mengupdate iOS, bedanya dengan update adalah restore akan menghapus semua data dan menghadirkannya kembali seperti sebuah perangkat baru. Meskipun menghapus data secara keseluruhan, kamu bisa memulihkannya kembali seperti sedia kala dengan catatan kamu telah melakukan backup terlebih dahulu.

Sebelum melakukan restore, kamu bisa mendownload file IPSW-nya terlebih dahulu. Kamu bisa mengunduhnya di ipsw.me, redmondpie.com, filehippo.com, dan lain sebagainya.

Setelah memiliki file IPSW-nya, kamu bisa melakukan update dengan menggunakan restore. Caranya:

  1. Buka aplikasi iTunes versi terbaru yang sudah terinstall di laptop/PC kamu.
  2. Hubungkan iPhone ke laptop/PC menggunakan kabel lightning USB.
  3. Klik logo iPhone yang ada di bagian atas, lalu cadangkan data perangkat iOS kamu ke laptop/PC.
  4. Klik restore sambil menekan tombol Shift(untuk Windows) dan Option (untuk Mac), lalu iTunes akan langsung mendownload file IPSW nya terlebih dahulu. Setelah selesai maka akan otomatis memperbarui iOS di perangkatmu.

Bug di iOS 10

Dirangkum dari laman MacPoin, iOS 10 final ternyata memiliki beberapa bug diantaranya cepat panas dan boros baterai, WiFi bermasalah, aplikasi pihak ketiga yang error, app terbuka saat unlock cepat, dan beberapa app bawaan yang bermasalah dan error.

Saya menggunakan iPhone 5 dan baru kemarin update ke iOS 10, sengaja nggak langsung mengupdate ketika pertama kali rilis karena untuk mengantisipasi adanya bug-bug ini sebenarnya. Namun, akhirnya nggak tahan juga untuk mencicipi iOS 10.. Hehehe

Di iPhone saya, alhamdulillah tidak mengalami adanya error saat mengupdate ke iOS 10. Saya juga tidak merasakan adanya bug-bug tersebut, hanya saja memang menjadi cepat panas dan boros baterai. Saya rasa hal itu masih dalam kategori wajar, apalagi iPhone saya termasuk kategori iPhone terlawas yang masih bisa mencicipi iOS 10. Semoga kedepannya ada perbaikan dari Apple untuk memperbaiki masalah ini.

Lalu, Recommended kah Update ke iOS 10?

Jika kamu ingin merasakan perubahan yang besar dari segi tampilan dan User Experience, jawabannya IYA. Sebab, Apple menghadirkan pembaruan besar-besaran di iOS terbarunya tersebut. Perangkat kamu akan terlihat lebih fresh dan terlihat seperti baru lagi tentunya.

TIDAK. Jika kamu nggak yakin dan takut terjadi error di perangkatmu. Lebih baik menunggu untuk pembaruan selanjutnya yang membawa perbaikan atas bug-bug yang ada. Tapi, sebenarnya nggak usah takut dengan terjadinya error dan bug-bug tersebut, justru itu akan membuat kita belajar bagaimana cara mengatasinya dengan baik.

Sekian dari saya, apabila masih ada keluhan atau pertanyaan silakan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat.


Loading...

Bagikan

Penulis

zakiyfauzi
zakiyfauzi
Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.

Kunjungi: Channel Youtube Saya
zakiyfauzi

Penulis

Penulis amatir yang hanya bisa menggunakan kata-kata sederhananya untuk sekedar berbagi dan menuangkan isi pikiran. Jadi, maaf jika tak ada yang istimewa. Karena yang istimewa cuma KAMU.Kunjungi: Channel Youtube Saya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *