Internet

Ini Bahaya VPN Gratis, Netizen Wajib Tau

Akibat pembatasan sosial media seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp oleh pemerintah dengan tujuan mengurangi penyebaran berita hoaks, maka banyak penguna medsos yang menerobos menggunakan VPN. Namun, tahukah Anda bahaya VPN gratis?

Meskipun akses pembatasan sosial media sudah dibuka kembali oleh pemerintah, namun pengguna yang terlanjur menggunakan VPN setidaknya sudah banyak yang tau fungsi VPN sebenarnya.

Selain membuka akses sosial media yang dibatasi, akses VPN juga dapat membuka situs -situs lain yang memang sengaja diblokir oleh pemerintah. Hal ini yang membuat sebagian orang memutuskan untuk tetap menggunakan VPN.

Aplikasi dan penyedia layanan VPN bisa didapatkan dengan mudah dan gratis. Namun, apakah netizen tahu bahaya VPN gratis, dan bahkan bisa merugikan Anda sendiri?

Bahaya Menggunakan VPN Gratis Serta Resiko Lainnya

Sebenarnya tidak semua VPN merugikan, sebab terdapat enkripsi perlindungan data pada jaringan VPN, terlebih untuk VPN versi  premium (berbayar).

Namun banyak pengguna yang memanfaatkan VPN gratisan tanpa mengetahui resiko yang sebenarnya.

Apabila Anda yang belum mengetahui resiko menggunakan VPN gratis, silahkan melihat penjelasan di bawah ini!

1. Resiko Pencurian Data

Banyak hal-hal penting ketika online menggunakan laptop ataupun smartphone, diantaranya untuk mengakses data-data data pekerjaan, transksaksi antar bank, menyimpan data dan hal-hal penting lainnya.

Loading...

Setiap kegiatan online yang terkoneksi ke VPN, maka lalu lintas data (termasuk informasi akun Anda) juga ikut terekam melalui sambungan VPN.

Hal ini beresiko terjadi pencurian data. Tak hanya data Anda saja yang bisa di ambil, sebab terdapat jutaan data orang lain yang menjadi korban.

Data-data tersebut bisa dimanfaatkan untuk dijual, meneror, kegiatan hacking, serta melakukan hal-hal kejahatan lainnya.

2. Rawan Terkena Virus

Berbeda dengan VPN premim (berbayar), VPN gratis masih diragukan keamanan jaringannya. Keamanan yang lemah ini bisa dengan mudah disusupi oleh malware dan virus.

Malware atau virus merupakan salah satu jalan alternatif hacker atau peretas untuk memiliki identitas pribadi atau penting milik Anda.

Sebagai infomasi, sekitar 55 persen penjahat cyber (dunia maya) menarget pengguna smartphone sebagai korbannya.

Baca juga : Ciri-ciri Smartphone Android Terkena Virus

3. Akses Internet Menjadi Lambat

Menggunakan VPN sama halnya menambah jalur internet baru untuk mengakses situs yang sedang dituju. Semakin banyak jalur yang ditempuh, otomatis akan memperlambat koneksi internet.

VPN gratis sudah barang tentu banyak penggunanya, sedangkan VPN tersebut memiliki bandwidth yang terbatas. Akibatnya, koneksi internet menjadi berat dan mudah putus.

Akses VPN juga akan berpotensi meningkatkan angka ping, hal ini bisa menyebabkan lag atau patah-patah saat mengakses video straming atau game online.

4. Aktivitas Online Terlacak

Menurut studi VPNMentor, setidaknya ada 72% VPN gratis yang memasang tracker untuk melacak aktivitas pengguna dan besar kemungkinan dibagikan/dijual pada pihak ketiga.

Data aktivitas pengguna tersebut diberikan kepada pihak pengiklan dengan tujuan agar iklan yang mereka pasang benar-benar tertarget.

Itulah beberapa bahaya VPN gratis yang mungkin akan merugikan pihak netizen. Jadi, disarankan menggunakan VPN disaat darurat saja, atau akan lebih aman apabila menggunakan VPN premium.



Loading...

Baca selengkapnya

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button