InternetKisah Inspiratif

Bapak Teknologi, Sosok yang Berjasa dalam Perkembangan Teknologi

Bapak teknologi adalah orang-orang yang berjasa dalam dunia teknologi yang berkat temuan atau terobosan yang mereka buat, teknologi tersebut banyak digunakan oleh masyarakat dunia.

Siapa saja bapak teknologi itu?

Kurang lebih ada 9 nama bapak teknologi yang berjasa terhadap perkembangan dunia teknologi.

Dan berikut ini 9 nama bapak teknologi yang dimaksud:

1. Martin Cooper – Bapak Ponsel

bapak teknologi
Gambar: cnn.com

Martin Cooper lahir pada 26 Desember 1928 di Chicago, Illinois, AS. Saat ini, usia Martin sudah mencapai 89 tahun.

Jika Martin tidak berusaha membuat ponsel, mungkin yang namanya smartphone canggih seperti sekarang ini tidak akan muncul atau terlambat muncul.

Sosok Martin Cooper pertama kali membuat ponsel bernama Motorola Dyna-Tac (Dynamic Adaptive Total Area Coverage).

Dyna-Tac sendiri berukuran 9 inchi, berat 2,5 pon dengan durasi telepon selama 35 menit. Dyna-Tac sendiri diperkenalkan ke pulik pada tahun 1973.

Loading...

2. Willard Boyle – Bapak Kamera Digital

bapak teknologi
Gambar: esmoa.org

Pada tahun 2009, Willard Boyle mendapatkan penghargaan Nobel di bidang Fisika bersama dua rekannya, yaitu Charles Kao dan George Smith.

Willard Boyle adalah penemu kamera digital, di mana pada tahun 1969 ketika bekerja di Bell Laboratories, dirinya bersama George Smith berhasil menciptakan teknologi CCD.

Teknologi CCD sendiri adalah teknologi yang memungkinkan gambar dikonversi secara langsung menjadi sebuah data digital.

Saat ini, Willard Boyle sudah meninggal. Pria yang lahir pada 19 Agustus 1924 itu meninggal pada tahun 2011 atau 7 tahun silam.

3. Tim Berners-Lee – Bapak WWW

bapak teknologi
Gambar: dailyonline.it

Nama Tim Berners-Lee atau yang dikenal dengan bapak World Wide Web cukup ramai diperbincangkan, setelah ia mengajak masyarakat dunia untuk menyelamatkan internet.

Alasan Tim membuat seruan seperti itu, tak lain dan tak bukan adalah untuk melindungi para pengguna internet dari berbagai macam hal yang merusak, seperti kekerasan, diskriminasi, hingga manipulasi politik.

Sebagai penemu WWW, nampaknya Tim merasa prihatin dengan keadaan internet yang saat ini kebanyakan berisi tentang sesuatu yang kurang bermanfaat.

Tim sendiri, saat ini menjabat sebagai direktur World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Tim pertama kali menemukan WWW ketika ia masih bekerja di CERN yang terletak di Jenewa, Swiss.

Bapak Teknologi Lainnya

 

Ke-6 nama bapak teknologi yang lain:

1. Vint Cerf dan Robert Kahn – Bapak Internet2. Ralph Baer – Bapak Video Game
3. Henry Edward – Bapak PC4. Bill Moggridge – Bapak Laptop
5. Adam Osborne – Bapak Laptop6. Ray Tomlinson – Bapak Email

Untuk Bill Moggride dan juga Adam Osborne ada perbedaan pendapat terkait siapa yang lebih dulu menemukan laptop.

Ada yang mengatakan Bill Moggride terlebih dahulu, karena ia berhasil membuat laptop bernama GRid Compass. Adapula yang mengatakan Adam Osborne, karena ia berhasil membuat Osborne 1.

Meski terjadi perbedaan pendapat tentang keduanya, baik Moggride atau Osborne tetap menjadi orang yang berjasa dalam dunia teknologi berkat temuan atau terobosan yang sudah mereka buat.

Apakah Indonesia Punya Bapak Teknologi?

bapak teknologi
Gambar: youtube.com

Presiden Republik Indonesia yang ketiga, Bacharudin Jusuf Habibie adalah bapak teknologi yang ada dan yang dimiliki oleh Indonesia.

Habibie termasuk bapak teknologi yang dimiliki Indonesia, karena gagasannya yang begitu brilian. Bahkan, ketika berbicara tentang pesawat, pasti rakyat Indonesia akan teringat sosok Habibie.

Habibie memang ahli dalam masalah pesawat terbang. Bahkan, Presiden RI yang ketiga ini juga mengajak masyarakat Indonesia untuk menggalang dana agar Indonesia bisa membuat pesawat sendiri, yaitu pesawat R80.

Jadi, itulah bapak teknologi Indonesia, BJ Habibie yang memiliki andil sangat besar dalam dunia teknologi Indonesia, khususnya dalam dunia penerbangan.

Kesimpulan

Dalam beberapa tahun ke depan, tentu akan muncul bapak teknologi baru yang mungkin saja berasal dari Asia, tak terkecuali Indonesia.

Dengan pesatnya perkembangan teknologi seperti sekarang ini, bukanlah sesuatu yang sulit bagi manusia untuk menciptakan terobosan-terobosan baru dalam dunia teknologi.

Baca: Menginspirasi, Inilah 7 Perusahaan Teknologi Terbesar di Dunia

Dan yang namanya temuan atau terobosan dalam dunia teknologi itu tidak mengenal umur. Bisa saja yang muda mampu membuat terobosan baru berkat ilmu yang dimiliki, kegigihan, dan sikap pantang menyerah.

Dan sebaliknya, bisa saja yang tua tidak bisa membuat terobosan dalam dunia teknologi atau terlambat dari anak-anak muda yang sudah lebih dulu berbuat banyak dalam dunia teknologi.



Loading...

Baca selengkapnya

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button