Tv menggunakan Android

Selain Smartphone, 7 Barang Elektronik Ini Ternyata Juga Menggunakan Android

Sejak dirilis pertama kali pada 23 September 2008, saat ini Android berkembang menjadi salah satu sistem operasi atau OS yang paling populer, dan banyak vendor smartphone menggunakan Android.

Kehadiran Android bahkan mampu menyingkirkan Symbian dan Windows Phone yang saat itu masih menguasai pasar mobile.

Dikenal sebagai OS yang banyak digunakan pada smartphone, ternyata beberapa barang elektronik lainnya juga menggunakan Android.

Baca juga6 Smartphone Android One Terbaik dan Terbaru 2018

7 Barang Elektronik yang Menggunakan Android

Sejak meluncurkan ponsel pertamanya HTC Dream pada Oktober 2008, saat ini teknologi Android hampir telah digunakan pada berbagai macam perangkat, tidak hanya smartphone.

Berikut ini adalah contoh 7 barang elektronik yang juga memakai sistem operasi Android.

1. Jam Tangan Pintar

Sumber foto: wareable.com

Dikenalkan pertama kali dengan nama Android Wear, kemudian nama ini diubah menjadi Wear OS. Sistem operasi yang digunakan pada jam tangan pintar atau smartwatch ini juga memiliki berbagai fitur yang menarik.

Smartwatch menggunakan Android ini bisa mendeteksi detak jantung, menerima pesan atau penggilan, Google Assistant, hingga fitur fitness tracking yang sangat membantumu dalam berolahraga.

Loading...

2. Kamera Digital

Sumber foto: pcmag.com

Mungkin banyak orang yang belum tahu bahwa pada masa awal pengembangannya, Android akan digunakan untuk kamera digital.

Namun karena tren kamera pada saat itu tengah mengalami penurunan, akhirnya para perancang Android tersebut mengembangkannya untuk smartphone.

Meski demikian, ternyata ada pula kamera digital yang mengunakan Android. Salah satunya adalah Samsung Galaxy Camera yang dibekali dengan Android 4.1 Jelly Bean pada tahun 2012 silam.

3. Kulkas

Sumber foto: iotgadgets.com

Samsung sepertinya memang terus berinovasi dengan melakukan pengembangan berbagai perangkat elektronik dan menggunakan Android di dalamnya.

Kamu mungkin tidak percaya bahwa lemari pendingin alias kulkas ternyata bisa juga dilengkapi dengan Android. Tapi hal ini benar-benar terjadi pada kulkas dari Samsung ini.

Samsung T9000, nama kulkas tersebut, dilengkapi dengan layar sebesar 10 inci yang dapat menampilkan video, foto, beragam aplikasi, hinga aneka resep makanan seperti halnya ponsel pintar pada umumnya.

Dengan berbagai fitur menarik tersebut, lemari pendingin ini dibanderol seharga Rp 36 jutaan pada awal perilisannya.

4. Mesin Cuci

Sumber foto: trustedreviews.com

Dua perusahaan elektronik besar dari Korea Selatan, Samsung dan LG sama-sama membuat produk antimainstream yang cukup menghebohkan masyarakat dunia.

Kedua perusahaan ini sama-sama mengenalkan mesin cuci yang berbasis Android pada pada ajang CES tahun 2012 silam.

Mesin cuci ini dapat tersambung dengan koneksi WiFI yang pegendaliannya bisa dilakukan melalui smartphone atau tablet.

5. Smart TV

Sumber foto: cnet.com

Seperti halnya smartphone Android, dengan TV pintar kamu juga bisa mengunduh berbagai aplikasi berbasis Android.

Dengan layanan Google Play Store mulai dari game sampai layanan video seperti YouTube atau Netflix. Kamu juga bisa bermain game dengan mengintegrasikan smart TV dengan gamepad wireless.

Penggunaan smart TV menggunakan Android ini muali marak akhir-akhir ini. Hal ini membuat harganya yang pada awalnya sangat mahal menjadi lebih terjangkau untuk pasaran elektronik Indonesia.

6. Android Auto

Sumber foto: androidcentral.com

Android juga mulai diintegerasikan dalam perangkat kendaraan bermotor seperti mobil.

Dengan adanya layanan Android Auto yang terdapat dalam dashboard mobil ini maka seluruh layanan Google akan dapat terintegerasi.

Android Auto juga dilengkapi dengan fitur Google Assistant yang dapat berguna sebagai navigator melalui perintah suara untuk meminimalisasi kecelakaan lalu lintas.

7. Konsol Game

Sumber foto: digitaltrends.com

Android ternyata juga merambah ke dunia konsol game dengan kerja sama mereka bersama Nvidia melalui Project Shield pada tahun 2013 silam.

Tidak hanya sekadar konsol untuk bermain game, Project Shield juga memiliki berbagai fitur lain seperti dapat mengubah TV biasa menjadi Android TV yang dapat digunakan untuk streaming video 4K.

Nah, itulah 7 barang elektronik selain smartphone yang ternyata juga menggunakan Android sebagai sistem operasi .

Dengan semakin berkembang pesatnya teknologi, di masa mendatang mungkin saja akan ada banyak perangkat lain yang berbasis Android dengan berbagai fitur menarik lainnya.


Loading...

Bagikan

Heru NC

Penulis

Rain or shine, I want to see you smile.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *