Dunia InternetTekno

7 Barang yang Terancam Punah Karena Fungsinya Tergantikan Oleh Smartphone

Barang yang terancam punah karena smartphone – Internet of Things (IoT) diawali dengan mulainya tergantikan era featured phone oleh smartphone. Dan perkembangan pesat teknologi yang terkait IoT ini sangat memudahkan hidup kita.

Bahkan saking mudah dan praktisnya teknologi saat ini, beberapa hal yang dulu sering kita gunakan dalam berbagai aktifitas.

Perkembangan teknologi pada saat ini sangatlah pesat. Dengan adanya Internet of Things (IoT) yang dimulai dengan munculnya smartphone menggeser keberadaan featured phone.

Baca juga : Selain Smartphone, 7 Barang Elektronik Ini Ternyata Juga Menggunakan Android

Adanya IoT ini memang akan semakin memudahkan kehidupan manusia. Saking mudahnya, berbagai hal yang dahulu harus kita lakukan dengan berbagai perangkat terpisah, bisa kita operasikan dengan satu perangkat saja.

Barang yang Terancam Punah Karena Fungsinya Tergantikan Oleh Smartphone

Pada era saat ini, kita bisa melalukan banyak hal hanya melalui perangkat ponsel pintar atau smartphone yang semakin lama semakin memiliki fitur yang modern dan memudahkan kehidupan manusia.

Hal ini lantas membuat 7 barang ini menjadi terancam punah karena fungsinya telah tergantikan oleh smartphone.

1. Buku Catatan

Barang yang Terancam Punah

Loading...

Menggunakan buku mungkin masih banyak kita temukan di sekolah-sekolah umum.

Namun dengan hadirnya smartphone yang memiliki fitur notebook, membuat banyak orang yang akhirnya meninggalkan buku catatan agar lebih efisien.

Dengan aplikasi catatan ini kita tentu akan menghemat bawaan barang kita. Selain itu, dengan catatan yang ada di dalam ponsel juga membuat catatan yang kita tulis dapat diakses dan dibaca di mana pun tanpa takut ketinggalan buku catatan.

2. Buku Bacaan

Barang yang Terancam Punah

Dengan hadirnya berbagai aplikasi pembaca dan penyedia buku elektronik semisal Scoop atau Bookmate, semakin membuat banyak orang yang mulai meninggalkan buku cetak.

Selain tidak efektif dibawa ke mana-mana dan menuhin ruangan, malas membeli buku fisik di toko buku juga menjadi salah satu alasannya.

Dengan melalui aplikasi seperti Scoop, kamu bisa membeli sebanyak apa pun buku tanpa harus berat membawa buku berlembar-lembar. Selain itu, kamu juga bisa membacanya di mana pun dan kapan pun.

Meski demikian, masih ada sekelompok orang yang masih tetap lebih menyukai membeli buku di toko buku karena suka dengan aroma buku baru.

Selain itu, membaca melalui buku fisik juga lebih nyaman di mata dan tidak mudah terganggu oleh notifikasi yang mengganggu.

3. Koran

Barang yang Terancam Punah

Apabila dahulu koran merupakan sumber informasi utama bagi masyarakat, saat ini fungsi koran semakin tersisihkan.

Apalagi dengan adanya smartphone dan internet yang memungkinkan sesorang mendapat informasi dari belahan dunia mana pun hanya dengan sekali klik.

Pada saat ini pun, berbagai media koran ternama sudah mulai melek teknologi dan menyajikan berita-berita secara online serta dengan aplikasi yang dibuat semenarik mungkin.

Bahkan, saat ini kamu bisa membaca berita dari berbagai media hanya melalui satu aplikasi.

Baca juga5 Inovasi Teknologi Canggih yang Terinspirasi dari Film Sains

4. Surat

Barang yang Terancam Punah

Eksistensi surat konvensional pada zaman ini mungkin hampir dipastikan tidak ada lagi.

Kehadiran email dan berbagai aplikasi pesan singkat seperti SMS, BBM hinga WhatsApp membuat surat kertas sudah benar-benar ditinggalkan.

Bahkan untuk ucapan hari raya pun dapat dengan mudah disebar melalui berbagai media sosial datau aplikasi pesa singkat yang bisa didapat dengan gratis.

5. Televisi

Barang yang Terancam Punah

Dahulu televisi mungkin menjadi salah satu sarana hiburan paling menarik yang pernah.

Dengan berbagai tanyangan menarik dari berita informatif, acara-acara hiburan, hingga ceramah-ceramah keagamaan bisa dengan mudah dan murah kita temui melalui televisi ini.

Namun, dengan semakin mudah dan murahnya internet seperti saat ini, banyak orang yang lebih suka streaming-an di YouTube.

Fakta Youtube Lebih dari Tv dan Cara Paling Tepat Menghindari Sinetron Alay

Melalui situs berbagi video ini, kita bisa lebih bebas dalam menentukan acara apa yang ingin kita tonton. Selain itu, kita juga bisa mem-pause atau mem-skip bagian video yang kurang disukai.

Untuk menonton film, saat ini kita juga bisa menyewa film secara online melalui aplikasi seperti Iflix atau Netflix dan menontonnya hanya melalui layar smartphone kita.

6. Album Foto

Barang yang Terancam Punah

Sejak hadirnya media sosial seperti facebook, banyak orang yang kemudian menyimpan foto-foto mereka di situs ini. Saat ini album foto merupakan salah satu barang yang terancam punah.

Melalui Facebook, foto-foto kenangan bersama teman akan terus tersimpan dalam waktu yang lama, shingga bisa dilihat lagi untuk mengenang masa-masa itu.

Selain facebook, adanya media sosial lain seperti Instagram juga dimanfaatkan oleh banyak orang untuk membagikan momen-momen mereka kepada teman-teman di dunia maya.

7. Walkman

Barang yang Terancam Punah Bagi kamu anak 90-an tentu masih ingat dengan booming era walkman. pada saat itu, walkman memang merupakan barang mewah yang dapat memutar musik dan dibawa ke mana-mana.

Namun sekarang walkman merupakan barang yang terancam punah karena memang tidak di produksi lagi.

Pada era IoT seperti saat ini, kamu bisa memutar musik apa pun hanya melalui smartphone. Untuk mendapatkan lagu-lagu tersebut, kamu juga tidak perlu memiliki koleksi kaset pita.

Kamu bisa mengunduh lagu dalam jumlah banyak melalui aplikasi seperti Spotify, Joox, dan yang semisalnya dan mendengarkannya melalui smartphone dengan earphone yang juga semakin beragam bentuknya.



Loading...

Baca selengkapnya

Rain or shine, I want to see you smile.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *