baterai android

Ingin Baterai Android Kamu Lebih Awet Dan Tahan Lama? Lakukan 4 Tips Sederhana Berikut Ini

Kendala yang paling sering dialami oleh pengguna smartphone Android pada umumnya adalah baterai smartphone yang boros, meski sudah didukung oleh kapasitas baterai besar banyak sekali hal yang memicu borosnya baterai android dari beberapa ponsel smartphone.

Salah satu faktornya adalah jumlah aplikasi yang berjalan di background process yang akan membuat komponen hadware bekerja lebih keras demi memenuhi kebutuhan daya pemrosesan.

Selain itu, masih banyak sekali faktor lain yang bisa mempengaruhinya, seperti resolusi layar dan akses internet yang bisa menyedot daya baterai sangat besar.

Namun tidak perlu khawatir, karena beberapa tips dibawah ini akan sedikit membantu menghemat pengunaan baterai android ponsel kesayangan kamu.

Tips Untuk Kamu Supaya Baterai Android Tahan Lama Dan Tidak Boros

baterai android

1. Non-Aktifkan Notifikasi

Langkah penting agar baterai android kamu tetap awet dan tahan lama adalah dengan mematikan notifikasi. Karena setiap notifikasi tidak penting misalkan dari game ataupun aplikasi, kebanyakan terhubung dengan internet sehingga daya baterai akan tekuras secara signifikan.

Cara untuk mematikan notifikasi juga sangat mudah. Buka Setting > Apps > Pilih game atau aplikasi yang tidak ingin kamu tampilkan notifikasinya, kemudian dibagian bawah hapus tanda centang “Show Notification”.

2. Hindari Penggunaan Live Walpaper

Live walpaper memang akan menambah cantik tampilan smartphone Android kamu. Namun disisi lain walpaper jenis ini akan menguras baterai kamu dengan cepat sehingga daya tahan baterai kamu akan tidak stabil. Supaya baterai android kamu tetap awet, lebih baik kamu memakai walpaper yang tidak bergerak.

Loading...

Selain itu, kurangi penggunaan widget yang tidak penting supaya konsumsi daya baterai android kamu semakin rendah dan bisa dialih fungsikan untuk kebutuhan berkomunikasi ataupun multimedia.

3. Menon-aktifkan WiFi

Cara efisien agar baterai android kamu lebih awet dan tidak mudah habis adalah dengan cara menon-aktifkan konektivitas WiFi disaat kamu berada diluar ruangan. Lebih baik kamu memilih menggunakan jaringan 3G atau 4G LTE.

Cara ini sangatlah penting, sebab smartphone android secara otomatis akan terus mencari Wifi terdekat. Dan ini tentunya mengonsumsi daya baterai yang tidak sedikit. Namun ketika jaringan Wi-Fi tersedia lebih baik sobat menggunakannya, sebab konsumsi daya baterai akan jauh lebih irit jika dibandingkan menggunakan signal 3G atau 4G.

4. Turunkan Kecerahan Layar

Mengatur kecerahan layar sudah terbukti sangat ampuh untuk lebih menghemat daya baterai ponsel Android. Karena semakin terang layar, maka konsumsi daya juga semakin besar. Terlebih lagi jika layar tersebut mempunyai resolusi Quad HD atau Full HD .

Saran terbaik agar baterai android kamu tetap awet dan tidak mudah habis, alangkah baiknya mengubah kecerahan layar android dari otomatis menjadi manual. Selain itu, atur juga waktu tampil layar dalam hitungan detik.

Caranya pun sangat gampang, tinggal pergi ke menu Setting > Display dan atur sesuai dengan kecerahan layar ponsel. Itulah beberapa tips agar daya tahan baterai pada ponsel android kamu selalu awet dan tahan lama.

Referensi lain : Mengapa Baterai Ponsel Bisa Meledak? Ini Penjelasannya

Ternyata dengan cara sederhana saja, bisa membuat perubahan yang sangat besar pada baterai Android. Pasti kamu senang jika daya tahan baterai ponsel awet dan tahan lama, karena disaat kamu lagi asyik-asyiknya main game / chating atau keperluan lain baterai kamu tidak cepat habis.


Loading...

Bagikan

Penulis

Avatar
tinonegatha
I'm a student at UBM (Universitas Bunda Mulia) just try write for fun and write what i allready know.
Avatar

Penulis

I'm a student at UBM (Universitas Bunda Mulia) just try write for fun and write what i allready know.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *