Tekno

Inilah Tips Buat Anda yang Bingung Memilih Smarthpone Jenis Baterai Removable atau Non-removable

Bingung Memilih Smarthpone Jenis Baterai Removable atau Non-removable? – Semakin lama berbagai vendor membuat ponsel dengan spesifikasi yang tinggi memiliki keunggulan yang menggiurkan. Hal tersebut sudah ditandai dengan munculnya beberapa smartphone yang memiliki berbagai fitur unggulan dan juga telah dilengkapi dengan teknologi yang canggih.

Para perusahaan ponsel sudah ada yang membuat perangkatnya dengan bahan berbalut metal tetapi baterainya tidak bisa dilepas. Semetara itu disisi yang berbeda, ada perusahaan yang memproduksi ponsel cerdas dengan bahan plastik namun baterai masih bisa dilepas.

Smartphone yang mempunyai baterai yang bisa dilepas sering disebut dengan type baterai removable. Sedangkan untuk baterai yang tidak bisa dilepas disebut dengan type baterai non-removable. Jenis baterai removable biasanya terbuat dari bahan dasar Lithium Ion atau sering disebut Li-ion.

Sementara itu, sebagian besar baterai tanam atau no-removable berbahan dasar Lithium Polymer atau biasa disebut Li-Po.

Untuk mengetahui perbedaan, kelebihan serta kekurangan antara baterai removable dengan baterai non-removable. Berikut ini adalah tips yang bisa membantu anda untuk membedakan jenis baterai sebelum memilih ponsel cerdas yang sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Kelebihan dan kekurangan baterai removable dengan baterai non-removable

baterai removable

Daya tahan baterai

Biasanya baterai removable yang bisa dilepas dengan mudah dapat bertahan hingga 1 tahun pemakaian sebelum kemampuan baterainya mulai menurun. Sementara itu, untuk baterai jenis non-removable memiliki daya tahan dua kali lipat dibandingkan jenis baterai removable, sebelum kemampuan baterai menurun.

Bagian Desain dan Body

Smartphone yang menggunakan baterai non-removable cenderung memiliki desain yang tipis dan kokoh. Jadi bagi anda yang menyukai desain ponsel yang bagus, maka ponsel dengan type baterai non-removable merupakan pilihan yang tepat.

Keadaan suhu Smartphone

Salah satu kekurangan dari ponsel dengan type baterai non-removable adalah cepat panas dikarenakan kedap udara sehingga akan membuat sirkulasi keluar-masuknya udara, sedangkan ponsel terus bekerja tanpa  berhenti.

Tetapi berbeda dengan perngkat yang menggunakan jenis baterai  removable, Jika anda memainkan game berjam-jam, sobat bisa melepas cover belakang smartphone supaya udara bisa masuk untuk mendinginkan baterai ponsel anda.

Berat Perangkat

Adapun kekurangan dari ponsel dengan type baterai non-removable yaitu bobot perangkat yang ikut bertambah. Hal ini dikarenakan kebanyakan dari smartphone yang menggunakan baterai jenis ini menggunakan bahan full metal. Berbeda dengan perangkat baterai removable yang biasanya menggunakan bahan plastik sehingga lebih ringan.

Cepat Kembung

Dikarenakan kedap udara, baterai non-removable sering dibilang memiliki umur yang pendek atau lebih mudah kembung, serta ditambah lagi perangkat yang cepat panas. Akan tetapi, semua itu tergantung penggunanya. Jika pemakainya pandai dalam merawat smartphonenya mungkin umur baterainya akan panjang.

Mengganti baterai

Ponsel yang menggunakan baterai removable akan lebih mudah dalam mengganti baterai dengan membuka cover belakang. Tetapi untuk anda yang memiliki smartphone dengan jenis baterai non-removable, anda harus memiliki alat khusus untuk membonkar device tersebut. Mungkin hal tersebut akan terasa merepotkan.

Sering Overheat

Smartphone baterai non-removable rentan sekali terkena hang. Karena jika dalam kondisi hang, ponsel tersebut susah untuk dimatikan disebabkan baterainya tidak bisa dilepas. Namun jika anda menggunakan perangkat dengan baterai removable, ketika saat hang anda cukup melepas baterainya. Inilah salah satu kelebihan dari baterai jenis removable yang banyak disukai orang.

Ketika Terkena Air

Jika Ponsel anda secara tidak sengaja jatuh kedalam air, maka solusinya adalah melepaskan seluruh komponen yang ada di ponsel seperti baterai, kartu SIM, micro-SD, dll. Hal tersebut tidak bisa anda lakukan jika smartphonnya menggunakan type baterai non-removable yang baterainya tidak bisa dilepas. Jika ponsel anda tidak tahan air, maka kemungkinan besar perangkat anda akan rusak.

Tingkat Keamanan

Jika anda memiliki smartphone dengan baterai non-removable, maka kamu beruntung. Karena apabila smartphone hilang karena dicuri oleh orang yang tidak dikenal, kamu masih bisa melacak keberadaan ponsel kesayanganmu.

Hal tersebut tidak lepas dari jenis baterai yang digunakan di smartphone anda, karena baterai non-removable tidak akan bisa dilepas oleh pencuri. Jika dibandingkan dengan baterai berjenis removable ketika jatuh ketangan si pencuri maka akan sulit untuk mendeteksinya. Karena pelaku bisa mematikan ponsel tersebut dengan mencabut baterainya.

Karena alasan keamanan tersebut, ponsel flagship seperti iPhone, Samsung, Sony, dll membuat perangkat mereka menjadi unibody dengan kata lain menggunakan baterai berjenis non-removable sehingga baterai tidak mudah dilepas saat dicuri.

­­­­­­Harga Jual Bekas

Semua orang pasti mengiginkan smartphone bekas pakainya yang dijual kembali harganya tidak terlalu jauh turun dengan harga barunya. Inilah yang menjadi keuntungan bagi anda yang menggunakan jenis beterai removable, karena harga jual kembalinya yang tinggi.

Hal tersebut disebabkan karena banyaknya minat konsumen, apabila baterainya rusak bisa diganti dengan yang baru. Sementara itu smartphone dengan type baterai non-reamovable akan terasa sulit dalam proses pergantian baterainya yang memerlukan teknik khusus untuk membukanya. Sehingga harga jual kembali menurun dan sangat sulit dijual kembali.

Baca : 4 Cara Atasi Baterai Cepat Habis dan Penyebabnya

baterai removable

Itulah perbandingan antara baterai berjenis removable dan non-removable. Mungkin setelah anda membaca artikel ini, sobat sudah bisa membandingkan kelebihan serta kekurangan dua jenis baterai tersebut. Jadi menurut anda mana bagus antara baterai removable atau non-removable?

Itu semua tergantung pada pilihan anda dalam memilih smartphone dengan jenis baterai removable atau non-removable.


Loading...
Baca selengkapnya

Berbagi pengetahuan melalui sebuah tulisan

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close