Halangan yang Mengganggu Aktivitas Ngeblog

Beberapa Halangan yang Mengganggu Aktivitas Ngeblog Kita

Ngeblog merupakan suatu hal yang teramat sangat banyak manfaatnya, apalagi jika dilakukan secara rutin. Seperti yang sudah saya bahas pada artikel sebelumnya mengenai keuntungan ngeblog secara rutin setiap hari, yang mana pada artikel tersebut sudah menjelaskan secara umum mengenai berbagai keuntungan ngeblog apabila dilakukan secara konsisten. Nah pada kesempatan kali ini, saya ingin membahas lebih lanjut mengenai beberapa halangan yang mengganggu aktivitas ngeblog.

Memang, kita sebagai makhluk yang berada dilingkungan banyak orang dan mau tidak mau harus bergantung kepada orang lain. Nah ini juga terjadi hubungan timbal balik juga, jadi saat mereka mau membantu kita, maka kita juga harus mau membantu mereka. Namun hal itu kadang mengusik kesibukan kita atau mengusik pekerjaan yang sedang dilakukan. Itu adalah suatu halanagan yang mengganggu aktivitas ngeblog anda.

Maka dari itu, dibawah ini ada beberapa hal yang berkaitan dengan halangan yang mengganggu aktivitas ngeblog yang perlu sama sama diketahui. Hal ini agar nantinya bisa mengantisipasi hal tersebut dengan mudah. Apa saja hal hal tersebut? Silakan simak pembahasan dibawah ini:

Halangan yang mengganggu aktivitas ngeblog

Halangan yang Mengganggu Aktivitas Ngeblog

Aktivitas ngeblog merupakan hal yang dilakukan secara konsisten dan rutin. Jadi tidak hanya sekali atau dua kali. Maka dari itu ini disebut aktivitas dan juga rutinitas. Karena dengan itulah kita bisa mendapatkan banyak hal yang, termasuk keuntungan-keuntungan yang nantinya akan didapat.

Namun sering kali dalam menjalankan aktivitas tersebut, kita banyak mendapatkan halangan dan gangguan. Mungkin disuruh ini itu, diajak ngobrol, dijailin dedek dan sebagainya. Itu semua karena banyak yang menganggap ngeblog ini adalah hal sia-sia, seperti permainan saja dan tidak penting. Maka dari itu, orang lain juga tidak mengaggapnya serius, padahal waktu itu kita butuh banyak ide dan dituntut untuk serius.

Bagi mereka yang sudah menghasilkan banyak uang dari hasil ngeblognya, maka itu akan dianggap lebih serius oleh banyak orang. Mungkin mereka semua sadar bahwa semua itu dilakukan demi mereka sendiri. Beberapa dibawah ini adalah hal yang paling sering blogger alami. Diantaranya adalah:

1. Media sosial

Media sosial selain dapat membantu blogger dalam mengoptimasi blognya, juga dapat menjadi suatu boomerang bagi dirinya sendiri loh. Karena itu maka anda harus berhati hati terhadap hal yang satu ini. Anda harus bisa mendapatkan manfaatnya daripada mendapatkan mengalami kerugian yang didapat. Maka dari itu, hal yang bisa anda lakukan adalah dengan tidak membuat media sosial memakan waktu berharga anda.

Loading...

Karena dalam suatu penelitian, sosial media memang menjadi mosnter pemakan waktu. Jadi hal hal yang seharusnya kita lakukan dan itu lebih bermanfaat, kita malah menghabiskannya di depan laptop atau HP untuk bermain sosial media.

Lalu bagaimana cara yang bisa dilakukan agar tidak banyak waktu yang terbuang untuk media sosial?

Halangan yang Mengganggu Aktivitas Ngeblog

Mudah saja, yang penting anda melakukan kegiatan ngeblog terlebih dahulu sebelum anda menggunakannya untuk sosial media. Karena pada dasarnya, saat seseorang itu sudah terlalu asyik dengan yang namanya sosial media, maka akan lupa waktu. Dan kalau sudah terlalu asyik baru ingat ngeblog, dan akhirnya sudah tidak mood lagi untuk menulis.

Hal yang bisa dilakukan untuk menghindari kecanduan sosial media adalah dengan menggunakan sosial media sebagai sarana untuk marketing blog. Selain itu juga gunakan untuk menjaga hubungan baik dengan teman saudara dan sahabat blogger.

Gunakan seperlunya saja, jangan ngelantur dan jangan malah buka curhatan curhatan orang yang tak dikenal. Kalau mau mendapatkan informasi di komunitas blogger ya usahakan gunakan seperlunya saja. Jangan membawa bawa suatu yang tidak bermasalah.

Sosial media ini menjadi halangan yang mengganggu aktivitas ngeblog saya, dan bahkan ini adalah halangan serta gangguan terbesar. Namun saya akan terus berusaha untuk memninmalisir penggunaan sosial media, apalagi untuk hal hal yang tidak diperlukan. Karena memang sulit untuk tidak buka media sosial dan berinteraksi dengan orang maya dalam satu hari saja apabila sudah kecanduan.

Karena dalam beberapa penelitian, menyatakan bahwa yang namanya kecanduan media sosial ini efeknya lebih besar daripada kecanduan rokok. Bahkan ada juga yang mengatakan efeknya lebih besar daripada kecanduan nark*ba. Tentu ini harus menjadi suatu perhatian bagi kita semua. Karena efek jangka panjang itu bisa lebih berbahaya suatu saat nanti.

Memang sih, menurut saya sendiri yang sudah kecanduan sosial media facebook dan instagram itu merasa tidak nyaman dan gelisah apabila tidak membuka dalam satu jam saja. Jadi ini sangat berbahaya bagi mental dan produktivitas kerja saya sendiri. Maka dari itu, walau terasa sulit namun harus ada upaya agar bisa terbebas dari hal itu.

2. Menonton Televisi

Wah ini adalah hal yang sangat asyik untuk dilakukan loh. Terutama bila ada acara yang anda sukai. Namun ini akan menjadi hal yang sangat buruk apabila tidak ditangani dengan baik. Ya kebiasaan menonton TV sampai berlama lama selain menjadi suatu halangan yang mengganggu aktivitas ngeblog dan bisa mengganggu kesehatan.

Mungkin anda pernah mendengar mengenai suatu hal yang berkaitan dengan ini bukan?. bahwa apabila kita menonton TV 1 jam akan berisiko terhadap kematian 23 menit lebih cepat. Dan juga dikatakan bahwa menonton TV 2 jam itu sama dengan bahaya menghisap 1 batang rokok. Maka dari itu, anda harus benar benar menyayangi masa tua nantin dengan tidak memiliki kebiasaan menonton TV berlebihan.

Memang pengaruh televisi dalam menjadikan terbengkalainya suatu pekerjaan ini besar. Ya termasuk saya sendiri, kalau ada acara yang disukai pasti semua pekerjaan jadi tidak terurus, dari yang tadinya sudah disusun jadwal ngeblog jadinya terbengkalai juga.

Menonton TV adalah hal yang sangat mudah dan murah. Jadi TV tetap menjadi sumber penghasilan yang sangat besar bagi mereka pemilik stasiun televisi. Walaupun sekarang ini sudah banyak media streaming seperti youtube dan sebagainya, namun televisi tetap menjadi hiburan yang paling banyak ditonton masyarakat.

Namun karena kemudahannya itulah kadang kita lama lama memiliki suatu ketergantungan terhadap televisi itu sendiri. Misalnya anda suka menonton suatu sintreon atau acara kesayangan. Nah kalau sehari anda melewatkannya, maka rasanya itu seperti sangat dongkol di hati karena tidak bisa menonton kelanjutan ceritanya.

Batasi waktu untuk nonton TV

Halangan yang Mengganggu Aktivitas Ngeblog

Nah dari situlah dapat kita ketahui bahwa kebiasaan menonton Televsisi ini merupakan pengganggu produktivitas kerja dan juga menjadi halangan yang mengganggu aktivitas ngeblog. Coba anda perhatikan sendiri, saat menonton TV yang kelihatannya saja sebentar itu sebenarnya menghabiskan banyak sekali waktu, jadi mungkin akan sampai 2-5 jam spaneng di depan TV.

Coba kalau dalam rentang waktu itu digunakan untuk membuat artikel, pasti sudah menghasilkan artikel unik nan berkualitas. Bahkan bisa hingga 2-3 artikel. Jadi manfaatkanlah waktu sebaik mungkin. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di hari esok. Kumpulkan bekal sebanyak mungkin agar kita bisa bertahan di hari esok itu. Jangan pernah menyia-nyiakan waktu yang telah diberikan kepada kita. Karena waktu saat ini tidak akan pernah bisa terulang kembali suatu saat nanti.

3. Asyik SMSan

Pernah gak anda keasyikan sms an dengan seseorang?. ya bisa saja sama gebetan, saudara, pasangan, orang tua, teman dan sebagainya. Tapi yang perlu diperhatikan bahwa keasyikan sms an tanpa memperhatikan waktu itu menjadi halangan yang mengganggu aktivitas ngeblog anda. Jadi anda harus benar benar memperhatikan hal tersebut. Anda tidak bisa terus menerus membuang waktu untuk sms an dengan mereka yang kurang penting.

SMS memang saat ini masih diperluan sebagai sarana chating dengan orang lain. Ya walaupun sudah banyak yang menggunakan sistem lain seperti halnya facebook messenger, BBM, whatsapp, line dan lainny. Walaupun sudah banyak pengganti chating selain SMS, namun anda tidak akan pernah meninggalkan SMS. Karena bagaimanapun ini adalah fitur yang paling mudah dan cepat.

Jadi anda harus bisa membagi waktu sebaik mungkin. Karena dengan SMS an bisa membuat banyak waktu yang terbuang percuma. Jadi anda harus benar benar memperhatikan hal ini ya.

Anda bisa membagi waktu sebaik mungkin antara untuk SMS an dan juga untuk ngeblog. Jadi tidak sedang ngeblog lalu ada SMS dan akhirnya terus terusan SMSan, blog pun nantinya akan terbengkalai.

Tips yang paling mudah untuk menghindari hal ini adalah dengan cara tidak menjawab sms yang tidak penting saat sedang ngeblog. Memang jika anda membalas saat itu juga, nanti akan terjadi kirim balas pesan beratus ratus kali. Jadi ini akan menyita waktu ngeblog anda. Dan kalaupun sudah berhenti smsan nya, belum tentu juga masih mood untuk menulis

4. Telepon

Halangan yang Mengganggu Aktivitas Ngeblog

Selain bermain sosial media dan sms an, telepon juga menjadi salah satu halangan yang mengganggu aktivitas ngeblog. Bahkan telepon ini lebih mengganggu daripada sms an loh. Karena kita bisa saja ditelepon orang yang suka ngobrol panjang dan lebar. Jadi hal ini akan membuat seseorang yang sedang ngeblog akan terbengkalai urusan ngeblog tersebut.

Kalau tidak lama dalam melakukan panggilan telepon, mungkin anda juga menerimanya dalam waktu singkat namun terjadi berkali kali. Maka dari itu, untuk mengantisipasi terjadinya hal ini, maka yang bisa dilakukan adalah dengan menonaktifkan ponsel anda.

Jadi dengan menonaktifkan telepon, maka mereka tidak bisa mengganggu aktivitas ngeblog anda. Namun yang perlu diperhatikan juga, kalau memang anda suka menerima panggilan dari beberapa orang yang penting, maka sebaiknya tidak menonaktifkan telepon. Lebih baik cari waktu lain yang lebih bebas dan santai.

5. Urusan mendadak

Anda sendiri pernah gak mengalami hal semacam ini? Lagi asyik asyiknya ngeblog tiba tiba ada urusan yang gak bisa tinggalkan? Kalalu saya pribadi si sering kali mengalami hal ini. Bahkan sudah buat jadwal buat ngeblog malahan ada urusan lain yang sekiranya lebih penting.

Memang jika urusan itu penting, maka kita harus memprioritaskannya. Ya, apa boleh buat, urusan mendadak yang bisa dibilang penting memang tidak bisa untuk dihindari. Namun kalau hal tersebut dirasa tidak terlalu penting, ya ngeblog itu bisa anda lanjutkan.

Saran saya bila anda sering berhadapan dengan urusan yang mendadak, maka seharusnya harus membuat jadwal yang tersusun rapi dan teratur. Karena apabila tidak bisa membagi waktu yang mana saat waktu yang bisa digunakan sebagai waktu yang luang untuk ngeblog dan mana yang banyak urusan, maka anda bisa dibilang tidak berhasil menjadi blogger yang baik.

Mulai dari saat ini, maka anda harus bisa menjadikan diri anda semakin baik lagi kedepannya dengan membuat berbagai jadwal rutin ini. Karena dengan inilah akan meminimalisir terjadinya penumpukan kegiataan di waktu yang bersamaan.

6. Malas

Malas juga menjadi salah satu halangan yang mengganggu aktivitas ngeblog seseorang. Bahkan bagi kebanyakan orang ini menjadi suatu penghalang terbesar setelah kesibukan. Karena rasa malas inilah sebenarnya banyak waktu yang terbuang percuma.

Rasa malas memang menjadi suatu masalah tersendiri buat anda semuanya, termasuk saya. Karena semua orang memiliki rasa malas, dan harus bisa mengetahui cara melawan malas itu. Maka dari itu, hal yang bisa di lakukan mulai saat ini adalah dengan terus bertindak walau rasa malas selalu menghadang diri kita.

Jadi anda bisa menghilangkan rasa malas itu dengan menjadikan ngeblog sebagai suatu kebiasaan yang rutin dilakukan. Dengan sudah terbiasa dilakukan secara rutin, maka anda merasa bahwa ngeblog adalah suatu kebutuhan yang harus dikerjakan setiap hari.

Referensi lain : Tips Mengatasi Malas Ngeblog yang Ampuh dan Cepat

7. Kesibukan

Kesibukan adalah suatu rutinitas yang telah tersusun dalam suatu waktu. Ya istilahnya adalah padat akan kegiatan. Maka dari itu, ada orang yang mengatakan bahwa sibuk ini sebenarnya tidak ada. Namun kegiatan yang tersusun dan terjadwal secara teratur.

Memang ini menjadi halangan ngeblog tersendiri bagi sebagian orang. Karena berbagai kesibukan terutama karena hal pekerjaan ini memang tidak bisa di tinggalkan begitu saja bukan? Dengan berbagai kesibukan inilah maka anda dituntut untuk merelakan sedikit waktu luang anda sebagai waktu untuk ngeblog.

Maka dari itu, gunakan waktu luang anda sebaik mungkin. Namun kalau anda memiliki waktu yang sedikit, maka gunakanlah waktu celah yang ada. Misalnya anda bekerja pagi pulang malam, nah jika ingin menekuni blog, maka gunakan waktu pagi hari saja. Ya setidaknya 1 artikel perhari saja itu sudah cukup kalau anda memang memiliki banyak sekali pekerjaan.

Intinya jangan sampai kesibukan dan aktivitas harian yang padat menjadi halangan yang mengganggu aktivitas ngeblog. Gunakan waktu senggang atau waktu libur untuk dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menulis dan mengelola blog anda. Karena jika kita tak mau berbuat lebih, maka hasil yang didapat tidak akan pernah lebih.

8. Streaming

Streaming ini bisa menjadi halangan yang mengganggu aktivitas ngeblog. Hal ini menurut saya pribadi, memang benar, karena sesuai pengalaman saya saat ada koneksi internet lancar lalu buka youtube, maka hal ini akan keblabasan. Terlalu asyik didalamnya. Saya yang tadinya cuma ingin buka 1 video saja, tiba tiba nemu judul lain yang unik ingin baca lagi dan baca lagi.

Maka dari itu, hal yang dapat anda lakukan adalah dengan cara membatasi diri untuk tidak streaming video youtube yang gak guna. Namun manfaatkanlah waktu sebaik mungkin, karena belum tentu waktu waktu senggang kita akan bisa terjadi di waktu yang akan datang bukan?

9. Keinginan ngegame

Halangan yang Mengganggu Aktivitas Ngeblog

Kasus ini sering saya lihat pada seorang gamer tapi juga seorang blogger. Kebanyakan dari mereka sulit untuk membagi waktu antara dua kegiatan tersebut. Karena bagaimanapun, ngegame ini seperti hanya sebentar saja tapi sebenarnya menghabiskan banyak waktu. Hal ini karena begitu sangat asyik saat sedang memainkannya.

Keinginan untuk terus  main game memang terjadi apabila seseorang sudah kecanduan pada game itu sendiri. Terutama pada game online multi player yang sangat mengasyikan. Bahkan saya lihat sendiri, mereka yang suka akan permainan COC dimana mana main COC. Dalam angkutan umum, ditempat nongkrong, dirumah, bahkan dalam pekerjaan pun main COC Jadi mereka sudah tidak fokus ngapa ngapain selain bermain game tersebut.

Apabila hal ini terus dibiarkan begitu saja, maka anda sendiri yang akan menyesa nantinya loh. Karena menghabiskan banyak waktu di game ini selain menghabiskan waktu juga menghabiskan uang. Bahkan ada yang bilang bahwa mereka sudah menghabiskan jutaan hingga puluhan juta demi sebuah game.

Ya memang, akun game itu sendiri bisa dijual dengan harga yang mahal, namun bagaimanapun juga, game tidak akan bisa memberikan penghasilan rutin seperti halnya blog.

Jadi saran saya, jika anda ingin fokus ngeblog tapi tidak bisa meninggalkan main game, maka buatlah jadwal dan batasi main game. Hal ini dimaksudkan agar bisa membagi waktu sebaik mungkin. Dengan membagi waktu sebaik mungkin inilah maka anda bisa dengan mudah mencapai tujuan dalam sesuatu hal.

Ya memang, bahwa ngegame bisa dijadikan suatu hiburan dan kita pun butuh hiburan dikala penat. Namun jangan sampai menjadikan ngegame menjadi hal yang banyak menyita tugas utama anda.

10. Kesehatan yang berkurang

Halangan yang Mengganggu Aktivitas Ngeblog

Ini sering terjadi kepada blogger yang tidak menjaga kesehatan dengan baik. Kurang olahraga, kurang peduli terhadap diri mereka sendiri dengan sering begadang, telat makan dan sebagainya. Ini bisa menjadi cikal bakal dari penyakit. Terutama mereka yang tidak meluangkan waktu nya untuk olahraga maka hal tersebut akan menjadi suatu penyakit yang berbahaya.

Walaupun sibuk, ya usahakan selalu jaga kesehatan anda dengan baik, agar tidak terjadi penyakit. Kan kalau sakit, maka hal tersebut akan menjadi suatu masalah tersendiri bukan? Uang banyak yang dikeluarkan dan waktunya juga banyak yang terbuang.

Menjaga dari stress juga penting loh. Karena dengan hal ini dengan baik maka akan lebih tahan terhadap serangan penyakit. Karena dengan stress yang terus terusan akan melemahkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh kita.

Maka dari itu, hadapilah sesatu secara bijak dan terbuka sehingga tidak menjadi beban tersendiri dalam pikiran. Selain itu kalau anda sedang merasa penat dan stres, usahakan segera lakukan refreshing agar lebih santai pikirannya, dan dapat berfikir jernih.

Memang tak bisa di sangkal lagi bahwa kesehatan yang terganggu itu menjadi halangan yang mengganggu aktivitas ngeblog anda. Bahkan peranannya juga besar loh. Bagaimana tidak, tanpa kesehatan yang memadai, kita pasti akan malas, tidak nafsu dan memang sangat tidak enak dalam melakukan apapun. Bawaanya ingin tidur, padahal tidurpun rasanya tidak enak. Jadi anda harus bisa menjaga kesehatan sebaik mungkin.

Jagalah kesehatan mata

Menjaga kesehatan mata juga penting. Karena dengan menjaga kesehatan mata maka anda akan lebih maksimal dalam ngeblog. Usahakan agar ada waktu istirahat untuk mata, jangan dipaksakan untuk berhadapan dengan layar monitor terus terusan. Karena hal ini tidak akan baik untuk anda.

Lakukan sistem 20-20-20 untuk menjaga kesehatan mata anda. Sistem 20-20-20 itu maksudnya adalah setiap 20 menit menatap layar laptop usahakan berhenti untuk mengistirahatkan mata kita selama 20 menit dengan memandang suatu objek dengan jarak 20 kaki. Menurut beberapa penelitian ini bisa mencegah seseorang dari penurunan daya pandang. Namun juga anda harus mengimbangi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A.

11. Di ajak ngobrol seseorang

Halangan yang Mengganggu Aktivitas Ngeblog

Ini yang sering saya alami. Lagi fokus dan menikmati kegiatan nulis yang sudah mulai mengalir karena sedang mood, lalu ditanya terus sama seseorang. Mood seketika hilang, dan kesal karena mau melanjutkan nulis lagi juga ide sudah hilang, karena mood juga sudah tidak baik. Ya sih kalau tanya cuma satu atau dua pertanyaan. Nah ini tanya hingga ratusan pertanyaan alias ngajak ngobrol terus terusan seperti wartawan.

Jika saya mengalami hal tersebut, mau tidak mau mending tutup laptop lalu pergi dengan orang yang ngajak ngobrol itu. Ya bagaimana lagi, sudah gak fokus ngeblog lagi kalau dipaksakan kan hasilnya tidak akan baik.

Namun kalau serasa yang diajak ngobrol itu bahas hal yang tidak penting, maka saya lebih memilih cuek dan terus aja nulis. Itu memang kurang sopan, kalau perlu bicara baik baik kepada seseorang itu bahwa dirinya sedang ngeblog. Namun kalau saya sendiri yang sifatnya nggak enakan sama seseorang, ya lebih baik menemui orang yang ngajak ngobrol dan berhenti ngeblog. Pasti akan ada waktu lagi untuk meneruskan nulisnya.

Diajak ngobrol seseorang ini adalah halangan yang mengganggu aktivitas ngeblog yang begitu berpengaruh. Sama halnya saat anda ngeblog bersama keluarga. Apalagi lagi punya dedek yang lagi usil usilnya, pasti ingin ikut main di depan laptop yang mana hal ini jelas mengganggu aktivitas ngeblog anda dong. Jadi luangkanlah waktu bersama keluarga kalau memang mereka meminta. Karena kebersaman dalam keluarga ini adalah hal yang sangat mahal harganya. Disitulah anda bisa bahagia.

12. Mood yang jelek

Halangan yang Mengganggu Aktivitas Ngeblog

Memang dalam beberapa poin diatas saya sering menyinggung bahwa banyak sekali hal yang bisa menyebabkan mood jelek. Dan jika mood untuk ngeblog sedang jelek maka lebih baik tidak nulis. Karena hasilnya pun kalau dipaksa menulis dalam keadaan seperti demikian pasti tidak akan bagus.

Kalau yang saya lakukan adalah dengan cara menjadikan diri saya bahagia. Bisa dengan pergi ke gunung dan merasakan keindahan disana, pergi ke sawah melihat hamparan padi yang menghijau dan sebagainya, yang mana saya bisa bahagia dan yang penting gratis. Memang hal yang dilakukan setiap orang untuk mengembalikan mood yang jelek itu berbeda beda.

Anda pun mungkin punya strategi tersendiri untuk menghilangkan mood yang buruk, yang penting diri kita bisa merasa bahagia. Jika mood sudah kembali baik, maka tidak ada lagi halangan yang mengganggu aktivitas ngeblog anda.

13. Laptop yang rusak

Tak disangka sebelumnya, tiba-tiba laptop rusak begitu saja. Ya tentu hal ini menjadi halangan yang mengganggu aktivitas ngeblog anda. Karena ngeblog tanpa menggunakan alat alat yang semestinya ada itu sulit. Memang sih bisa mengganti laptop dengan smartphone yang mendukung, namun tentunya bagi orang yang terbiasa ngeblog dengan laptop tetap saja kurang puas apabila ngeblog dengan smartphone.

Memang tidak ada cara lain selain ngeblog diwarnet sambil menunggu laptop anda selesai di service. Ya walaupun biaya ngeblog diwarnet itu lebih mahal daripada ngeblog di laptop sendiri.

Jadi kalau laptop sudah jadi, rawatlah secara berkala laptop anda. Sehingga suatu saat nanti tidak akan menyebabkan hal yang tidak diinginkan. Misal rusak parah dan sebagainya. Jika ada masalah kecil pada laptop anda, usahakan untuk segera menanganinya agar tidak terjadi hal hal yang lebih besar lagi kedepannya.

14. Kecapekan

Habis kerja seharian, atau habis melakukan kegiatan apapun ini akan mengalami kecapekan setelahnya. Rasa capek, lemah, lesu, letih ini akan menjadi halangan yang mengganggu aktivitas ngeblog anda. Ya tentu, saat anda merasa capek, maka anda akan merasa malas ngeblog bukan?.

Lebih baik anda mengistirahatkan tubuh terlebih dahulu, maka akan lebih fresh saat sudah diistirahatkan. Jadi jangan sampai saat kecapekan namun dipaksakan untuk ngeblog. Karena tulisan yang dihasilkan nantinya akan tidak baik.

Ke 14 hal diatas itu memang menjadi suatu halangan yang mengganggu aktivitas ngeblog anda. Jadi anda harus bisa mengatasi hal tersebut dengan berbagai cara dan sebagian telah saya sebutkan diatas.

Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua. Jika ini bermanfaat untuk orang lain, maka silakan share artikel ini ya. Terima kasih.


Loading...

Bagikan

Blogedewek

Penulis

Salam kenal semuanya, Saya Mas Mus. Hobi saya membaca. Suka nulis juga di klikmania tercinta ini. Saya juga pemilik dari tokofora.com, sebuah toko online terpercaya.

Komentar

    Avatar

    Taya

    ( - 13:45)

    Aku sedang mengalami yang nomor 13

    moriuz

    moriuz

    ( - 03:54)

    ponit yang 11 jadi gagal fokus ni kang… hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *