Dunia InternetInternet

Begini Cara Membayar SPP Via Gopay, Sangat Mudah!

Panduan lengkap membayar uang SPP hanya dari aplikasi gojek

Cara Membayar SPP Via Gopay – Dahulu banyak meme meme bermunculan, bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Mas Nadiem Makarim bakal memberlakukan aturan pembayaran uang sekolah dan juga kuliah lewat dompet digital gopay. Meski hanya sebatas guyonan, tetapi tak sedikit siswa yang setuju akan usulan ini.

Namun isi dalam meme meme tersebut kini telah menjadi kenyataan. Siswa ataupun orang tua kini sudah dapat membayar uang SPP cukup dari smartphone melalui aplikasi gojek. Bagaimana caranya?

Cara Membayar SPP Via Gopay

Segala kebutuhan sekolah kini bisa dibayarkan melalui layanan gobills pada aplikasi gojek tersebut. Bahkan, tak hanya uang SPP saja, anda juga bisa membayar biaya lainnya seperti buku, seragam, kegiatan ekstrakurikuler, dan lain sebagainya.

Saat ini sudah ada lebih dari 180 lembaga belajar yang terdiri atas sekolah, pesantren, dan pesantren telah mendukung Pembayaran biaya pendidikan lewat aplikasi gojek. Mayoritas adalah sekolah swasta.

Dalam keterangan resminya, Arno Tse selaku Senior Vice President Sales Gopay mengatakan bahwa : “Layanan terbaru ini membebaskan orang tua dan wali murid untuk membayar pendidikan anak tanpa harus hadir ke sekolah,” (dikutip dari warta ekonomi).

Lantas bagaimana cara pembayarannya? Simak panduan selengkapnya berikut ini.

1. Buka Aplikasi Gojek Terlebih Dahulu

Langkah pertama pembayaran SPP Via gopay

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka aplikasi gojek terlebih dahulu. Pastikan anda telah menggunakan aplikasi gojek versi terbaru, jika belum anda bisa melakukan pembaharuan di google play store.

2. Pilih Gobills

Dan jika aplikasi tersebut sudah anda buka, sekarang carilah layanan gobills pada aplikasi tersebut. Dimana saya dapat menemukannya? Gobills ada di bagian pembayaran.

Lainnya >>>  pembayaran >>> pilih Gobills.

Baca juga : Cara membeli dan aktivasi by.u

3. Pilih Kategori Sekolah

Pada layanan gobills, terdapat banyak jenis tagihan. Mulai dari PLN, BPJS Kesehatan, tv kabel, PDAM, asuransi, gas, PBB, PKB, retribusi, dan lain sebagainya termasuk tagihan sekolah. Silakan pilih sekolah jika anda ingin membayar uang pendidikan.

4. Cari Sekolah

Selanjutnya cari nama sekolah. Pencarian bisa dilakukan per wilayah atau langsung mengetikkan nama sekolah pada kotak yang telah tersedia. Contohnya adalah : SMK Bakti Karya Parigi yang ada di Kota Bandung

Baca juga : cara aktifkan dark mode tanpa aplikasi

5. Masukkan ID atau Nomor Induk Siswa

Langkah berikutnya adalah memasukkan nomor induk siswa yang terdata secara nasional. NIS ini perlu anda masukkan  untuk keperluan Pembayaran. Klik “lanjut” untuk melanjutkan proses pembayaran.

6. Periksa jumlah tagihan

Selanjutnya, akan muncul nominal tagihan yang harus anda dibayarkan. Pastikan saldo gopay yang anda miliki cukup untuk membayar tagihan tersebut. Jika tidak cukup anda harus mengisinya terlebih dahulu.

7. Masukkan PIN

Jangan lupa masukkan PIN gopay anda untuk mengkonfirmasi pembayaran. Lakukan secara hati-hati dan jangan sampai orang lain mengetahuinya. Jaga kerahasiaannya demi keamanan akun anda.

8. Pembayaran Berhasil

Tunggu prosesnya selama beberapa saat. Dan selamat, pembayaran telah berhasil dilakukan dan anda mendapatkan bukti pembayaran. Sangat mudah bukan?

Demikian pembahasan mengenai tata cara membayar SPP via gopay, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Semoga sekolah anda kedepannya juga mendukung Pembayaran dengan sistem ini agar lebih mudah dan efisien.


Loading...
Baca selengkapnya

Halo, nama saya Firdaus Deni Febriansyah. Seorang freelance dan content writer. Juga menjadi kontributor di beberapa website seperti hipwee, klikmania, dan Brilio. Writing content is my hobby and my passion.

Artikel terkait

2 Comments

  1. Wah lagi hot nih, barusan aja nonton di suara TV indonesia mengenai hal ini. Eh di situs Klikmania sudah ada informasi lengkapnya. Sangat update dan jelas banget caranya.
    Terima kasih atas informasinya kak..

  2. Bagus sih,
    Dengan adanya MoU GoJek dengan Sekolah akan menghasilkan kemudahan dalam segi pembayaran-pembayaran…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close