Internet

Begini Cara Mengontrol Ruang Penyimpanan Data Whatsapp

Dengan aplikasi WhatsApp kita dapat mengirim teks, gambar, video, juga dapat melakukan panggilan suara dan panggilan video. Tapi seringkali ruang penyimpanan penuh akibat aktivitas di WhatsApp, untuk itu kamu perlu mengontrol ruang penyimpanan data WhatsApp.

Sekarang ini hampir semua orang memerlukan alat untuk berkomunikasi, sehingga para perusahaan menciptakan berbagai macam aplikasi agar dapat digunakan untuk berkomunikasi.

Selain WhatsApp ada pula aplikasi yang dapat digunakan untuk berkomunikasi yaitu Line, BBM, Messeger, Wechat, Skype, dan lain-lain.

Meskipun ada banyak aplikasi lain yang dapat digunakan untuk berkomunikasi, tapi WhatsApp merupakan aplikasi dengan jumlah pengguna terbanyak yaitu sekitar 1,5 Milyar pengguna. Sehingga sampai saat ini belum ada aplikasi lain yang mampu menyaingi WhatsApp.

Baca juga : Sudah 2020, Iklan WhatsApp Akan Segera Menyapa Para Pengguna

WhatsApp kini juga sudah terdapat berbagai fitur, hal ini berupaya  untuk memudahkan para penggunanya dalam berkomunikasi.

Fitur terbaru aplikasi ini antara lain WhatsApp Dark Mode, Hapus Pesan Rahasia Otomatis, Reverse Image Search, dan yang baru beredar beritanya yaitu akan muncul iklan pada status WhatsApp.

Cara Mengontrol Ruang Penyimpanan Data WhatsApp

Dibalik semua kemudahan yang bisa didapatkan di aplikasi ini, WhatsApp seringkali menghabiskan ruang memori penyimpanan.

Hal ini tentu bisa menyebabkan ponselmu kehabisan ruang penyimpanan, untuk itu kamu harus mengontrol ruang penyimpanan data WhatsApp.

Agar memori internal mu tidak dipenuhi dengan file-file yang tidak begitu penting, lakukan cara dibawah ini :

1. Hindari Terlalu Banyak Grup
Hindari Terlalu Banyak Grup Whatsapp

Grup pada WhatsApp memang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk memudahkan apabila ingin berdiskusi dengan kelompok. Bisa juga digunakan untuk berbagi informasi, pengumuman, atau hal lain.

Dengan grup kita bisa mendapatkan daftar kontak teman, atau memiliki teman baru. Selain itu juga bisa digunakan sebagai sarana hiburan, apabila ingin bercanda tawa lewat pesan teks atau sticker.

Namun, apabila terlalu banyak grup maka bisa menghabiskan ruang penyimpanan datamu. Karena semua foto dan video yang dikirim ke grup, akan langsung tersimpan oleh penyimpanan internal ponsel.

Untuk itu sebaiknya hindari terlalu banyak grup pada WhatsApp, pilih grup-grup yang menurutmu penting dan hapus grup yang tidak terlalu penting.

2. Matikan Fitur Unduh Otomatis
Cara Mengontrol Ruang Penyimpanan Data Whatsapp

Mungkin ada yang masih belum tahu, apabila semua gambar dan video yang dikirim ke grup akan terunduh otomatis. Hal ini dikarenakan adanya fitur “Unduh Otomatis”, apabila kamu ingin menghemat ruang penyimpanan data kamu sebaiknya kamu non-aktifkan fitur tersebut.

Cara mematikan fitur “Unduh Otomatis” sebagai berikut, masuk ke setelan aplikasi WhatsApp > Pengguna Data dan Penyimpanan > Unduh Otomatis Media > Hilangkan semua tanda centang pada bagian saat menggunakan data seluler, saat menggunakan WIFI, dan saat roaming.

3. Hapus Riwayat Panggilan dan Pesan Yang Tidak Penting
Cara Mengontrol Ruang Penyimpanan Data Whatsapp

Apabila kamu tidak ingin ruang penyimpananmu penuh, maka sebaiknya hapus riwayat panggilan dan pesan yang sudah tidak penting. Karena jika kamu terus menyimpannya, maka akan memenuhi ruang penyimanan data.

4. Hapus Cadangan WhatsApp
Hapus Cadangan Whatsapp

Aplikasi ini selalu membuat cadangan otomatis di fitur “Cadangan Chat”, disitu akan ada pilihan cadangankan yaitu harian, mingguan, bulanan, dan jangan pernah.

Hasil cadangan tersebut akan disimpan di folder database, apabila dibiarkan lama-kelamaan akan memenuhi ruang penyimpanan.

Dengan menghapus database ini kamu tidak akan kehilangan chat atau kontak apapun, tapi alangkah baiknya sebelum menghapusnya sebaiknya di backup dulu ke memori eksternal atau komputer.

Cara untuk menghapus database cadangan WhatsApp sebagai berikut, buka aplikasi Manager > buka memori internal > pilih folder WhatsApp > pilih folder database > pilih semua file dan hapus.

Begitulah cara untuk mengontrol ruang penyimpanan data WhatsApp, sebaiknya kamu rajin mengelolanya. Karena jika berkas dibiarkan terlalu banyak menumpuk, bisa menyebabkan kinerja ponselmu menjadi lambat alias lemot.


Loading...
Baca selengkapnya

Menyukai Traveling dan Fotography

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close