Internet

Begini Cara Traveling Asyik di Era Modern Agar Berjalan Sesuai Rencana

Traveling Asyik di Era Modern – Saat ini melakukan traveling sebenarnya sudah menjadi sesuatu yang sangat mudah dan menyenangkan.

Banyak sekali informasi yang sudah tersedia di internet, aplikasi penunjang di smartphone, penyedia jasa yang siap membantu mempersiapkan traveling, dan lain sebagainya.

Segala kemudahan dapat menjadikan traveling asyik di era modern seperti saat ini. Bagi seorang traveler, melakukan traveling merupakan suatu kepuasan tersendiri dan layaknya sebuah hobi.

Secara tidak sadar kita sering menjumpai traveler ketika kita berkunjung ke tempat wisata, mulai dari yang sendiri atau rombongan bersama teman-temannya.

Traveling Asyik di Era Modern

Seorang traveler dalam melakukan perjalanan liburannya tentu harus menyiapkan segala macam hal. Meskipun kadang ada beberapa traveler yang kurang dalam melakukan persiapan.

Persiapan yang ini tentu dimaksudkan agar saat melakukan traveling dapat berjalan sesuai dengan rencana. Apabila tidak berjalan sesuai rencana, minimal tidak mengecewakan bagi traveler tersebut.

Lantas bagaimana cara menyiapkan rencana traveling yang baik dan benar?

Berikut tips-tips singkat yang dapat dilakukan untuk menjadikan traveling asyik di era modern seperti saat ini.

Loading...

Baca juga : Tips Traveling Aman Buat Perjalanan Seorang Diri

Membuat perencanaan waktu liburan jauh-jauh hari

Traveling Asyik di Era Modern
Rencana Liburan via wittysparks

Tips ini merupakan hal mendasar dalam perencanaan traveling asyik di era modern. Waktu sebagai penentu kapan kita dapat melakukan traveling adalah syarat utama yang harus terpenuhi.

Pemilihan waktu perlu dilakukan dengan melihat tanggal-tanggal yang memungkinkan untuk melakukan liburan, khususnya untuk orang-orang yang berkerja sesuai jam kerja kantor.

Dengan keterbatasan waktu mengambil cuti, tentu menjadikan liburan panjang sebagai sesuatu yang sangat dinanti-nantikan.

Waktu liburan emas yaitu pada saat weekend dengan adanya tanggal merah atau libur pada hari kamis, jumat, senin, atau selasa.

Hari libur pada kamis dan selasa tentunya diperuntukkan bagi mereka yang ingin mengorbankan waktu cuti mereka pada hari jumat atau senin.

Dengan demikian, waktu liburan panjang yang diperoleh yaitu maksimal selama 4 hari.

Sedangkan hari libur pada jumat dan senin diperuntukkan bagi mereka yang ingin tetap mengamankan jatah cuti, sehingga waktu liburan Panjang yang diperoleh yaitu maksimal selama 3 hari.

Yuk segera lihat kalender kira-kira tanggal berapa aja hari liburnya dan kapan aja yang bisa dijadikan sebagai waktu libur panjang.

Menentukan tempat atau destinasi yang ingin didatangi

Traveling Asyik di Era Modern

Tempat atau destinasi tujuan merupakan salah satu penentu diperolehnya traveling asyik di era modern saat ini. Di Indonesia saja banyak terdapat tempat wisata menarik yang tidak kalah dengan luar negeri.

Branding wonderful Indonesia sepertinya memang sangat membantu perkembangan pariwisata di tanan air dan tentunya menciptakan traveling asyik di era modern ini.

Nah kaitannya dengan tips traveling kali ini yaitu seberapa kemungkinan kita dapat mengeksplore lokasi tujuan traveling.

Apabila waktu liburan tidak panjang, alangkah lebih baik jika memilih tempat yang memang mudah untuk diakses.

Selain itu, pertimbangan jarak juga perlu diperhitungkan agar waktu tidak banyak terbuang selama perjalanan.

Perlu jam terbang tinggi loh buat seorang traveler untuk dapat menentukan lokasi destinasi dengan segala pertimbangan waktu, jarak, dan biaya.

Yuk buat kamu yang hobi traveler segera tentukan kemana destinasi selanjutnya, dan buat yang masih pemula cobalah dulu cari destinasi yang tidak terlalu jauh.

Mempersiapkan segala keperluan yang dapat berguna selama traveling

Traveling Asyik di Era Modern

Setelah waktu dan tujuan destinasi sudah ditentukan. Tips selanjutnya buat seorang traveler yaitu mempersiapkan segala sesuatu dibutuhkan selama traveling.

Apa aja sih?

Mulai dari yang sederhana tapi wajib dulu aja, seperti pakaian berserta jumlahnya berapa, gadget yang diperlukan, uang saku secukupnya, tas ransel atau daypack, hingga aksesories seperti topi, sepatu, sendal, atau kacamata.

Tujuan destinasi memang sangat menentukan kebutuhan apa saja yang harus dibawa, oleh karena itu seorang traveler harus pintar memilah dan memilih barang apa saja yang penting.

Sangat tidak disarankan buat kamu seorang traveler untuk membawa barang dengan jumlah yang berlebihan. Memang sih persiapan matang itu perlu, tapi secukupnya dan seperlunya aja ya yang dibawa.

Membuat itinenary sebagai acuan dalam melakukan traveling

Itinenary Liburan via edisusilo

Apa sih itinenary itu? Mungkin sebagian traveler pemula masih belum tau apa itu itinenary.

Jadi itinenary itu merupakan rencana perjalanan atau kegiatan yang dibuat oleh seorang traveler, ketika akan mengunjungi suatu lokasi. Itinenary bisa juga dikatakan sebagai timeline ketika melakukan traveling.

Dengan itinenary yang sudah dibuat dengan detail, tentu traveling akan menjadi lebih teratur baik dari segi waktu maupun biaya.

Membuat itinenary sebagai salah satu cara traveling asyik di era modern tentu membutuhkan banyak informasi yang harus kita cari.

Informasi ini sudah banyak tersedia di internet atau bisa juga dengan menanyakan kepada teman atau kenalan yang pernah ke lokasi destinasi yang akan kita datangi.

Semakin banyak informasi yang kita peroleh, maka semakin lengkap itinenary yang dapat kita buat. Itinenary harus dibuat dengan jelas dan detail.

Mulai dari waktu di lokasi destinasi, perhitungan lama perjalanan, biaya yang dibutuhkan, kendaraan dan penginapan yang akan digunakan selama di lokasi destinasi.

Dan tentunya kegiatan apa yang akan kita lakukan disana. Jadi penting banget kan peran itinenary ini buat seorang traveler.

Yuk segara kumpulkan informasi dan buat itinenary rencana liburan kamu, butuh waktu tidak singkat loh untuk membuat itinenary ini bahkan untuk traveler yang udah punya jam terbang tinggi sekalipun.

Mempersiapkan antisipasi segala kemungkinan yang dapat terjadi diluar rencana

Buat kamu yang ingin merencanakan traveling asyik di era modern ini, enggak ada salahnya kamu bikin rencana B untuk berjaga apabila rencana A kamu tidak berhasil.

Namanya berencana kan pasti belum pasti juga kan dapat terlaksana tidaknya.

Biasanya kemungkinan diluar rencana ini terkait dengan biaya yang membengkak, waktu perjalanan yang melebihi perhitungan, dan cuaca yang tentunya tidak dapat diprediksikan secara pasti.

Ketiga kemungkinan itulah yang paling sering dialami oleh para traveler yang melakukan traveling.

Jadi supaya liburanmu berjalan lancar, persiapkanlah segala rencana dari rencana A sampai rencana Z untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang dapat terjadi.

Sayang banget kan udah pergi jauh dan keluar biaya banyak tetapi rencana liburannya terganggu.

Itulah tips-tips buat seorang traveler yang ingin merencanakan traveling asyik di era modern seperti saat ini. Semoga dapat bermanfaat dan tentunya membuat liburan menjadi lebih menyenangkan.



Loading...

Baca selengkapnya

Penulis, Traveler, Geographer

Artikel terkait

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *