Internet

Belajar Akuntansi Online Gratis, Cepat dan Mudah Dipahami

Situs Belajar Akuntansi Online, Neraca, Jurnal, ‎Laporan Keuangan, Perpajakan, Perbankan

Banyak orang tertarik untuk belajar akuntansi, sebab akuntansi sendiri adalah ilmu yang dapat aplikasikan secara langsung pada kehidupan sehari-hari. Ilmu Akuntansi  juga memiliki prospek sangat bagus untuk masa depan, terutama untuk karir. Perlu diketahui, saat ini belajar akuntansi online juga sangat mudah.

Di era digital saat ini, hampir semua kegiatan bisnis, baik perusahaan skala besar maupun kecil membutuhkan ilmu akuntansi untuk membantu dalam membuat laporan keuangan.

Oleh sebab itu, karir di bidang akuntansi juga terbuka lebar bagi mereka yang menempuh pendidikan akuntansi. Terutama bagi yang memiliki latar belakang akademis atau sarjana keuangan sebab bisa diterapkan di berbagai bidang pekerjaan.

Karena banyaknya jumlah persaingan dalam pekerjaan di bidang akuntansi, perusahaan penerima karyawan akan mencari beberapa kandidat terbaik untuk dapat bekerja di perusahaan mereka.

Saat ini, karyawan yang dibutuhkan untuk sebuah perusahaan bukan hanya memiliki keunggulan saja. Namun harus tanggap dan peka pada perubahan yang dinamis, termasuk mengikuti perkembangan teknologi.

Hal ini tentunya bukan menjadi masalah apabila Anda menguasai ilmu akuntansi serta beberapa aplikasi  yang berhubungan dengan akuntansi.

Memahami pengertian dan Konsep Dasar Akuntansi

Sebelum belajar akuntansi, salah satu hal yang paling penting adalah memahami pengertian akuntansi dan konsep dasarnya. Sebab ada beberapa definisi mengenai ilmu akuntansi itu sendiri.

Meskipun ada beberapa pengertian tentang akuntansi menurut para ahli, namun apabila di simpulkan intinya adalah sama. Akuntansi merupakan proses mencatat, meringkas, mengolah, dan menyajikan data transaksi,

Intinya, pengertian akuntansi pada dasarnya adalah hal – hal atau kegiatan yang berhubungan dengan keuangan

Kegiatan akuntansi tersebut diantaranya adalah membuat jurnal, membuat neraca saldo, membuat jurnal penyesuaian, membuat neraca lajur, membuat laporan keuangan, membuat jurnal penutup dan sebagainya.

Setelah memahami pengertian akuntansi dan proses kegiatan dari akuntansi, selanjutnya adalah menjalankannya dengan menggunakan aplikasi atau software.

Akuntansi dan Teknologi

belajar akuntansi online

Perkembangan teknologi memunculkan inovasi baru yang menunjang serta mempermudah perkerjaan manusia, termasuk dalam ilmu akuntansi.

Semua ilmu saat ini selalu di implemetasikan dengan teknologi, karena akan memberi kemudahan. Termasuk penerapan aplikasi dan software akuntansi.

Seseorang yang menguasai ilmu akuntansi juga dituntut untuk mengusai dan menjalakan beberapa perangkat lunak yang berhubungan dengan akuntansi.

Ada berbagai macam aplikasi atau software akuntansi online yang bisa digunakan dan mempermudah dalam mengelola laporan keuangan secara instan dan realtime.

Tiap software dan aplikasi akuntasi juga berbeda – beda, tergantung fungsi serta penggunaanya. Beberapa diantaranya juga memiliki antar muka yang familiar, mudah dimengerti dan memiliki fitur sederhana.

Namun, beberapa sofware dan aplikasi akuntansi juga memerlukan pembelajaran khusus karena terdapat banyak fitur yang lebih lengkap dan fungsi – fungsi tertentu.

Belajar akuntansi online

Di jaman yang serba internet sekarang ini, belajar akuntansi online juga menjadi lebih mudah.  Banyak konten dan dan artikel yang membahas tentang ilmu akuntansi.

Apalagi saat ini banyak tersedia website dan situs belajar akuntansi yang bisa langsung diakses melalui smartphone dimanapun Anda berada.

Salah satu situs belajar akuntansi online adalah akuntansilengkap.com, di website ini Anda bisa menemukan konten yang berhubungan dengan akuntansi mulai tingkat dasar, dengan penjelasan yang sangat mudah dimengerti.

Website ini juga menyediakan banyak sekali konten ‎Akuntansi, Siklus Akuntansi, ‎Neraca, jurnal, ‎Laporan Keuangan, perpajakan, perbankan serta berbagai tips keuangan terbaru (finance).

Anda juga akan dapat memahami penerapan ilmu akutansi, software dan aplikasi akuntasi dengan lebih mudah dengan belajar akuntansi online melalui internet.

Perbanyak praktek dan latihan

Perlu di ingat, semua materi pembelajaran tidak bisa dipahami secara instant, termasuk belajar akuntansi.

Untuk memahami ilmu akuntansi, dibutuhkan sebuah proses sehingga diperlukan banyak latihan. Apalagi akuntansi merupakan kegiatan yang membutuhkan banyak praktek, bukan hanya sekedar teori saja.

Selain memperbanyak latihan, Anda juga harus sering – sering membaca konten atau artikel yang berhubungan dengan akuntansi sehingga semakin paham tentang akuntansi itu sendiri.

Dengan begitu, Anda akan lebih menyukai dunia akuntansi, dan bisa menerapkan langsung dalam berbagai bidang, termasuk dalam pekerjaan, bisnis atau karir Anda di dunia akuntasi.


Loading...
Baca selengkapnya

Global Internet Marketing Network, Share internet marketing untuk perusahaan UMKM, Official Editor di Klik Mania dan Bisanego.com"

Artikel terkait

2 Comments

  1. tuan X memiliki saham 5% saham PT A yang beredar. Pada 1 Desember2005 PT A menggumumkan dividen kas sebesar Rp100.000.000,00 untuk seluruh pemegang saham yang tercatat pada tanggal 10 desember 2005.dividen ini terutang pada tanggal 10 januari 2006. tuan x juga memiliki 9%saham PT B yang beredar. Pada tanggal 15 september 2005, tuan x menerimadividen likuidasi sebesar Rp 5.000.000,00 dari PT B. Atas dasar surat dari PTB dapat diketahui bahwa modal yang dikembalikan sebesar 60% dari jumlahyang dibagikan.
    diminta:
    1.hitunglah deviden yang dilaporkan sebagai penghasilan oleh tuan x dalamlaporan laba rugi 2005!
    2. buatlah jurnal yang perlu untuk mencatat dividen dari PT A dan PT B
    Bagaimana perhitungannya, mohon di jelaskan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close