Belajar JavaScript Online

18 Sumber Belajar JavaScript Online Gratis dan Berbayar

Tertarik jadi web developer? Jika ya, maka anda perlu belajar JavaScript (JS) atau bahasa pemrograman . Anda bisa memulainya dengan ikut tutorial gratis via internet, atau ikut kursus JavaScript berbayar jika ingin karir profesional sebagai web developer.

JavaScript sebagian besar digunakan untuk menciptakan dan meningkatkan aspek interaktif dari situs web dan aplikasi.. JavaScript sebaiknya mulai dipelajari setelah anda menguasai HTML dan ilmu komputer dasar, serta siap masuk ke dunia web development.

Ada banyak cara untuk mempelajari JavaScript. Belajar otodidak dengan cara mengunduh ebook JavaScript, atau ikut kursus online gratis. Tapi kalau anda butuh sertifikat JavaScript untuk meningkatkan karir, maka harus ikut kursus berbayar.

Beberapa Sumber Belajar JavaScript yang Tersedia di Internet:

Catatan: Semua sumber pembelajaran JavaScript ini berbahasa Inggris. Saya tidak membahas tutorial berbahasa Indonesia di artikel ini.

Baca juga5 Aplikasi Smartphone Untuk Belajar Coding, Cocok untuk Programmer Pemula

Tempat Kursus dan Bahan Ajaran JavaScript Gratis

Kursus gratis tidak menyediakan sertifikasi, tapi menyediakan ilmu dan pasti membuat anda mahir JavaScript (jika anda punya waktu dan disiplin diri untuk belajar). Beberapa sumber belajar JavaScript terbaik gratis adalah:

1. Khan Academy

Tersedia banyak bahan belajar untuk orang dari segala usia. Semuanya gratis. Salah satu kursus JavaScript khas Khan Academy adalah Intro to JS: Drawing & Animation. Khan Academy layak jadi sumber pertama belajar JavaScript secara online.

2. Codecademy

Situs Codecademy adalah tempat yang tepat bagi pemula untuk mulai belajar membuat kode. Platform Codecademy memiliki berbagai trek, termasuk trek JavaScript.

Loading...

3. Channel 9

Kursus dari Channel 9 yang diberi nama “JavaScript Fundamentals: Development for Absolute Beginners,” adalah bagian dari Microsoft Virtual Academy. Kursus terdiri dari 21 video bahan ajaran JavaScript. Cocok untuk pelajar pemula.

4. Learn-JS.org

Situs Learn-JS.org menyediakan pengalaman belajar JavaScript gratis secara interaktif, di mana pelajar bisa membaca pelajaran dan mengetik kode ke dalam editor. Tutorial tersedia dari level basic hingga advanced.

5. JavaScript Garden

JavaScript Garden terutama membahas kesalahan umum yang dilakukan orang saat menulis JavaScript. Cocok untuk orang-orang yang  sudah mempelajari dasar-dasar JavaScript, dan pengembang yang sedikit lebih mahir dalam pengkodean.

6. Mozilla Developer Network

Mozilla menyediakan kursus JavaScript gratis untuk berbagai tingkat kerumitan. Dari dasar-dasar JavaScript, naik ke level Beginner ke Intermediate hingga level Advanced. Sehingga anda bisa mengikuti kursus secara berurutan.

7. Eloquent JavaScript

Buku gratis yang ditulis oleh Marijn Haverbeke. Buku dipecah menjadi tiga bagian: language, browser, dan node. Anda bisa membaca buku Eloquent JavaScript gratis secara online, atau beli buku cetak versi paperback-nya.

8. JavaScript for Cats

Buku online gratis yang membahas banyak topik tentang JavaScript, semua dipecah menjadi banyak bagian. Dalam buku JavaScript for Cats ini disebutkan bahwa JavaScript sangat mudah dipelajari.

9. Code School dari Pluralsight.com

Tersedia bahan kursus CodeSchool: JavaScript Road Trip Part I yang merupakan pengenalan dasar-dasar JavaScript. Pluralsight sebenarnya adalah platform berbayar, tapi anda bisa mengambil paket Individual Free Trial selama 10 hari.

Tempat Kursus dan Sertifikasi JavaScript Berbayar

Kelebihan dari sumber belajar JavaScript berbayar adalah materi yang disampaikan lebih mendalam, dan biasanya ada sertifikasi JavaScript untuk pelajar yang lulus.

10. CIW

Tersedia kursus level menengah untuk persiapan sertifikasi CIW JavaScript Specialist. Untuk ikut kursus di CIW, anda perlu mahir menggunakan internet, konfigurasi jaringan, mengembangkan laman web, dan mengembangkan kode HTML.

11. Udacity

Selalu tersedia kursus mandiri di Udacity, jadi anda bisa ikut kursus kapan pun dan dengan durasi belajar yang anda mau. Kelasnya memang gratis, tapi biaya sertifikasi Nanodegree dan program bimbingan belajar di situs Udacity mahal.

12. Frontend Marsters

Tersedia rangkaian video kelas “JavaScript dan Web” yang meliputi riwayat JavaScript, detail bahasa, fungsi, keamanan, cara kerja browser dan server. Tutor di Frontend Marsters adalah Douglas Crockford, penulis “JavaScript: The Good Parts.”

13. National Computer Science Academy

Tersedia materi pelatihan JavaScript dan ujian sertifikasi secara online di National Computer Science Academy. Jika anda menjadi anggota, anda akan mendapat akses tak terbatas ke kursus dan sertifikasi.

14. W3Schools.com

Tutorial, kuis, dan ujian online dilakukan via internet. Pelajar W3Schools.com bisa mendapat JavaScript Developer Certificate yang membuktikan pengetahuan dasar dalam pengembangan web menggunakan JavaScript dan HTML DOM.

15. Code School dari Pluralsight.com

Setelah belajar “JavaScript Road Trip Part 1” gratis, lanjutkan dengan ikut kursus berbayar untuk penyelesaian dan mendapat sertifikat yang menyatakan bahwa anda telah mempelajari dasar-dasar JavaScript, sintaksis, file, dan variabel.

Bahan Tutorial JavaScript yang Bisa Diunduh dan Dipelajari Saat Offline

Bahan tutorial JavaScript ini berbahasa Inggris dan tidak gratis. Tersedia dalam bentuk ebook dan buku cetak. Beli atau unduh salah satu dari buku tutorial ini kalau anda lelah belajar online terus menerus.

16. The Modern JavaScript Tutorial

Adalah bahan tutorial JavaScript dari tingkat pemula hingga konsep canggih seperti OOP. Termasuk tutorial materi dasar, kualitas kode, tipe data, penanganan kesalahan, dan pekerjaan tingkat lanjut.

17. JavaScript: The Good Parts

The Good Parts adalah buku pendek karya Douglas Crockford yang membahas fitur inti JavaScript. Buku ini paling cocok untuk programmer tingkat menengah, karena kadang membingungkan bagi pemula.

18. Professional JavaScript for Web Developers, 3rd Edition

Professional JavaScript for Web Developers, 3rd Edition adalah buku elektronik karya Nicholas C. Zakas yang berisi pengantar tingkat pengembang dan materi fitur JavaScript yang canggih. Buku 960 halaman ini bukan untuk pemula.

Sekarang anda tahu ada banyak cara untuk mempelajari bahasa pemrograman JavaScript. Tak butuh biaya besar jika anda memiliki keinginan kuat, waktu, dan disiplin diri dalam belajar. Dan yang terpenting: mulai belajar dari sekarang.


Loading...

Bagikan

Penulis

Reha Wijaya
Reha Wijaya
Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.
Reha Wijaya

Penulis

Hobi fotografi, tapi sehari-hari menghabiskan waktu di depan komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *